16/03/14

Dilarang Baca Komik!




Pernah dilarang sama ortu atau guru untuk nggak baca komik?

Itu bukan karena ortu/guru nggak sayang sama kita lho. Itu tandanya ortu/guru masih perhatian sama kita. Buktinya, mereka melarang untuk baca komik (ataupun juga buku- buku diluar buku pelajaran). Mereka perhatian sama kita karena mungkin takut nilai pelajaran kita jeblok atau kita jadi nggak fokus belajar di sekolah. Tuh kan, betapa beruntungnya kita yang masih diperhatikan orangtua. :)

Saya suka komik. Bahkan sangat suka. Dengan gambar- gambar, membantu saya lebih mendalami jalan cerita. Orangtua saya tahu saya suka komik. Mereka tidak melarang saya dengan keras atau terus- terusan, tapi juga tak mendukung sepenuhnya untuk membaca komik. Ortu saya tetap suka membelikan majalah bergambar khas anak- anak seperti Bobo yang isinya juga ada cerita bergambar seperti komik. Jadi, nggak papa ceritanya bergambar, asal bukan murni komik. Hehe. Ortu saya mungkin akan menaruh komik di bagian akhir daftar buku yang harus dibeli untuk dibaca anak- anaknya.

Saya punya komik hanya beberapa biji, dan yang berseri hanya komik Doraemon saja (itupun punya adik saya :D ). Itu juga karena kalau saya diajak ke toko buku, saya lebih memilih mengambil buku pelajaran. Jadi sebetulnya saya juga nggak terlalu suka (beli) komik, lebih baik minjem aja. Hehehehe. Tapi banyak juga yang hobi membeli dan ngoleksi komik. Bahkan koleksi komiknya bisa mencapai ribuan. Kalau saya, kalau disuruh ngoleksi buku, saya lebih memilih ngoleksi buku yang lebih tebal dari komik (baca:novel). Hihihi.

Kalau saya sedang bawa buku komik (tentu saja hasil pinjaman di rental buku) maka saya akan membacanya diam- diam (terutama saat SMP :D). Jangan- jangan banyak juga yang ngalamin kayak gini:
  • Berangkat ke sekolah dengan niat belajar
  • Tapi... Pas jam istirahat/ jam pulang sekolah mampir bental ke rental buku bareng temen- temen. Kalau pas pulang sekolah, enaknya kalau bawa sepeda/kendaraan sendiri. Kalau pas nunggu jemputan kudu sedikit kucing- kucingan biar ortu nggak tahu kalau abis dari rentalan atau bawa komik yang menuh- menuhin tas sekolah.
  • Setelah di rumah, komik langsung disembunyiin di tempat teraman.
  • Kalau malam pas jamnya belajar, langsung masuk kamar, pintu di kunci, buka buku lalu dibaca dengan khusyuk. Sayangnya yang dibaca bukan buku pelajaran, tapi komik yang abis dipinjam. :D Kalau pintu kamar digedor, "Nak, ayo makan bareng.." .Jawaban kita pastu, "Bentar mah/pah, nanggung nih, lagi ngerjain PR.." Padahal aslinya lagi asyik ngerampungin bacaan komiknya.
  • Kalau pas bawa komik di sekolah dan kalau pas pelajarannya ngebosenin, jurus utamanya: selipin komik di antara buku pelajaran. Tegakkan di atas meja. Lalu dibaca deh. Pan dari depan keliatannya kita rajin, baca buku paket. Gurunya aja yang nggak tahu kalau sebenarnya kita baca komik. Buku pelajaran hanya sebagai kamuflase. :D
  • Atau begini, baca komiknya di dalam laci. Dengan posisi badan kita senderan kursi, dan tangan sedikit masuk ke laci. Jadi deh, buka halaman demi halaman komik kesukaan. Jangan ditiru ya. Saya jarang melakukan, tapi pernah. Cukup sekali duakali pernah aja. Hehehehe.
  • Yang paling nggak enak nih kalau pas ada razia. Di SMP saya dulu, komik termasuk salah satu barang terlarang yang nggak boleh di bawa ke sekolah apalagi dibaca. Hehehe. Jadi, kalau pas mau ada razia, buru- buru deh, sekelas heboh nyembunyiin komik. Di kelas saya hampir dipastikan banyak yang bawa komik terutama siswa putrinya (termasuk saya).
  • Kalau mau balikin komik ke rentalan, tentu saja tetap dengan diam- diam. Balikin tapi juga minjem lagi. Muehehehe.
Bikin kita deg- degan plus waspada. Jangan sampai ketahuan ortu atau guru. Untung selama saya bawa komik ke sekolah, jarang tertangkap basah kena razia. Itupun karena saya dan teman- teman menyembunyikannya dengan lompat jendela kelas, keluar balkon yang menghadap luar sekolah, lalu sembunyiin deh d sana. Di taruh di atas tembok kek atau di tutupi apa gitu. Kan jarang tuh, guru- guru mau nglompatin jendela keluar balkon kelas. So, aman.

Tapi kalau sama ortu, sepandai- pandainya kucing terbang, toh tetep nggak ada sayapnya juga (apasih? :D ). Biasanya sama ortu saya nggak bisa bohong. Meski awalnya berkelit terlebih dahulu. Terutama jika ditanyain uang jajannya buat jajan apa. Hehehe. Jadi, meski sering kucing- kucingan juga, tapi sering juga ketahuan. Tapi ortu saya nggak pernah marahin. Ortu hanya menasehatin, supaya dikurangin baca komiknya supaya nilai pelajarannya nggak turun. Saya pun nurut. Tapi ya.. yang namanya anak- anak ya, kalau temen- temen di kelas pada baca komik, ya akhirnya keimanan jadi goyah juga. Halah.. Akhirnya pinjem komik lagi dah. :D

Yang namanya tren, lama- lama akan redup atau tergantikan juga. Begitu pula dengan kegiatan membaca komik. Setelah saya naik ke tingkat selanjutnya, yakni SMA, kegiatan membaca komik (lebih tepatnya meminjam komik) lama- lama hilang juga. Bukan berarti sudah nggak suka komik, tapi karena ada bacaan lain yang lebih menarik perhatian saya. Jeng jeng... Majalah bola, dan An- Nida. Hehehehe. Jadi, mulai SMA udah jarang ke rental komik.

Tapi nih, membaca komik merupakan penyakit kambuhan saya. Saat ini saya lagi doyan banget baca komik. Hehehe. Pas buat postingan ni aja, ada komik di deket saya. Membuat saya terinspirasi untuk membuat postingan ini. Tapi satu hal yang tetap sama, saya tetap malas beli komik, enaknya minjem di rentalan. :D Untuk urusan beli buku, sekali lagi saya mah mending beli novel dibanding komik. Kalau mau baca komik, ya minjem. Hehehe.

Karena udah lama banget saya nggak gaul sama yang namanya komik, kudet jadinya. Kurang update. Nggak tahu ada komik baru apa saja. Untungnya biasanya di rental komik ada papan tulis yang isinya koleksi buku- buku baru. So, saya jadi nggak khawatir. Tapi nih, saya tetep aja suka minjem komik- komik lawas yang dulu pernah saya pinjam saat SMP. Itung- itung nostalgila, eh nostalgia. Rata- rata gambarnya juga bagus- bagus. Kalau komik masa kini, bagus juga sih. Tapi saya jarang menemukan jalan cerita dan gambar yang bagus. Mungkin kalau ada pembaca yang tahu komik baru yang bagus, bisa minta rekomendasinya. :D

Membaca komik itu bukan membaca yang nggak ada gunanya lho. Menurut saya, membaca komik sama halnya seperti membaca karya sastra lainnya. Bisa menimbulkan emosi dan bisa memperoleh ilham dalam menulis. Menurut saya, silakan membaca buku apapun. Mau komik, novel, teenlit, buku motivasi, majalah, koran, dan lain- lainnya. Semua itu merupakan gerbang pengetahuan dan lautan hikmah. Apalagi kalau kita udah demen alias suka. Wuih, jadi gampang banget menyerap informasi yang ada dalam bacaan kita

Jadi nih, mau bacaan apapun nggak masalah. Tapi.. tetep harus proporsional, nggak berlebihan ya. Plus yang terpenting harus sesuai dengan usia. Contohnya nih: kalau punya adik/anak kecil, bisa tuh dikasih komik doraemon, majalah Mombi, Bobo, atau majalah anak yang lainnya. Bukan malah disodorin majalah gosip atau majalah masak khas ibu- ibu. Jangan ya.. :) Dan lagi, waktu untuk membaca buku di luar buku pelajaran juga harus ada, tapi jangan berlebihan. Misal nih, pas lagi pelajaran bacanya komikkk mulu. Jangan deh. Mending sisihkan waktu di hari libur atau pas tugas sekolah sudah selesai baru bisa baca buku di luar pelajaran.

Karena apa? Buku- buku di luar buku pelajaran juga penting lho. Di samping meng-kaya-kan pengetahuan serta wawasan kita, mendapat ilmu di luar bidang kita, pun kita juga dapat menarik hikmah dari buku- buku itu (baik komik sekalipun). Saat ini bahkan sudah banyak beredar komik- komik pendidikan maupun komik islami. Tuuh, makin menambah pilihan bacaan komik kita. ^^

Keep reading ;)

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

0 komentar:

 

Delicious Cupcakes Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
and web hosting