24/12/14

Kisah Ganti Plat Mobil Lima Tahunan


Gambar nggak nyambung gpp deh (sumber pribadi)

Ahaii (bukan bung ahaii ya), ngeposting lagi ah. Ini cerita hari ini. Mana ceritamu? ;)

Edisi ambil plat (ganti lima tahunan) di samsat Bantul:
Berangkat dari rumah jam 6an
Sampai sana jam 6.30
Ambil antrian dapet nomor 131
Loket baru buka jam 8
Setelah buka, dipanggillah kloter pertama, nomor antrian 1-30
Satu jam-an lebih menanti, belum ganti kloter
Berasa lapar, keluar bentar cari makan
Lalu kembali ke samsat lagi, dan menanti di dalam mushola
Tik tok.. tik tok.. masih menunggu..
Menjelang dhuhur, keluar mushola bentar, lalu tanya orang di dekat mushola
"Pak, sudah ambil plat? Antri nomor berapa?"
"Oh, udah. Nggak antri kok,."
Eh... *glodhak*
Tanya sana sini, ternyata antrian sesuai urutan nomor hanya sampai nomor 60
Selepas itu, bebas, tanpa harus antri lagi
Yaelah, terus ini ngapain nunggu lama- lama?
Apa gunanya nomor antrian?
Dua hari yang lalu, dua kali ke sana agak siang-an, selalu ditolak
Alasannya nomor antrian habis
Kali ini, giliran berangkat lebih pagi, nomor antrian tak berfungsi
Ah, sudahlah..
Akhirnya plat sudah di tangan
Etapi tapi kok ada yang aneh ya...
Yasalam, ternyata ada yang keliru
yang harusnya NB, diplat baru tsb tertulis MB
Kembali lagi ke loket bagian plat
Kata yang jaga,"Oh itu kalau nunggu dibenerin bisa bulanan. Gampang itu, ditutup aja pakai spidol/cat hitam."
Arrghhh... Ampun dah... *jedotin pala ke tembok* *dupak (oknum) tukang jaga loketnya*
Sampai rumah jam 14.40, lemes sudah (┳◇┳)
Ish ish ish, berasa nguli aja seharian ini
Nunggu lama2, tapi yang ditunggu kurang sesuai yg diharapkan ‪#‎tsaah‬
Umm, meski begitu, tetap bersyukur meski di tengah deraan pegal linu
*nyahaha, yeiy! yuuk tepok pramuka*


_based on curcolan kangmas_
Continue reading...

16/12/14

Jangan GR, Pliss!


Image source

Ngehumor aja ah. Sekalian gue tulis guede2 biar makin mantab. :D
Pasti dialog dibawah ini udah nggak asing lagi kan...

Rehat Siang: Saat rapat LDK di sebuah kampus (edisi ikhwan-akhwat)

Akhwat: Akhi boleh pinjam laptop?


Ikhwan, Boleh, tuh di meja


Akhwat: Apa PASWORDnya?


Ikhwan: Namamu


Akhwat: Deg.. (antara terkejut dan senang).. (Kok bisa namaku sih..batinnya sambil tersipu) ndak bisa akhi? 


Ikhwan: Masa sih


Akhwat: Huruf kecil semua


Ikhwan: Ya


Akhwat: ndak pake spasi kan?


Ikhwan: Na'am


Akhwat: kok tetep ndak bisa sih, pake nama panggilan atau nama lengkap ana?


Ikhwan: Paswordnya 'NAMAMU' bukan nama ukhty=-) 


Akhwat: -____________________- "" *ngeekkk*



Itu dialog gue copas dari yang copas juga. EheheeJadi kesimpulannya apa?
Kesimpulannya adalah Jangan GR, pliss... :P

Continue reading...

Mommychi: Membantu Bunda Memantau Tumbuh Kembang Buah Hati


Hallo Bunda...

Duhh, pada lagi senang senangnya melihat perkembangan buah hati ya. Apalagi jika buah hati mengalami banyak kemajuan di bulan ini. Eh tapi, ternyata itu ada juga itu, Bunda yang sedang berbahagia dengan kehamilannya. Bagi yang sedang hamil anak pertama, pasti merasa amat excited. Pengalaman pertama sih ya. Searching info sana sini untuk mencari info seputar kesehatan kandungan. Untuk Bunda yang sedang mengandung anak kesekian (kedua, ketiga, dst), pasti juga nggak kalah hebring ya. Intinya menjaga dan memantau perkembangan kehamilan.

Biasanya kan untuk memantau perkembangan kandungan dan atau buah hati, Bunda- Bunda harus rajin memeriksakan diri dan buah hati ke Posyandu/ Rumah sakit terdekat. Melalui bidan/ dokter, Bunda dapat mengetahui informasi seputar kehamilan atau mengenai anak. Melalui catatan medis, Bunda dapat mengetahui riwayat kehamilan, riwayat kesehatan bunda, atau riwayat kesehatan anak. Sebagai contoh, catatan medis mengenai perkembangan kehamilan biasanya berisi tentang perkembangan kehamilan setiap pemeriksaan, seperti hasil USG, berat badan, tensi, keluhan saat hamil, penyakit, dan sebagainya. 

Seiring perkembangan teknologi, Bunda kini bisa lebih mudah memantau perkembangan kehamilan atau perkembangan buah hati. Kini telah hadir sebuah aplikasi yang dapat memantau kesehatan ibu dan anak yang bisa diinstal di gadget Bunda. Apa itu? Voila.. Aplikasi yang mudah untuk diinstal di gadget tersebut bernama Mommychi. Mommychi merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh PT. Kalbe Farma Tbk. Fasilitas di dalam Mommychi akan sangat membantu Bunda dalam memantau tumbuh kembang buah hati, mulai dari dalam kandungan. Mommychi dihadirkan bukan lantas untuk mengabaikan peran dokter/rumah sakit lho. Mommychi hadir untuk lebih memudahkan para Bunda dalam menjaga kesehatan kehamilan dan memantau tahapan tumbuh kembang anak. 

Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan aplikasi ini? Tenang, Mommychi ini bisa diunduh dengan gratis melalui Play Store (untuk Android) dan App Store (untuk produk Apple). 

Sumber pribadi


Mommychi terbagi menjadi 3 fitur utama:
1. Kehamilan
2. tumbuh kembang buah hati
3. hiburan

Yuuk, mari kita bedah satu persatu...
1. Kehamilan
Dalam fitur kehamilan, Bunda dapat menggunakan fasilitas di bawah ini:
a. Kalkulator kehamilan, fungsinya membantu Bunda untuk membantu Bunda merencanakan kehamilan
b. Riwayat/jurnal kehamilan, fungsinya membantu Bunda mengontrol kehamilan. Bunda dapat menulis penyakit selama hamil,keluhan saat hamil. Bunda juga dapat memantau perkembangan jani.
c. Namerator, fungsinya Bunda dapat megetahui usulan- usulan nama- nama yang bagus untuk buah hati Bunda
Kalkulator kesehatan


2. Tumbuh Kembang Buah Hati
a. Imunisasi, fungsinya memantau jadwal imunisasi. Ada pengingat imunisasinya juga lho. 
b. Ensiklopedia Anak. Bunda jadi bisa mengetahi istilah kesehatan anak.
c. Kalkulator nutrisi, fungsinya supaya Bunda mengetahui apakah asupan nutrisi yang diberi kepada buah hati sudah seimbang atau belum
d. Album foto


3. Hiburan
Ini bagian yang saya juga suka. Di Mommychi fiturnya amat lengkap. Dilengkapi fitur tambahan yakni hiburan. Ada apa aja sih di fitur ini?
a. Gallery yang bisa menyimpan momen istimewa buah hati
b. Belanja. Bunda dapat berbelanja di Kalbe Store dengan mudah
c. Musik. Nah di dalam fitur ini banyak koleksi musik yang bagus untuk anak. Mulai dari instrumen sampai lagu anak- anak. Tapi download dulu ya.
d. Direktori, ini memudahkan Bunda mencari dokter/rumah sakit terdekat.
Fitur Musik

Ayuuk Bunda, langsung diunduh Mommychi yang memiliki fitur terlengkap ini. Caranya mudah banget lagi. Cukup unduh, lalu daftar deh. Cukup satu akun, Bunda sudah bisa mendapat banyak fitur tentang kehamilan dan perkembangan buah hati. Jadi, nggak usah khawatir lagi mengenai perkembangan buah hati yang terlewat. Ada Mommychi yang siap membantu Bunda untuk memantau tumbuh kembang buah hati. :)

Saya sudah daftar lho. :)

Continue reading...

15/12/14

Berburu Strawberry Bersama Toyota Rush


Purbalingga adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah, yang masuk dalam salah satu karesidenan Banyumas.Purbalingga dikenal sebagai salah satu sentra industri rambut palsu dan industri knalpot racing.

Namun, ada lagi yang menarik dari kabupaten Purbalingga. Bagi pecinta petualangan, terutama petualangan alam, pasti akan suka. Begitu pula saya. Disana terdapat satu kawasan agrowisata Tepatnya di Pratin, Serang, Kecamatan Tlareja, Purbalingga. Pratin terletak tepat di kaki gunung Slamet, salah satu gunung yang masih aktif di Indonesia. Jadi ya pasti hawa disana sangat sejuk.

Pratin terletak sekitar 25 km dari pusat kota Purbalingga. Karena terletak di kaki gunung, pasti jalan yang akan kita tempuh akan sering menanjak dan berkelak kelok. Kita bisa menempuh jalur dari Purbalingga melewati kecamatan Mrebet menuju Serang/Kutabawa Kecamatan Tlagareja. Bisa juga melalui Gua lawa naik menuju ke Serang.

Berbagai jenis tanaman (yang cocok ditanam di detaran tinggi) tumbuh di sana. Ada kol, cabai, tomat, dan tak ketinggalan... si manis strawberry. Ya, Pratin sering dikenal dengan kawasan agrowisata strawberry. Yang mengelola kawasan tersebut ialah Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) setempat.

image source


Agrowisata strawberry yang notabene dikelola oleh masyarakat setempat membuat kawasan tersebut bebas untuk dikunjungi. Kita dapat masuk ke kebun- kebun yang ada untuk melihat tanaman yang dibudidayakan. Lalu kita dapat memetik sendiri buah yang ada. Bawalah kantong plastik untuk menampung buah strawberry petikan kita. Setelah selesai, kita dapat menimbangnya dan membelinya. Istimewa ya. Di sana kita bisa langsung mendapat buah yang fresh dan bisa memilih sendiri buah yang diinginkan.

Image source

Namun untuk menuju lokasi, kita perlu kendaraan yang pastinya tangguh. Dengan medan perjalanan yang cukup menantang, menanjak dan berkelok- kelok, tak cukup berbekal kendaraan yang eye catching semata. Butuh kendaraan yang tangguh, bandel, nyaman, dan irit pastinya.

Dan.. saya sudah terlanjur kepincut pada Toyota Rush.

image source

Dengan balutan warna metalik pada body membuat tampilannya macho dan keren. Rem cakram tipe ABS EBD memberikan cengkraman kuat pada jalanan menanjak. Ground Clearencenya juga tinggi.Jadi pas banget jika kita pakai untuk berburu strawberry di Pratin. Jalan menuju lokasi tersebut menanjak dan berkelok karena loaksinya yang terletak di kaki gunung.

Toyota Rush dilengkapi dengan dual SRS airbag. Jadi berkendara menjadi semakin aman dan nyaman. Dalam perjalanan yang cukup jauh dari pusat kota (25 km), kita pasti tak akan bosan, karena Toyota Rush dilengkapi dengan sistem hiburan 2 DIN CD with 4 speakers dan 2 tweeters yang memberikan dentuman musik maksimal.

Mesin yang garang cocok digunakan untuk perjalanan jauh dan menanjak.Yuuk kita intip dapur pacunya. Dengan tipe mesin 1.5L,IL4,16V,DOHC,VVT-i yang berkapasitas 1495cc mampu memberikan tenaga maksimum 109 ps / 6000 rpm dan torsi maksimum 14.4 kgm / 4400 rpm. Dengan teknologi VVT-i membuat Toyota Rush tetap ramah lingkungan.

Dan lagi nih, ini yang paling saya suka, ruang yang lapang di dalam mobil membuat kita bisa mengangkut banyak hasil berburu strawberry kita disana. So, puas- puasin saja hunting strawberry, kalau perlu kol, tomat, cabai, hayuuk kita angkut. Toyota Rush siap menampung dengan maksimal.

Hmm, jadi tak sabar untuk berpetualang berburu strawberry bersama Toyota Rush. Kita sudah tak perlu khawatir dengan perjalanan menanjak, berkelok- kelok serta yang full memacu adrenalin menuju Pratin. Ada Toyota Rush yang hadir sebagai sahabat perjalanan kita. Unleash yourself... :)



Artikel ini diikutsertakan dalam Adrenaline Rush Blogging Competition

http://www.toyota.astra.co.id/



Continue reading...

14/12/14

Fenomena Hijab Syar'i



 
Saya mendapat sebuah tulisan apik pagi ini. Saya telusuri, ia yang mengirim tulisan tersebut ke saya, juga copas dari yang lainnya. Entah siapa pengirim aslinya.

Setelah saya baca tulisan tersebut, hikmah dan nasehat yang terkandung di dalamnya benar- benar MJJ (mak jleb jleb). Langsung mengena tepat pada sasaran. Nasehat bagus, yang mengingatkan kita tentang fenomena hijab syar'i yang kini sedang marak berkembang.

Muncul tanya dalam benak saya, apa sih niatan dan tujuan kita yang sebenarnya dalam berhijab syar'i?

Saya mengapresiasi muslimah yang alhamdulillah telah mengenakan pakaian dan jilbab yang sesuai syari'at Islam. Banyak muslimah yang awalnya  masih belum berhijab atau yang belum berhijab sempurna, yang akhirnya berhijrah untuk mengenakan pakaian yang menutup aurat sesuai apa yang Islam ajarkan. Pakaian takwa tersebut mungkin kini kita kenal dengan istilah hijab syar'i.

Lalu marilah kita tengok kembali niatan kita dalam mengenakannya. Jika sudah benar, yakni Lillah, bukan untuk pamer atau ikut- ikutan tren, maka patut kita syukuri. Saya do'akan semoga istiqomah. Tapi jika niat kita mengenakan hijab syar'i karena tren dan mode yang berkembang saat ini, hayuuk benahi niat. Berniat yang benar, agar dalam berhijab syar'i jadi lebih berkah.

Dan berhati- hatilah dengan riya'. Jangan sampai kita koleksi hijab syar'i, gonta- ganti model setiap taklim, tapi ada satu titik kecil muncul dalam hati kita. Diam- diam dalam hati, kita ingin dilihat lebih atau ingin tampil lebih dibanding yang lainnya.

Jangan lupakan kewajiban kita untuk terus meng-upgrade tsaqofah kita dalam hal agama. Jangan pula lupakan jika dalam diri muslimah itu seharusnya tercermin tawadhu dan kesederhanaan dalam keseharian. Benar, sederhanakanlah penampilan.

Semoga dengan membantu menyebarkan nasehat ini, menjadi ladang amal bagi penulis aslinya. Dan semoga bagi yang membacanya (termasuk saya), ini menjadi suatu pemantik untuk bermuhasabah diri.
 

Makasih buat yang buat dan broadcast tausiyah ini sehingga nyampe ke saya T_____T 

Copas

Hikmah Pagi Taman Surga

Alhamdulillah, hijab syar'i kini mulai semarak dan mulai menjadi trend.
Ini adalah kebaikan dan kemuliaan.


Tapi setan ga mau ketinggalan.
Dia terus berusaha tetap menyesatkan walaw hijab sdh syar'i.


Setan menumbuhkan semangat di hati para muslimah utk mengoleksi hijab syar'i dg berbagai mode.
Serta membuatnya lupa dg semangat memperbaiki akhlaq.


Setan menjeratnya dg senang menumpuk-2 pakaian dan mengurangi sedekahnya.

Setan terus menumbuhkan smngtnya utk tampil cantik dan syar'i namun melupakan diri utk menambah ilmu agama.

Belum puas dg itu, setan menyemangati agar para wanita yg berhijab syar'i utk hadir di majelis-2 ta'lim dg tujuan, memamerkan koleksi hijab syar'i miliknya.

Setan pun semakin senang karena wanita muslimah sdh melupakan ilmu tawadhu dan kesederhanaan.
Hijabnya memang syar'i tapi mahalnya ga ketulungan.


Wanita muslimah pun menabung sedikit-2 utk beli hijab syar'i, dan melupakan tabungan ke tanah suci.
Lupa menabung utk qurban bahkan mudah menabung utk beli baju drpd keluar utk sedekah.


Ketika hijab syar'i yg baru dibelinya, ada sedikit cacatnya, pikirannya resah penuh kecewa.

Setan telah membuatnya lupa dg cacat sholatnya.
Cacat sedekahnya dan cacatnya baca Qur'an.


Jika hijab syar'i yg dimilikinya memiliki keindahan sempurna, ia tdk siap menyedekahkannya
Hatinya telah menikah dg dunia dan bercerai dari Rabb-Nya.

Jika sudah demikian, masihkah punya keinginan mengoleksinya?

Milikilah hijab syar'i seperlunya.
Sederhanakanlah penampilan.
Belilah yg harganya tdk terlalu jauh dg harga kain kaffan.





Terimakasih telah berkenan mampir. Sila bisa dibaca juga tulisan saya yang lain yang berkenaan dengan hijab syar'i disini
Continue reading...

Bunda





Ini lirik lagu Bunda yang dibawakan oleh teh Melly Goeslaw. Baguus banget dan tak pernah bosan untuk dinyanyikan dan didengarkan.

Kubuka album biru
Penuh debu dan usang
Ku pandangi semua gambar diri
Kecil bersih belum ternoda

Fikirkupun melayang  
Dahulu penuh kasih 
Teringat semua cerita orang 
Tentang riwayatku

Reff: 
Kata mereka diriku slalu dimanja 
Kata mereka diriku slalu ditimang 
Nada nada yang indah 
Slalu terurai darinya 
Tangisan nakal dari bibirku 
Takkan jadi deritanya 
Tangan halus dan suci
Tlah mengangkat diri ini 
Jiwa raga dan seluruh hidup
Rela dia berikan

<>>

Oh bunda ada dan tiada dirimu 
Kan slalu ada di dalam hatiku


Continue reading...

Super Woman itu Bernama Mama


 
My Super Mom


Mama adalah sosok yang kuat, super malah. Beliau pribadi yang disiplin, perhatian, dan penyayang. Sedari saya kecil, Mama mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga sendiri. Meski Mama kala itu juga seorang guru, tapi pekerjaan rumah tak pernah terbengkalai. Setiap pagi menjelang sebelum Mama berangkat ke sekolah, Mama selalu menyiapkan sarapan untuk kami. Pagi sampai siang aktivitas beliau adalah mengajar di sekolah. Pulang sekolah Mama memasak untuk makan siang dan malam, lalu mencuci, menyapu, menyiram bunga, dan melakukan pekerjaan rumah tangga yang lainnya. Malam harinya Mama mengerjakan tugas dari sekolah seperti membuat soal dan merekap nilai. Begitu seterusnya sampai saya beranjak dewasa. Aktivitas Mama rutin seperti itu setiap hari.

Pernahkah Mama mengeluh mengenai rutinitasnya sebagai seorang pendidik dan ibu rumah tangga? Hampir tidak pernah. Jarang kami dengar keluh kesah Mama. Beliau begitu super dengan mengerjakan pekerjaan rumah tangga sendiri. Bahkan terkadang jika anak- anak Mama hendak membantu, Mama lebih menyarankan agar kami belajar saja. "Mama ingin kalian jadi anak yang pintar," begitu selalu kata Mama. Beliau tak pernah mau merepotkan kami. Mungkin kamilah yang terlalu manja pada Mama. :(

Lalu setelah Mama tidak mengajar lagi, tidak lantas membuat Mama berdiam diri dan berpangku tangan. Mama masih saja beraktivitas dengan berbisnis pakaian. Meski usia kini tak muda lagi, Mama tetap lincah dan tetap saja jarang kami temui Mama kehilangan semangat. Meski adakalanya beliau bersusah hati, namun cepat Mama kembalikan suasana hati. "Kalau susah, ya digulung digelar Nok. Apa mau susah terus. Sedih terus gitu. Kalau cuma terjebak meratapi kesedihan, nanti kalian nggak bisa melakukan hal- hal yang lainnya," begitu nasehat Mama pada kami.

Mama adalah pribadi yang disiplin dan selalu tepat waktu. Segala pekerjaan pasti akan selesai pada waktunya dan tidak pernah ditunda- tunda. Beliau tipikal pribadi yang gesit. Meski memiliki aktivitas segudang, baik di dalam maupun di luar rumah, beliau tetap bersemangat dan bersegera menyelesaikan satu demi satu pekerjaan.

Mama perhatian sekali terhadap kami, anak- anaknya. Bukan over protected lho. Mama tetap memberi kebebasan pada kami untuk melakukan apa yang kami suka, asal tidak melanggar norma dan peraturan yang telah keluarga kami buat.  Bentuk perhatian Mama, salah satunya, saya rasakan sampai saya menikah kini. Mama tetap mengirimi saya makanan/bahan makanan, untuk memastikan saya dan keluarga kecil saya memiliki supply makanan yang cukup. Padahal saya dan keluarga kecil saya sudah hidup mandiri dan terpisah dari orangtua. :)

Itulah Mama. Sosok yang super dan menginspirasi kami, anak- anaknya. Sosok yang kuat yang seolah memiliki kekuatan super yang mampu menyelesaikan segala hal. Mama memberikan energi cinta dan kasih sayang yang seolah tak pernah habis. Mama memberikan kami kehangatan lewat makanan bergizi yang beliau sajikan, lewat tangan halus yang membelai lembut kepala kami. Ya, Super Woman itu adalah.... Mama.

I love u, Mama.
We love u..


 
Tulisan ini awalnya saya tulis disini. Cara membacanya kayak buku. Arahkan kursor diujung buku, lalu voila buka deh.

Dan sangat dibolehkan lho untuk meninggalkan jejak dengan memberi vote pada tulisan saya tersebut disini. Caranya scroll ke bawah > buka galery > cari nama saya, Ines Agusta

Image source
 

Continue reading...

13/12/14

Sebuah Puisi Ibu Karya Chairil Anwar


Image source

Menuju momentum Hari Ibu esok, mari kita sama- sama merenung. Mungkin kita pernah menyakiti hati ibu, membuat ibu bete (bersedih tenan), dan sebagainya. Lalu tanpa menunggu momentum hari ibu maupun saat hari ibu tiba, kita sama- sama memeluk Ibunda tercinta dan mengucapkan "Oh Ibu, terimakasih atas segala payahmu dalam mendidikku, terimakasih atas sebentuk kesabaranmu yang luas bak samudra. Maafkan ananda jika masih sering membuatmu kecewa. Meski tak pernah engkau nampakkan kesedihanmu di depanku. Semoga engkau selalu sehat, bahagia, dan dilindungi olehNya senantiasa. Dan semoga, ananda selalu membuatmu bangga dan bahagia.." :)

...................................................................

Pernah aku ditegur
Katanya untuk kebaikan
Pernah aku dimarah
Katanya membaiki kelemahan
Pernah aku diminta membantu
Katanya supaya aku pandai

Ibu…..

Pernah aku merajuk
Katanya aku manja
Pernah aku melawan
Katanya aku degil
Pernah aku menangis
Katanya aku lemah

Ibu…..

Setiap kali aku tersilap
Dia hukum aku dengan nasihat
Setiap kali aku kecewa
Dia bangun di malam sepi lalu bermunajat
Setiap kali aku dalam kesakitan
Dia ubati dengan penawar dan semangat
Dan Bila aku mencapai kejayaan
Dia kata bersyukurlah pada Tuhan

Namun…..
Tidak pernah aku lihat air mata dukamu
Mengalir di pipimu
Begitu kuatnya dirimu….

Ibu….

Aku sayang padamu…..
Tuhanku….
Aku bermohon padaMu
Sejahterakanlah dia
Selamanya…..


(Chairil Anwar)
Continue reading...

10/12/14

Terimakasih Bapak, Engkaulah Pahlawan di Hati Kami Semua



Image source

Saat itu yang kuingat aku masih berumur 10 tahun (tahun 2000) saat Bapak dipanggil yang Kuasa. Pagi- pagi benar kudengar berita itu yang seolah berhasil meruntuhkan semua sendi- sendiku. Yang kuingat, saat itu Bapak sedang sakit. Malam sebelumnya bahkan Mama dan Papa menjaga beliau di salah satu rumah sakit di Sleman.

Ah, kuingat bagaimana aku menangis terus setelah aku mendengar berita dari Mama bahwa Bapak telah tiada. Menangis dari rumah, sepanjang jalan, bahkan sampai Bapak dikebumikan. Hatiku pilu. Aku, kami semua ditinggalkan Bapak dengan tanpa kita duga. Yang kuingat, Mama dan Papa menghibur- hibur hatiku dengan mengatakan, " Nduk, Bapak wis tenang kok. Ojo ditangisi yo nduk. Bapak wis bahagia disana." Bagaimana reaksiku? Aku tetap menangis kala itu. Aku, Ibu, Mba Lulu, adalah 3 wanita yang terus mengeluarkan airmata dengan derasnya. Apa aku menolak dan menyalahkan takdir? Buka. Bukan seperti itu yang kurasakan. Yang kurasakan sebagai anak berusia 10 tahun ialah hanya kehilangan. Itu saja.

*******

Saat SD setiap Sabtu pulang sekolah atau sore hari, Papa selalu mengantarkanku dan adik ke Turi, Sleman. Turi adalah sebuah kecamatan di Sleman yang sejuk karena terletak dekat dengan Gunung Merapi. Disanalah, di rumah Bapak, kami (aku dan adik) akan menginap sampai hari Minggu sore. Saat itu kami dijemput kembali oleh Papa karena hari Senin kami sekolah lagi.

Setiap kami menginap, banyak hal yang kami lakukan. Mulai dari bermain badminton dengan om Teo, om saya yang seumur dengan adik saya. Kemudian ikut Bapak ke sawah atau ke kebun salak untuk memetik salak, bantu (baca:ganggu) Ibu masak di dapur, ikut ke kios Ibu (Ibu punya warung makan di dekat lapangan Turi), sampai belajar apa saja sama Bapak.

Ya, belajar apa saja. Setiap kami punya PR dari sekolah pun, selalu kami bawa ke Turi. Bapak itu cerdas. Beliau selalu membantu kami menyelesaikan tugas sekolah kami. Dan yang paling kuingat, jika ada PR menggambar, Bapak selalu yang menggambarkan untukku. Bukannya aku malas mengerjakan PR. Hanya PR menggambar saja yang membuatku menyerah dan mengangkat tangan. Mengapa? Karena aku tak pandai menggambar. Sedangkan gambar hasil karya Bapak itu selalu saja bagus dan yang kunilaikan pada guru. Pssstt, jangan bilang kepada Guru menggambarku ya...

Bapak itu cerdas. Beliau tahu banyak hal. Pengetahuan beliau luas. Yang paling membuatku, adik, dan om Teo senang ialah saat Bapak bercerita tentang dunia wayang. Semua cerita tentang pewayangan, Bapak selalu tahu. Dan yang paling membuat kami senang juga ialah cara Bapak membawakan cerita tersebut. Bapak bercerita dengan gaya yang khas, suara beliau selalu berbeda untuk setiap tokoh wayang yang beliau ceritakan. Hal itu membuat kami begitu menghayati kisah yang Bapak ceritakan serta imajinasi kami bertumbuh dan berkembang dengan baiknya.

Bapak ialah pribadi yang cerdas. Bapak tahu semua jenjang kepangkatan ABRI (TNI- Polri). Bahkan setiap kali kami menginap, saya selalu menanyakan urutan jenjang kepangkatan itu, padahal sudah sering Bapak jelaskan. Entahlah, aku selalu lemot jika mengingat urutannya. Namun Bapak tak pernah bosan menjelaskan padaku, dan tak pernah marah jika harus menjelaskan berulang kali. Bapak juga tidak pernah marah jika kami selalu memainkan perut Bapak dan selalu membayangkan jika itu hamburger.

Bapak juga pribadi yang bijaksana. Jika aku, adik, dan om Teo berantem (maklum, kami masih kecil), Bapak tak pernah memarahi kami. Kami dilerai dan disayang. Tak pernah sekalipun cubitan atau pukulan mampir di badan kami. Tak pernah. Karena Bapak seorang yang amat penyayang. Begitulah. Segala apa yang diajarkan Bapak saat kami kecil, terbawa sampai kami dewasa.

Banyak, banyak hal indah jika itu semua tentang Bapak. Banyak yang ingin aku ceritakan dan gambarkan mengenai Bapak. Intinya Bapak itu lembut hatinya, penyayang, orangtua yang bijaksana, dan cerdas. Mengapa selalu Bapak yang aku ceritakan? Bukan karena kami tidak sayang Ibu ya. Kami memang lebih dekat ke Bapak. 

 *******

Kepergian Bapak membuatku terpukul. Siapa lagi yang akan bercerita tentang wayang. Siapa lagi yang akan mengeloniku dan menidurkanku dengan lullaby tembang Jawa. Siapa lagi yang akan akan mengelus kepalaku lembut. Siapa lagi yang akan merindukanku jika aku tak datang menginap dan menjenguk Bapak di Turi. Aku, adik, Ibu, Papa, Mama, om Teo, mba Lulu, mba Vivi, Om Pipit, Om Yoyok, Om Yoyon, dan semua keluarga besar kami, sangat kehilangan Bapak. Setiap dari kami punya kenangan indah tersendiri dengan Bapak.

Kalau boleh aku merasa, mungkin aku yang paling kehilangan Bapak saat itu. Mengapa? Karena Bapak telah merawat dan mendidikku sedari aku masih bayi  Bapak dan Ibu lah yang cukup lama mengasuhku, kira- kira sampai aku berusia dua tahun.

Mungkin pembaca sekalian bertanya- tanya, siapa Bapak dan Ibu itu?

Bapak dan Ibu tak lain dan tak bukan adalah Kakek dan Nenekku. Sedangkan Papa dan Mama adalah orangtua kandungku. Aku diasuh Bapak dan Ibu bukan tanpa alasan. Saat itu Papa bekerja dan Mama kuliah. Jadi praktis setiap pagi sampai siang/sore, aku tidak ada yang mengasuh. Maka Bapak dan Ibu berinisiatif membawaku ke Turi dan mengasuhku. Mengapa harus di bawa ke Turi? Karena jarak Turi, Sleman dan Gunung Sempu, Kasihan, Bantul itu jauh sekali. Jadi tak mungkin jika Bapak Ibu atau Papa Mama harus nglaju setiap harinya. Jadi, panggilan Bapak dan Ibu (bukan Kakek Nenek) itu bukan tanpa alasan. Karena Bapak Ibu bisa dikatakan juga sebagai orangtua keduaku.

Bapak adalah purnawirawan TNI AU, atau dikenal dengan AURI kala itu. Sedangkan Ibu dulunya adalah perawat di rumah sakit AURI dan setelah pensiun Ibu membuka warung makan di dekat rumah, di Turi. Bapak yang berpindah- pindah tugas saat masih di AURI membuat Papaku (Papa adalah anak pertama) lahir di Pekanbaru dan pernah bersekolah di Kupang, NTT. Jadi tak heran, jika Bapak dan Papa kukagumi karena pengetahuannya yang luas.

Aku adalah cucu pertama di keluarga Bapak Ibu. Itulah mengapa Bapak dan Ibu sayang sekali denganku. Namun tak lama berselang (2 tahun kurang dari kelahiranku), adikku lahir ke dunia, 3 bulan setelah kelahiran Om Teo. Bertambah pulalah kebahagiaan Papa Mama dan Bapak Ibu. Om Teo adalah adik Papa yang paling bontot (hanya berselisih umur 3 bulan dengan adikku). Jadi aku, adik, dan Om Teo bisa dikatakan sebaya.

Begitulah kisahku bersama Bapak. Meski 14 tahun sudah Bapak meninggalkan kami, namun kenangannya tetap hidup di hati dan pikiran kami. Semoga kami selalu meneladani segala yang baik yang ada pada diri Bapak. Do'akan Bapak juga ya pembaca, semoga Bapak dilapangkan kuburnya dan tersenyum bahagia di sana. Aamiin. :)




Continue reading...

07/12/14

Cara Mengajarkan Anak Menghafal Al Qur'an Sejak Dini


image source

Cara Mengajarkan Anak Menghafal Al Qur'an Sejak Dini:

1. Bayi (0-2 tahun)
-Bacakan Al Qur'an dari surat Al fatihah
-Tiap hari 4 kali waktu (pagi, siang, sore, malam)
-Tiap 1 waktu satu surat diulang 3x
-Setelah hari ke-5 ganti surat An Naas dengan metode yang sama
-Tiap 1 waktu surat yg lain-lain diulang 1x2


2. Diatas 2 tahun
-Metode sama denga teknik pengajaran bayi. Jika kemampuan mengucapkan kurang, maka tambah waktu menghafalnya, mis dari 5 hari menjadi 7 hari
-Sering dengarkan murattal

3. Diatas 4 tahun
-Mulai atur konsentrasi dan waktu untuk menghafal serius
-Ajari muraja'ah sendiri
-Ajari menghafal sendiri
-Selalu dimotivasi supaya semagat selalu terjaga
-Waktumenghafal 3-4x perhari

BC dari Ustdz Ahmad Al Hafidz
Allaahummaj'alna fii ahli Qur'an , Allaahumma baarik fi auladina wa dzurriiyatina bil Qur'an, Allaahummarzuqna istiqomah fi tilawatil wa hifzil Qur'an...wa adhilna fi jannati fi Qur'an...Aamiin Allaahumma Aamiin


Sumber disini
Continue reading...

Memacu Adrenalin di Pantai Gunungkidul dengan Toyota Rush


Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di bagian timur Daerah Istimewa Yogyakarta. Topografi wilayah tersebut cenderung berbukit- bukit. Banyak sekali potensi wisata di sana. Menarik? Tentu saja. Tak hanya wisata pantai, tetapi ada juga wisata air terjun, gua, gunung purba, dan lain sebagainya. Sebagian besar wisata pantai di Jogja terletak di kabupaten Gunungkidul. Dan lagi banyak lokasi wisata baru yang telah di buka. Hal tersebut menarik minat wisatawan lokal dan asing untuk berwisata di sana.

Untuk menuju lokasi- lokasi wisata di Gunungkidul, butuh waktu yang cukup lama dari pusat kota Yogyakarta. Karena jalanan di Gunungkidul yang akan kita lalui sebagian besar menanjak, serta untuk menuju lokasi wisata jalanannya juga cukup ekstrim, maka dibutuhkan kendaraan yang mumpuni untuk mencapai lokasi- lokasi wisata disana. Namun, kendaraan seperti apa ya yang saya butuhkan untuk touring dan bisa menjangkau sebagian besar destinasi wisata di Gunungkidul?

Yang irit, pasti. Bandel, otomatis. Gagah, tentu aja. Nyaman, sudah tentu iya.
Tapi ada nggak ya?

"Hmm, bagaimana dengan Toyota Rush?"
Image source
Ya, itu dia...

Coba kita lihat spesifikasinya:
- Kalau eksterior sudah jangan ditanya. Eksteriornya tampak macho dengan balutan warna metalik mengkilat. Adanya rear roof spoiler with led dan corner sensor membuat kita berkendara lebih nyaman. Rem cakram tipe ABS EBD memberikan cengkraman kuat pada jalanan menanjak. Cocok jika untuk dibawa melalui jalanan Gunungkidul yang notabene menanjak ini.
- Keamanan dan kenyamanan maksimal dengan dual SRS airbag, window defogger, collapse steering column, dan wireless key system. Cocok sekali untuk menjelajahi Gunungkidul yang medannya menantang dan arus lalu lintas yang lumayan padat.
- Nggak mungkin akan bosan selama di perjalanan karena ada sistem hiburan 2 DIN CD with 4 speakers dan 2 tweeters yang memberikan dentuman musik maksimal. So, nggak bikin ngantuk selama di perjalanan.
- Dengan manual double blower yang ada di Toyota Rush, membuat tetap sejuk selama perjalanan. Apalagi wilayah Gunungkidul ini cenderung berbatu dan gersang. Kita tak akan merasa kepanasan dalam perjalanan.
- Mesin yang garang cocok digunakan untuk perjalanan jauh dan menanjak. Lihat saja dapur pacunya. Dengan tipe mesin 1.5L,IL4,16V,DOHC,VVT-i yang berkapasitas 1495cc mampu memberikan tenaga maksimum 109 ps / 6000 rpm dan torsi maksimum 14.4 kgm / 4400 rpm. Dengan teknologi VVT-i membuat Toyota Rush tetap ramah lingkungan.

Nah, keren kan..

Kalau sudah fix pilih kendaraan yang cocok (saya mantap dengan Toyota Rush), maka kita siap berpetualang menjajaki lokasi wisata yang ekstrim jalannya.

Wisata pantai terletak di bagian selatan Gunungkidul, tepatnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Banyak sekali wisata pantai yang telah dibuka dan cukup mudah aksesnya. Sebut saja pantai Baron, Krakal, Kukup, Indrayanti. Namun ada pula wisata pantai yang sudah dibuka tapi akses menuju kesana cukup sulit dan menantang.

Sebagian pantai di Gunungkidul memiliki akses jalan menuju pantai yang cenderung menyempit, naik turun, dan berkelak kelok. Hal ini wajar mengingat wilayah Gunungkidul yang berbukit- bukit.
Sebut saja Pantai Ngobaran, Ngrenehan, dan Nguyahan. Jalanan menuju pantai berkelak- kelok, sempit, dan naik turun. Bahkan ada satu titik dimana ada tanjakan yang cukup patah sudutnya. Mau nggak mau harus gantian jika mau lewat karena nggak kelihatan dari arah yang berlawanan. Ada  juga pantai Pok Tunggal yang akses jalan masih berbatu. Dan masih banyak pantai lainnya.

Akses jalan menuju Pantai Pok Tunggal. Image source
See...
Akses jalan yang menantang menuju Pantai Pok Tunggal menjadikan berkendara dengan Toyota Rush menjadi pilihan yang tepat. Dengan ground clearance yang tinggi, membuat mobil tak akan gasruk (Bhs Jawa:menyentuh tanah). Dengan kondisi jalan yang penuh bebatuan menyebabkan shockbreaker cukup keras bekarja. Namun kondisi itu nantinya tak akan kita temui dengan mobil handal Toyota Rush.

Akses jalan menuju Pantai Timang. Image source
Akses jalan menuju Pantai Timang belum sepenuhnya mulus. Jadi wisatawan diharap berhati- hati di jalan menuju pantai ini. Sekali lagi, pilih kendaraan yang pas dan mumpuni.

Masih banyak akses jalan di lokasi- lokasi wisata di Gunungkidul yang masih cukup sulit dilalui, memacu adrenalin, dan membutuhkan tenaga ekstra serta kesigapan pengendara kendaraan. Dan yang pasti, pilih kendaraan yang tangguh untuk menghadapi medan yang menantang.

Kalau saya sih, Toyota Rush pastinya.
Toyota Rush.... Unleash yourself! :)


Artikel ini diikutsertakan dalam Adrenaline Rush Blogging Competition


Continue reading...

05/12/14

Review Film The Hunger Games: Mockingjay-Part I


1417827647885638863
Image source: disini
Senin yang lalu, 1 Desember, saya baru berkesempatan menonton film The Hunger Games yang terbaru. Padahal sebenarnya sudah rilis sekitar satu mingguan yang lalu. Namun saya belum sempat menontonnya. Hingga akhirnya sampailah saya pada hari Senin itu. Ekspektasi saya mungkin cenderung berlebihan pada film lanjutan Catching Fire tersebut. Saya akui itu.

Namun akhirnya saya harus mengakui bahwa pada Mockingjay-part I ini secara keseluruhan berbeda dari dua serial sebelumnya. Ekspektasi saya yang naik gegara dua film sebelumnya, malah menjadi agak turun setelah menonton bagian I novel terakhir tersebut. Ya, bisa dikatakan kurang greget. Entahlah, apa mungkin dikarenakan pada bagian ketiga trilogi The Hunger Games tersebut dibuat dua bagian. Petualangan yang disajikan pada film part I ini malah cenderung lesu dan kurang menarik.

Sepengetahuan saya selama ini, jika bagian terakhir dari sebuah trilogi dan semacamnya dibuat dua bagian, akan ada tantangan yang lebih besar. Mengapa? Jika tak berhasil membagi klimaks pada dua bagian itu, maka bagian I justru bisa jadi hanya akan berhenti pada antiklimaks. Entah apa alasan pembagian serial terakhir menjadi dua bagian. Apa itu alasan skenario atau komersial belaka.

Dan berikut review saya mengenai film Mockingjay- Part I...

Judul: The Hunger Games
Genre: Adventure
Durasi: 123 menit
Pemain: Jennifer Lawrence, Liam Hemsworth, Josh Hutcherson, Sam Claflin, Philip Seymour Hoffman, Julianne Moore
Produser: Jon Kilik, Nina Jacobson
Sutradara: Francis Lawrence
Penulis Naskah: Danny Strong
Adaptasi dari: Buku Mockingjay (The Hunger Games 3) Suzanne Collins

Review:
Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) telah berada di Distrik 13. Pada Hunger Games Catching Fire yang lalu, ia dibawa oleh Plutarch Heavensbee (Philip Seymour Hoffman) bersama teman- teman yang menginginkan revolusi terjadi. Mereka semua menginginkan Katniss sebagai Mockingjay mereka, yang notabene merupakan simbol pemberontakan.

Pada Mockingjay part I adegan dibuka dengan Katniss yang mengalami gangguan mental. Ia masih merasa bersalah telah meninggalkan Peeta Mellark (Josh Hutcherson) di arena pertandingan Quarter Quell. Meski itu bukan mau Katniss untuk meninggalkan Peeta. Namun sayang, Katniss masih belum bisa terima keputusan yang lain untuk meninggalkan Peeta di arena dan membiarkan Capitol menangkap Peeta. Pada saat Katniss terganggu mentalnya, jika penonton cermat, ia terus menggenggam mutiara pemberian Peeta saat Hunger Games Quarter Quell.

Katniss sendiri awalnya menolak untuk dijadikan sosok Mockingjay atas permintaan Presiden Alma Coin (Julianne Moore). Namun setelah ia mengunjungi beberapa distrik yang telah hancur, karena serangan Capitol, maka ia pun berpikir ulang untuk bersedia menjadi Mockingjay. Menurut penuturan Gale (Liam Hemsworth), dari 100.000 orang di distrik 12, hanya 915 orang yang tersisa dan berhasil di bawa ke distrik 13. Distrik 13 sendiri yang selama ini diyakini  'tidak ada', ternyata diam- diam melakukan gerakan bawah tanah untuk mengatur serangan ke Capitol.

Katniss masih menimbang ulang untuk menjadi Mockingjay, hingga suatu ketika ia melihat siaran Peeta yang diwawancarai. Peeta menghimbau agar seluruh distrik melakukan gencatan senjata dan menghentikan pertikaian yang berkecamuk. Yang mana oleh seluruh distrik Peeta dikecam karena telah menjadi berpihak pada Capitol dan juru bicara Capitol. Katniss yang melihat siaran ini menjadi senang sekaligus khawatir. Senang karena Peeta masih hidup dan khawatir karena warga distrik 13 mengutuk keras perkataan Peeta dan membencinya.

Katniss pun bersedia menjadi Mockingjay dengan beberapa syarat. Diantaranya ialah pembebasan tribute yang ditawan oleh Capitol dan pemberian ampunan jika mereka telah dibebaskan. Katniss mengerti bahwa banyak yang menentang syarat yang ia ajukan. Namun ia tak ingin Peeta, Johanna (Jena Malone), dan Annie (pasangan Finnick Odair-Sam Claflin) menjadi dipersalahkan karena seolah telah memihak Capitol. Apalagi Peeta, yang mana ia dibenci seluruh warga distrik 13 karena perkataanya di siaran Capitol.

Maka berbagai persiapan mulai dilakukan. Mulai dari memberikan Katniss sebuah tim propaganda, membajak siaran Capitol, hingga misi penyelamatan Peeta, Johanna, dan Annie. Tim propaganda bertugas merekam apa yang Katniss katakan untuk memantik semangat pemberontakan tiap distrik. Jadi Katniss dan team akan membuat semacam video propaganda.

Awalnya video propaganda dibuat di studio, namun sayang hasilnya kurang memuaskan. Lalu Katniss dan team yang dipimpin oleh Cressida (Natalie Dormer) menuju ke distrik 8 untuk melihat orang- orang yang terluka akibat serangan Capitol. Hal tersebut dilakukan agar Katniss semakin menjiwai dalam pembuatan video itu.  Tapi tanpa di duga, pesawat penyerang Capitol datang dan membom distrik 8 dengan target utama rumah sakit. Capitol memberi peringatan bahwa siapapun yang mendukung Katniss dan pemberontak lainnya, maka ia akan hancur.

Saat itulah Katniss menyatakan berperang dengan Presiden Snow (Donald Sutherland) dan mengucapkan satu kalimat yang benar- benar membakar semangat,

If we burn, you burn with us!

Ishh, keren.

Dan setelah itu video propaganda terus dibuat. Dan Beete (Jeffrey Wright) yang jenius lah yang bertugas menyiarkan video itu untuk sampai ke Capitol. Sistem pengamanan Capitol yang ketat, membuat Beete tidak bisa menyusupi video itu. Hingga ketika bendungan Capitol jebol, dan suplai listrik terganggu, membuat sistem pengamanan Capitol mengalami masalah dan akhirnya bisa disusupi video Katniss. 

Di saat itu pula ternyata ada team yang dikirim Coin yang membawa misi untuk menyelamatkan Peeta, Johanna, dan Annie. Di dalam team itu ada Gale. Bagaimana perasaan Katniss melihatnya? Bagaimana mulanya bendungan Capitol dapat jebol? Bagaimana selanjutnya? Apakah Gale bersama team berhasil menyelamatkan Peeta,dkk?

............

Sampai disini dulu ya reviewnya. Capek ngetik nih. Nggak ding.. Yang jelas, nonton langsung itu lebih seru. Ya meski menurut saya lebih banyak porsi drama dan adegan yang bikin deg- degan kurang banyak. Yang bikin deg- degan itu malah soundnya yang menggelegar. :P

Oh ya, ada satu adegan lagi yang juga keren. Ketika Katniss, Gale, dan team berada di pinggir danau (atau sungai ya?) dan Katniss menyanyikan lagu Hanging Tree. Itu bikin saya merinding disko. Coba search deh, lagu Hanging Tree. Dan itu langsung dinyanyiin si Jennifer Lawrence 'Katniss Everdeen' lho. Asli, nggak lipsync.
 
Overall, meski kurang begitu nendang (bisa dilihat ketika itu, kursi teater Mockingjay part I lebih banyak yang kosong dibanding Interstellar yang notabene tayang lebih dulu), namun Mockingjay bagian I ini sayang untuk dilewatkan, terutama bagi penggemar film Hunger Games. Meskipun ceritanya terpotong secara nanggung dan rata- rata adegan seolah mengulur waktu untuk memperpanjang durasi, boleh deh Mockingjay ini dimasukkan ke daftar pilihan pecinta film sekalian.

Nggak sabar pengin segera menamatkan Hunger Games ini. Rasanya pengin cepat- cepat menonton yang part IInya yang katanya rilis tahun depan. Lamo nian ya. ;') Kita tunggu...

Artikel juga dimuat di Kompasiana penulis disini
Continue reading...

Aja Ngimpi Swarga yen Lena Legine Donya


Sumber: Dokumentas Pribadi
Aja Ngimpi Swarga yen Lena Legine Donya

Jangan bermimpi mendapatkan surga jika kita masih terlena dengan manisnya dunia.
Begitu kira- kira arti dari kalimat mutiara yang berbahasa Jawa di atas.

Kalimatnya sederhana, tapi serius nampol banget.

Dunia memang lengkap.
Ia menyajikan sajian yang lezat dan menggoda selera.
Namun jangan sampai kita terlena begitu saja.
Kita harus berhati- hati, dan waspada.

Ingat- ingatlah selalu ini...
Padahal Allah telah menggambari tentang dunia pada firmanNya, antara lain yang artinya,
Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (QS  al Hadid : 20)

Dan ini...
Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.” (Al-Ankabut: 64)

Bahkan Abu Bakar pun pernah  berkata, ”Ya Allah, jadikanlah dunia di tangan kami, bukan di hati kami.

See..
Jadikan dunia hanya di tangan, bukan di hati.
Satu saja kuncinya...
"ZUHUD"
Continue reading...

03/12/14

Balada Koin Gopek


Dokumentasi pribadi

Itu uang koin gopek yg warna perak.

Suamiku menemukan uang koin itu di kantong celananya yang habis aku cuci kemarin.
Lama ia memperhatikan uang koin temuannya itu.

Lalu ia bilang sama aku," May, nih gopek buat umay.."

"Waa, makasih ya Bay..." mataku berbinar binar

"Tapi maaf May.. Uang gopeknya luntur.."

"Eh....," akupun bingung.

Lalu gantian kuamati uang gopek pemberian suamiku.

Yaelah, ini mah bukan uang gopeknya yg luntur. Itu emang gopekan yg warna perak. Bukan gegara dicuci, trus warna yg semula kuning jadi perak. Bukan juga gegara dicuci, lalu massanya jadi berkurang trus jadi lebih enteng.

Abay,, plisss dehh -_-'


Continue reading...

OST Hunger Games Mockingjay Part I "Hanging Tree"



Masih ngebahas tentang Hunger Games Mockingjay ya.
Yang udah nonton pasti nggak akan asing sama lirik lagu di bawah ini.

Yep, ini lirik lagu yang disenandungkan Katniss saat di tepi danau bareng sama temen- temennya.
Satu hal yang gue rasain saat dengar ini lagu untuk yang pertama kalinya, Merinding!

Are you, are you
Coming to the tree
They strung up a man
They say who murdered three.
Strange things did happen here
No stranger would it be
If we met at midnight
In the hanging tree.

Are you, are you
Coming to the tree
Where dead man called out
For his love to flee.
Strange things did happen here
No stranger would it be
If we met at midnight
In the hanging tree.

Are you, are you
Coming to the tree
Where I told you to run,
So we'd both be free.
Strange things did happen here
No stranger would it be
If we met at midnight
In the hanging tree.

Are you, are you
Coming to the tree
Wear a necklace of hope,
Side by side with me.
Strange things did happen here
No stranger would it be
If we met at midnight
In the hanging tree.

Are you, are you
Coming to the tree
Where I told you to run,
So we'd both be free.
Strange things did happen here
No stranger would it be
If we met at midnight
In the hanging tree.

Are you, are you
Coming to the tree
They strung up a man
They say who murdered three.
Strange things did happen here
No stranger would it be
If we met at midnight
In the hanging tree.

Are you, are you
Coming to the tree
Where dead man called out
For his love to flee.
Strange things did happen here
No stranger would it be
If we met at midnight
In the hanging tree.

Lagunya yang agak agak serem and misterius, membuat gue penasaran buat googling nyari liriknya. Dan walaa... ketemulah sama lirik lagu Hanging Tree ini. Dan gue juga udah download lagunya (Katniss yang nyanyi) via 4shared. 

Alhasil, karena udah ketemu semua, gue senandungkan pas lagi ngelus- elus tuts keyboard lappy. Lagu gue putar berkali- kali. Gue juga ikutan nyanyi. Berkali- kali. Catet, berkali- kali.

Dan jadinya apa sodara- sodara?
Jadinya sebelum tidur, lagu itu masih terngiang- ngiang di pikiran. Gue heran aja, kok kuat banget ya pengaruhnya, nggak seperti lagu biasanya.

Dan...malam itu gue nggak bisa tidur! 
I mean, kebangun dari tidur berkali- kali.
Kayak tindihan tapi terus- terusan.

Tahu tindihan kan?
Itu kayak 'diganggu' gitu.
Tapi penjelasan ilmiahnya gue belum tahu pasti. Yang jelas, badan kayak susah digerakkan, kayak diikat. Mau teriak aja susah, Dan saat itu, mata gue kayak dikatupkan, kayak dilem, cukup sulit pas mau dibuka.

Dan itu nggak hanya sekali sodara- sodara. Berkali- kali!
Setelah tindihan, gue dzikir berulang- ulang, tapi terus aja tindihan.
Akhirnya pas gue kebangun yang kesekian kalinya, gue ambil hp, mainan Pou. *krauss, selo bingit*
Dengan posisi ndresel suami sendresel ndreselnya. I mean, di bawah ketek. >_<

Sambil terus dzikir, mata jadi ngantuk.
Dan, bablas deh tidur.. :D

Satu pelajaran yang dapat gue ambil dari sana:
Semua itu terjadi karena sebelum tidur, gue nggak banyak- banyak berdo'a dan dzikir mengingat Alloh. Jadi gitu deh.

Jadi kesimpulannya, jangan coba- coba nyanyiin deh. *hlo* Hehehe.
Berdo'a dan dzikir sebelum tidur. Ok.

Are you, are you...
Still wanna try?


Continue reading...

Sebuah 'Mahakarya' Puisi: Nglesot



pic source

Pagi semua...
Setelah kemarin cerita2, kali ini gue mau upload karya fiksi. Tepatnya puisi nan kece *tsaah*
Puisi ini gue tulis saat nunggu pacar (baca:hunny bunny husband) di bioskop. Ceritanya pacar gue lagi pergi bentar ke studio foto. Dan gue di drop di bioskop buat beli tiket, biar nggak kelamaan antri dan ketinggalan film.

Kami berangkat dari rumah ba'da maghrib. Dan ada 3 pilihan film yang akan kami tonton.
1. Interstellar
2. Penguins
3. The Hunger Games Mockingjay

Nah, yang penguins itu film baru. Yang 2 lainnya, udah rilis agak lama, seminggu dua minggu lebih lah.
Dan jam tayang ketiganya pun deketan, yakni jam 19.00 dan 19.15.

Gegara gue pengin banget melampiaskan hasrat nonton part-3 nya Hunger Games (baca: Peeta Mellark, walau Peeta nggak sering nongol :D), maka kami putuskan untuk lebih memilih film Hunger Games. Dan pacar gue pun pesen, "Kalau yang Hunger Games dapetnya barisan kursi depan, pilih yang lainnya ya May.."

"Ok dah, siip sippo Bay.."

Setelah gue di drop di sana, kondisi bioskop lagi rame- ramenya. Rame banget malah. Untungnya nggak antri banget, malahan nggak antri. Gue dateng dan langsung ke bagian mba penjual tiket.

Dengan keramahan mba penjual tiket, gue pun teringat pedagang di Pasar Tanah Abang. Bajunya Kakak, Pashminanya Kakak, Jilbabnya Kakak. Ok, lupakan!
Lupakan imajinasi gue yang absurd itu. -_-

Setelah dipilih2, ternyata kursi yang masih tersisa khususnya bagian agak2 terbelakang ada di teater film Hunger Games. Ok fix, gue pun memilih itu. Meski awalnya agak ragu, karena Hunger Games masih ada kursi bagian belakang yang sisa. Kok yang Interstellar masih puenuh aja ya kursinya. Padahal kan udah lumayan lama rilis. Kalau film Penguins mah, gue nggak begitu heran kalau penuh. Film baru soalnya.

Kondisi bioskop (belum gue sebutin ya, yg di Urip Sumoharjo itu lho) yang rame kala itu, membuat kursi tunggu yang disediakan utk penumpang penonton juga penuh. Walhasil, gue harus puas dengan duduk nglesot deket teater 5. Untung nggak sampai duduk di toilet.

Dan, puisi di bawah ini gue hasilkan dengan alay dan beringas dalam waktu 5 menit (mungkin kurang), sambil nglesot nunggu pacar dateng dan nunggu film dimulai.

Dokumentasi pribadi


Nglesot
Dan gw nglesot di bioskop
Gegara penuh bett (baca:banget)
Dan gw pake sendal jepit
Pake kaos
Nggak bawa tas
Cuma berbekal henpon
Yg layarnya udah sukses gw pecahin
Ahahaa
Damainya dunia
Di tengah hiruk pikuk lalu lalang para pengunjung bioskop
Dan gw nglesot
Deket pintu masuk teater
Dan gw nglesot
Deket colokan
Dan gw nglesot
Deket pot
Semoga..
Gue nggak dikira 
Suster ngesot

Keren kan, keren kan *nglirik sadis*
Dan setelah itu, gue dan pacar pun nonton.
Finally, gue jadi menemukan jawaban di atas. Mengapa Hunger Games Mockingjay ini masih menyisakan gue kursi padahal termasuk di last minute beli tiket.


Baca review gue juga ya tentang Hunger Games Mockingjay ini ya, disini (link belum hidup :P)...
Continue reading...

Yang Seiman Lebih Tenteram




Beberapa saat yang lalu berita yang sedang mencuat ialah kasus pernikahan dua orang artis yang berbeda keyakinan. Si pria (katanya) sudah masuk Islam sebelum menikah. Akan tetapi yang membuat heboh ialah setelah ia melangsungkan pernikahan, pria tersebut menyatakan bahwa dirinya tidak pernah masuk Islam. Nah loh, yang benar ini yang mana?

Disini saya tidak akan membahas beritanya. Berikut saya ambilkan petikan opini dari sebuah media cetak perihal pernikahan tersebut:

Memiliki suami yang berbeda keyakinan dengan kita (non-muslim) jelas dilarang oleh syariat. Bahkan pernikahan otomatis batal bila diketahui sang suami menjadi murtad (keluar dari Islam).
Alasan cinta tak lantas membutakan mata. Bagaimanapun, memilih lelaki yang beriman dan shalih merupakan syarat mutlak bagi seorang wanita dalam memilih suami.

Memang tak salah bila seorang muslimah meminta mahar berupa ikrar dua kalimat syahadat, bahkan hal tersebut merupakan kebaikan. Hal ini pernah dimintakan oleh Ummu Salamah ketika hendak dipinang oleh Abu Thalhah.

Namun pilihan tersebut, di zaman ini, bukan tanpa resiko. Sebab selamanya kita tidak akan bisa mengetahui pasti isi hati seseorang. Berhati- hatilah pula bisa saja itu jebakan untuk menyesatkan muslimah.


*)dari Ar- Risalah dengan sedikit gubahan


Jadi sahabat (terutama mba2) sekalian, urusan keyakinan tidak perlu di tawar2 lagi. Pilihlah yang seiman sebagai teman hidup anda. Karena yg seiman insyAlloh lebih menentramkan (seperti slogan apa gitu ya :) ).
Continue reading...

Pilih Calon Suami yang Kaya?? Silakan Dibaca...



pic source
Menarik untuk ditelisik profil si pria yang hendak menikahi calon istrinya. Empat jempol (plus jempol kaki saya. Hehe) saya acungkan untuk pria yang berani menikah dalam kondisi nol bahkan minus. Delapan jempol (minjam jempol tetangga) saya berikan pula untuk wanita yang mau- maunya menerima pria ini dalam keadaan ikhlas lillahi ta'ala (bukan pasrah lho). Mau menerima pinangan dan bersemangat menjalani kehidupan bersama dari bawah sekali. Jarang- jarang ada wanita yang mau memulai kisah awal kehidupan berumah tangga dari nol, berangkat dari ketidakpunyaan sang calon suami. Masih ada (mungkin juga cukup banyak) wanita di luar sana yang mau menerima calon suaminya apa adanya bukan karena ada apa- apanya.

Ini bukan curcol saya semata lho, wkwkwk, tetapi berangkat dari pengamatan saya kepada kawan2 yang lainnya.

Menurut hemat saya, memang lebih asiik dan menantang untuk memulai kehidupan awal dari nol. Bersama dengan istri membangun usaha, melalui jatuh bangun usaha, saling meyemangati dan bahu membahu dalam kehidupan berumah tangga. Alangkah indahnya ketika istri dengan mata berbinar- binar menerima rizki dari Alloh lewat usaha kita, yang ia tahu bahwa tidak setiap hari usaha suaminya berbuah manis. Bagaimana berhati- hatinya sang istri tersebut mengalokasikan dana, memangkas beberapa cabang pengeluaran, dan tak jarang menahan keinginan- keinginannya. Mula- mula berangkat dari kondisi ketidakpunyaan itulah, ketika nantinya pasangan tersebut sukses, maka kesuksesan yang mereka reguk bersama akan lebih terasa.

Jika saya kaitkan dengan kesetiaan (baik dari pihak suami maupun istri), biasanya jika dari awal sudah bersusah susah bersama, maka kesetiaannya (seharusnya) sudah terjamin. Apabila sang istri sudah mau dan berhasil 'dibawa' melalui fase- fase sulit, ketangguhannya sudah teruji. Alangkah 'bodoh'nya jika mereka bercerai. Atau mungkin justru pihak suami mendua/mentiga, dst. Ketika masa2 pahit kita lalui bersama istri tercinta, masak tega jika kita telah berhasil, kita tinggalkan/menduakan orang yang telah mendampingi kita di kala kesulitan2 menghampiri. Pun begitu pula dari pihak istri. Jika sudah mau diajak susah bersama suami dan mampu bertahan hingga berhasil, tak ayal kesetiaan sang istri pun seharusnya tak patut untuk dipertanyakan.

Nah, menarik jika sang calon suami ini sudah sukses duluan atau dengan kata lain sudah mapan sebelum menikah. Saya acungi empat jempol pula bagi yang sudah mempersiapkan diri (terutama dlm hal ekonomi) untuk mempersiapkan kehidupan berumah tangga bersama istrinya kelak. Minimal tak kan membiarkan keluarga terkatung- katung dalam ketidakpastian ekonomi keluarga. Hehe. Menarik pula melihat apa pertimbangan sang calon istri memilih suami yang tipe ini (mapan sebelum menikah). Apa semata hanya alasan asal kaya, kehidupan lebih terjamin, tidak perlu susah2?

Aih, memang kadang lebih banyak syak yang timbul pada calon istri yang memilih kita yang sudah mapan. Ada rasa was2 jikalau kita esok seandainya jatuh/gagal/bangkrut (semoga tidak), adakah ia masih setia mendampingi kita? Apakah ia masih disamping kita, menemani, dan tidak meninggalkan kita yang sedang 'kere' sekere-kerenya?

Dari hal itulah, saya membagi 2 kategori wanita yang lebih memilih pria mapan (bisa dibaca:kaya) untuk dijadikan suaminya:

1. Wanita baik2: alasan wanita tipe ini memilih pria mapan ialah kadang tak beralasan. (Maksudnya?). Maksudnya, mereka kadang memang langsung ketemu dengan calon yang memang mapan. Alias bejo. Bejo diketemukan dg calon suami yg mapan. Bukan sengaja milih yang mapan lho. Atau, mungkin mereka memang sengaja memilih yang mapan demi kehidupan calon anaknya kelak. Wanita tipe ini tidak neko2. Sudah tahu calon suaminya mapan/kaya, ia tidak memanfaatkannya alias tidak minta yang macam- macam. Apalagi sebelum nikah, mana berani minta dibeliin ini itu (padahal mungkin hanya barang murah).

2. Wanita tidak baik: alasan wanita tipe ini memilih calon suami yang mapan ialah demi dirinya, demi gengsi, atau demi harkat/martabat. Biasanya punya suami kaya/mapan buat songong-songongan. " Ini lho suamiku kaya, jabatannya Direktur di.. Punya mobil...". Nyombongnya bisa secara langsung/tidak langsung. Sombong baik2, tersirat, maupun sombong yang keterlaluan. Kalau mau lihat wanita seperti ini, lihat saja sebelum nikah, biasanya sudah berani banyak minta. Belum resmi jadi suami istri saja, sudah berani bilang "Mas,besok aku dibeliin gelang/hp/rumah itu ya.. Ya mas ya..", " Beliin itu dong mas.. ", "Besok pokoknya harus ada pembantu.." Atau lihat saja tongkrongannya sebelum nikah. Jika pakaiannya merk terkenal, dandanannya wah, perawatan ini itu, krim ini itu, dll, bisa dipastikan ini wanita tipe mahalll yang bisa menguras habis isi dompet. Nah, hati2, biasanya wanita yang seperti ini tidak tahan uji. Besok ketika sang suami bangkrut/miskin, biasanya wanita tipe seperti ini tidak tahan. Karena wanita yang seperti ini maunya yang enak2 saja seperti kondisi awal mereka berumah tangga.

Semoga pertimbangan para wanita yang memilih calon suami (baik calon suami yg belum mapan/sudah mapan) itu didasarkan pada pertimbangan yang baik2. Dan untuk para pria (sekali lagi, baik yg sudah mapan/belum mapan), hendaknya memilih istri yang baik2, enggak matrealistis.

_latihan nulis_
_dari mamas_
Continue reading...
 

Delicious Cupcakes Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
and web hosting