07/12/14

Memacu Adrenalin di Pantai Gunungkidul dengan Toyota Rush


Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di bagian timur Daerah Istimewa Yogyakarta. Topografi wilayah tersebut cenderung berbukit- bukit. Banyak sekali potensi wisata di sana. Menarik? Tentu saja. Tak hanya wisata pantai, tetapi ada juga wisata air terjun, gua, gunung purba, dan lain sebagainya. Sebagian besar wisata pantai di Jogja terletak di kabupaten Gunungkidul. Dan lagi banyak lokasi wisata baru yang telah di buka. Hal tersebut menarik minat wisatawan lokal dan asing untuk berwisata di sana.

Untuk menuju lokasi- lokasi wisata di Gunungkidul, butuh waktu yang cukup lama dari pusat kota Yogyakarta. Karena jalanan di Gunungkidul yang akan kita lalui sebagian besar menanjak, serta untuk menuju lokasi wisata jalanannya juga cukup ekstrim, maka dibutuhkan kendaraan yang mumpuni untuk mencapai lokasi- lokasi wisata disana. Namun, kendaraan seperti apa ya yang saya butuhkan untuk touring dan bisa menjangkau sebagian besar destinasi wisata di Gunungkidul?

Yang irit, pasti. Bandel, otomatis. Gagah, tentu aja. Nyaman, sudah tentu iya.
Tapi ada nggak ya?

"Hmm, bagaimana dengan Toyota Rush?"
Image source
Ya, itu dia...

Coba kita lihat spesifikasinya:
- Kalau eksterior sudah jangan ditanya. Eksteriornya tampak macho dengan balutan warna metalik mengkilat. Adanya rear roof spoiler with led dan corner sensor membuat kita berkendara lebih nyaman. Rem cakram tipe ABS EBD memberikan cengkraman kuat pada jalanan menanjak. Cocok jika untuk dibawa melalui jalanan Gunungkidul yang notabene menanjak ini.
- Keamanan dan kenyamanan maksimal dengan dual SRS airbag, window defogger, collapse steering column, dan wireless key system. Cocok sekali untuk menjelajahi Gunungkidul yang medannya menantang dan arus lalu lintas yang lumayan padat.
- Nggak mungkin akan bosan selama di perjalanan karena ada sistem hiburan 2 DIN CD with 4 speakers dan 2 tweeters yang memberikan dentuman musik maksimal. So, nggak bikin ngantuk selama di perjalanan.
- Dengan manual double blower yang ada di Toyota Rush, membuat tetap sejuk selama perjalanan. Apalagi wilayah Gunungkidul ini cenderung berbatu dan gersang. Kita tak akan merasa kepanasan dalam perjalanan.
- Mesin yang garang cocok digunakan untuk perjalanan jauh dan menanjak. Lihat saja dapur pacunya. Dengan tipe mesin 1.5L,IL4,16V,DOHC,VVT-i yang berkapasitas 1495cc mampu memberikan tenaga maksimum 109 ps / 6000 rpm dan torsi maksimum 14.4 kgm / 4400 rpm. Dengan teknologi VVT-i membuat Toyota Rush tetap ramah lingkungan.

Nah, keren kan..

Kalau sudah fix pilih kendaraan yang cocok (saya mantap dengan Toyota Rush), maka kita siap berpetualang menjajaki lokasi wisata yang ekstrim jalannya.

Wisata pantai terletak di bagian selatan Gunungkidul, tepatnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Banyak sekali wisata pantai yang telah dibuka dan cukup mudah aksesnya. Sebut saja pantai Baron, Krakal, Kukup, Indrayanti. Namun ada pula wisata pantai yang sudah dibuka tapi akses menuju kesana cukup sulit dan menantang.

Sebagian pantai di Gunungkidul memiliki akses jalan menuju pantai yang cenderung menyempit, naik turun, dan berkelak kelok. Hal ini wajar mengingat wilayah Gunungkidul yang berbukit- bukit.
Sebut saja Pantai Ngobaran, Ngrenehan, dan Nguyahan. Jalanan menuju pantai berkelak- kelok, sempit, dan naik turun. Bahkan ada satu titik dimana ada tanjakan yang cukup patah sudutnya. Mau nggak mau harus gantian jika mau lewat karena nggak kelihatan dari arah yang berlawanan. Ada  juga pantai Pok Tunggal yang akses jalan masih berbatu. Dan masih banyak pantai lainnya.

Akses jalan menuju Pantai Pok Tunggal. Image source
See...
Akses jalan yang menantang menuju Pantai Pok Tunggal menjadikan berkendara dengan Toyota Rush menjadi pilihan yang tepat. Dengan ground clearance yang tinggi, membuat mobil tak akan gasruk (Bhs Jawa:menyentuh tanah). Dengan kondisi jalan yang penuh bebatuan menyebabkan shockbreaker cukup keras bekarja. Namun kondisi itu nantinya tak akan kita temui dengan mobil handal Toyota Rush.

Akses jalan menuju Pantai Timang. Image source
Akses jalan menuju Pantai Timang belum sepenuhnya mulus. Jadi wisatawan diharap berhati- hati di jalan menuju pantai ini. Sekali lagi, pilih kendaraan yang pas dan mumpuni.

Masih banyak akses jalan di lokasi- lokasi wisata di Gunungkidul yang masih cukup sulit dilalui, memacu adrenalin, dan membutuhkan tenaga ekstra serta kesigapan pengendara kendaraan. Dan yang pasti, pilih kendaraan yang tangguh untuk menghadapi medan yang menantang.

Kalau saya sih, Toyota Rush pastinya.
Toyota Rush.... Unleash yourself! :)


Artikel ini diikutsertakan dalam Adrenaline Rush Blogging Competition


Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

0 komentar:

 

Delicious Cupcakes Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
and web hosting