09/03/14

Cantik Alami Luar Dalam dengan Resep Nenek Moyang



Mama saya masih nampak cantik di usianya yang mau memasuki 46 tahun. Banyak yang salah menebak usia mama yang sebenarnya. Seringkali orang menebak usia mama jauh lebih muda dari aslinya. Pun banyak pula yang mengira anak mama masih seusia SD atau SMP. Padahal putri- putri mama sudah gede semua. Hehehe. Apa rahasianya?

Akan saya berikan rahasianya kepada pembaca blog ini. Resep alami yang sebetulnya cukup banyak pula yang sudah tahu. Tinggal kembali kepada kita, percaya atau tidak, serta mau mengaplikasikan atau tidak. :)

Mama saya (sebelah kanan)


Foto di atas nggak pakai edit- editan segala lho. Cantik kan?
Berbekal resep dari mama, saya pun mencoba mengaplikasikannya dalam kehidupan. Bukannya saya parno terhadap resep cantik masa kini dengan kosmetika ala pabrik. Boleh saja menggunakan produk kecantikan yang telah tersedia di pasaran. Asal bijak- bijak dalam memilih dan memilah ya. Jangan sampai salah memilih yang nantinya berefek domino pada kecantikan maupun kesehatan kita. Artikel terkait bisa di baca di postingan sebelumnya di Krim Pemutih Instan, Berbahayakah?

Resep cantik alami luar dan dalam yang mama berikan diantaranya ialah: Air Cucian Beras, Air Putih, Puasa, dan Jauhi Stress. Berikut pemaparan dari masing- masing resepnya:

1. Air Cucian Beras

Air sisa cucian beras
Siapa hayoo yang nggak pernah nyuci beras untuk di tanak? Pasti mayoritas wanita sering melakukan aktivitas tersebut. Biasanya air bilasan berasnya diapakan ladies? Dibuang pasti sudah tentu. Tapi tunggu dulu, ternyata air cucian beras bisa kita manfaatkan. Tidak banyak yang tahu akan manfaat air cucian beras untuk kecantikan. Padahal itu sangat baik untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. Air cucian beras juga dipercaya untuk menyuburkan tanaman. Ini dikarenakan air cucian beras terdapat kandungan seperti gula, selulosa, hemiselulosa, glutein dan vitamin.

Wanita Jepang yang notabene terkenal dengan kehalusan kulitnya ternyata memanfaatkan air cucian beras sebagai air pencuci wajah atau untuk mandi. Sebetulnya sudah banyak pula produk- produk kecantikan yang di dalamnya terkandung air beras, beras, atau amilum. Nah, kembali lagi ke kita masing- masing. Jika ada yang lebih alami, kenapa tidak? Selain itu, langkahnya praktis dan bahan pun mudah didapat.

Jika pembaca sekalian ingin melakukannya di rumah, berikut langkah- langkahnya versi mama saya:
  • Cucilah beras lalu pisahkan airnya. Bisa gunakan air cucian yang pertama
  • Diamkan sampai mengendap (endapan pati beras)
  • Pisahkan endapan dengan airnya
  • Endapannya (yang seperti bubuk) yang nantinya bisa digunakan untuk maskeran
Atau berikut ini ada cara lain yang saya dapatkan:
  • Masukkan beras ke dalam baskom, cuci dengan air, dan saring airnya di baskom lain
  • Lakukan sebanyak 3 kali hingga air cucian agak bening
  • Air beras Anda siap digunakan.

Beras
Mudah untuk dicoba kan? :)

2. Air Putih
Adanya jargon minumlah air putih sampai 8 gelas per hari nyatanya buka sekedar jargon belaka. Inti dari slogan tersebut ialah minum air putih yang cukup untuk asupan tubuh kita. Banyak lho manfaat dari minum air putih. Mama saya pun melakukannya dengan rutin. Dua diantara manfaatnya ialah tentu saja mencegah dehidrasi tubuh serta membuat kulit tambah lebih cantik.

Air Putih
70% dari tubuh kita disusun oleh air. Bahkan ternyata otak kita sendiri 85%nya terdiri dari air. Kita butuh supply air yang mencukupi untuk kebutuhan plasma darah, menjaga tekanan darah, menjaga suhu tubuh tetap optimal, dan menjaga agar tubuh bekerja secara fungsional. Air adalah salah satu asupan sehat. Minum air yang cukup dapat membuat kulit lembab dan lembut. Selain itu air dapat membantu menyingkirkan racun dari dalam tubuh yang membuat kulit terlihat tetap awet muda. Mengenai jumlah pasti air putih yang akan kita konsumsi, terdapat perbedaan untuk satu orang dengan orang yang lainnya. Hal tersebut tentu saja bergantung pada aktivitas yang dilakoni oleh masing- masing dari kita. Ada beberapa keadaan yang membutuhkan jumlah cairan yang lebih dari biasanya adalah ketika kita:
  • Berolahraga secara rutin terutama di iklim yang panas
  • Ketika kita sakit 
  • Hamil dan menyusui
Sebenarnya banyak sekali manfaat dari mengonsumsi air putih setiap harinya. Tapi sekali lagi, yang cukup saja ya. Jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi. Segala hal yang berlebihan tentu saja ada efek buruk yang menyertainya. Begitu pula dengan air putih. Misalnya jika kita setiap hari minum sebanyak satu galon (hehe, ini hanya permisalan saja), sudah pasti ada efek yang ditimbulkan. Sesuaikan aktivitas atau kegiatan kita (butuh lebih banyak cairan/ tidak) dengan banyaknya air putih yang kita minum. Tak perlu berlebihan. Efek yang ditimbulkan jika mengonsumsi air putih berlebih justru bisa membebani anda karena memicu lebih sering pergi ke kamar kecil termasuk juga berefek buruk pada fungsi jantung dan ginjal. Tuh, malah gawat kan.

3. Puasa
Siapa nih yang rajin puasa? Baik itu puasa Senin- Kamis ataupun puasa yang lainnya. Puasa ini membuat kita cantik dari dalam lho. Mengapa? Karena selama kita puasa, aktivitas pencernaan di dalam tubuh akan beristirahat. Mama saya pun sering menjalani aktivitas puasa Senin- Kamis. Di samping baik untuk tubuh kita, baik  pula untuk nutrisi spiritual kita. Banyak sekali lho manfaat dari kita melakukan puasa. Seperti yang telah saya sampaikan bahwa manfaat puasa bagi tubuh diantaranya ialah memberikan kesempatan istirahat kepada alat pencernaan. Pada hari-hari ketika tidak sedang berpuasa, alat pencernaan di dalam tubuh bekerja keras. Oleh karena itu sudah sepantasnya alat pencernaan diberi istirahat.

Kemudian manfaat yang lain ialah puasa dapat membersihkan tubuh. Saat berpuasa di dalam tubuh akan berlangsung proses detoksifikasi. Apa sih itu? Detoksifikasi merupakan istilah umum bagi proses eliminasi atau pembersihan/ pengeluaran toksin (racun). Puasa merupakan proses detoksifikasi metabolik (pengeluaran racun yang berasal dari zat- zat metabolik). Hal tersebut dilakukan dalam upaya membuang kelebihan unsur-unsur toksin dari dalam tubuh. Puasa ini merupakan terapi detoksifikasi yang paling tua. Dengan puasa, berarti membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. Tuh kan, puasa menjadi salah satu metode yang recommended untuk pembersihan racun atau menurunkan kadar toksin dari dalam tubuh. 

Toksin yang ada di dalam tubuh bisa bersumber dari makanan yang kita konsumsi, adanya zat pengawet, pemanis, atau pewarna buatan, serta kurangnya kehigienisan dalam mengolah makanan. Maka dari itu, puasa menjadi salah satu metode termurah dan termudah yang dapat diterapkan oleh siapa saja. Berbagai macam jenis puasa dapat kita lakukan, diantaranya puasa Senin- Kamis, puasa Daud, atau puasa yang memang sengaja dilakukan seperti misalnya puasa tidak makan apapun. Puasa yang seperti itu (tidak makan apapun dalam beberapa hari) tentu saja harus dengan pengawasan dokter maupun ahli gizi ya.
Puasa yuuk


4. Jauhi Stress 

Pekerjaan lagi banyak? Rumah berantakan? Atau lagi dikejar deadline? Disergap rutinitas- rutinitas yang membosankan? Pusing mengurus banyak hal? Biasanya kita akan berurusan dengan yang namanya stress. Wajah jadi cepat berminyak, jerawat nongol di mana- mana, cepat keringetan, dan cepat pula tersebar aroma bau badan kita yang aduhai nggak sedapnya. Ada yang lagi mengalaminya? :)

Itu mungkin baru gejala ringan dari stress. Bahkan ada lagi yang sampai insomnia, hipertensi, cepat naik darah, bahkan sampai depresi. Nggak mau mengalaminya kan? Maka dari itu, kita harus menghindari sumber stress yang bisa menurunkan kualitas kerja. Menghindari di sini bukan berarti menghindari permasalahannya lho, tapi bagaimana kita menyelesaikan permasalahan dengan tetap tenang dan enjoy.

Mama saya memiliki kegiatan baik di dalam maupun di luar rumah. Tak urung, pasti banyak masalah yang di hadapi mama baik dari rumah maupun dari luar rumah. Sama halnya dengan para ibu yang memiliki aktivitas pula di luar. Jika mama tak pandai menyikapi masalah, mungkin mama akan pusing sendiri, gampang drop, wajah sering ketekuk, wajah jadi lebih tua dari usia aslinya, nggak cantik, dan lain sebagainya. Tapi, mama saya bukan tipikal orang yang seperti itu. Beliau enjoy saja dalam menyikapi setiap permasalahan yang ada. Beliau memiliki pemikiran bahwa: Pasti dari kita semua memiliki permasalahan. Tapi janganlah terlalu diambil pusing. Nanti malah kita jadi kelihatan semakin tua atau sakit- sakitan. Terus jadi repot dan susah sendiri. Jangan sampai deh nantinya malah merepotkan yang lain.

Berikut ini tips untuk lebih bahagia menyikapi setiap permasalahan sehingga nantinya tidak stress sendiri yang mengakibatkan turunnya kinerja kita:
  • Tersenyumlah. Senyum merupakan hal yang paling mudah kita lakukan, yang memiliki efek positif bagi kita dalam menyikapi permasalahan. Tapi senyumnya harus tulus ya. Supaya aura kecantikan dalam diri kita semakin terpancar
  • Tertawa. Supaya kita tidak diliputi stress, ada baiknya kita melihat acara yang lucu (komedi) atau bergabung bersama teman sejawat. Tertawa berfungsi sebagai mood booster yang dapat memperbaiki mood agar lebih baik.
  • Beribadah. Kegiatan spiritual yang kita lakukan akan memberikan kita rasa tenang dan meningkatkan kebahagiaan
  • Tetap bersyukur dalam kondisi apapun. Segala permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Kunci tercipta pun selalu bersama dengan gemboknya. Pasti ada solusi kok. Cuma kita harus tetap berfikir jernih agar solusi bisa kita peroleh.
  • Berbuatlah kebaikan pada setiap orang
  • Curhat. Ada kalanya kita ingin menceritakan permasalahan kita pada setiap orang agar permasalahan menjadi semakin ringan. Tak mengapa kok, asalkan kita memilih kawan yang tepat untuk dicurhati. Bisa pasangan kita, anak kita, atau teman kita. 
Dan lagi, kita pun harus menimbang kemampuan kita jika hendak melakukan suatu pekerjaan. Jika kita merasa mampu, maka tak apa kita melakukannya. Tapi jika sedari awal kita sudah merasa tak mampu, maka alangkah lebih baik jika kita menolaknya atau membagi dengan yang lainnya. Kita sendirilah yang bisa menilai kadar kemampuan kita dalam beraktivitas. Jangam sampai keteteran, atau salah- salah malah stress sendiri ya.




Sebagai wanita Indonesia, kita harus bersyukur dianugerahi alam yang subur, sawah yang masih banyak ditemui, serta tanaman obat yang mudah di tanam. Sebagai putri kandung Ibu Pertiwi tercinta ini, sudah selaiknya pula kita memanfaatkan sumber yang telah diberi oleh Tuhan dengan sebaik- baiknya. Banyak cara untuk menjadi cantik luar dalam dengan memanfaatkan sumber daya yang kita miliki. Selain itu, untuk menjaga kecantikan dari dalam, banyak hal yang dapat kita lakukan diantaranya dengan berpuasa, menerapkan manajemen stress, dan lain sebagainya. So, banggalah menjadi wanita Indonesia yang tentu saja cerdas dalam menjaga kecantikan luar dan dalam dengan cara- cara yang lebih alami. Be smart and beauty, ladies.

Referensi yang digunakan:



Postingan ini sebagai tulisan yang diikutsertakan dalam lomba blog tanyadok.com 
asupan sehat. Minum air mineral yang cukup dapat membuat kulit lebih lembab dan lembut. Selain itu air dapat membantu menyingkirkan racun dari dalam tubuh yang membuat kulit terlihat tetap awet muda.

Artikel kesehatan di : http://www.tanyadok.com/kesehatan/tampil-cantik-tanpa-make-up-bisa
Air adalah salah satu asupan sehat. Minum air mineral yang cukup dapat membuat kulit lebih lembab dan lembut. Selain itu air dapat membantu menyingkirkan racun dari dalam tubuh yang membuat kulit terlihat tetap awet muda.

Artikel kesehatan di : http://www.tanyadok.com/kesehatan/tampil-cantik-tanpa-make-up

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

0 komentar:

 

Delicious Cupcakes Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
and web hosting