26/02/14

Soal Asah Otak





Hai teman- teman...
Silakan jawab pertanyaan- pertanyaan di bawah ini. Semoga sukses ya. :)

1. Sebutkan 3 angka yang jika ditambahkan dan dikalikan akan mempunyai hasil yang sama? Contoh 0+0+0 = 0x0x0

2. Baca soal ini:
  5743 = 1285
  6297 = 4182
  3839 = 2247
  4258 = 3102
  2345 = ....

3. Sebuah lubang di tanah mempunyai panjang 5 meter, lebar 5 meter, dan kedalaman 5 meter. Berapakah volume tanah tersebut?

4. Mana yang lebih berat besi 100 kg atau kapas 100 kg?

5. Jika 1 telur butuh 10 menit untuk direbus, bagaimana jika 10 telur?

6. Coba tuliskan angka 100 dari angka 9

7. Ketika anda sudah menyalip Usain Bolt ketika posisi kedua.. Dimana sekarang posisi anda?

8. Ayah Mary punya lima anak: 1. Nana, 2. Nene, 3. Nini, 4. Nono. Siapa nama anak kelima?

9. Isilah (....) di bawah!!!
 Jhohan adalah ayahnya Andi. Jadi Jhohan adalah (...) dari ayahnya Andi.

10. Aku ada di setiap ikan bakar. Jika aku ditambah S maka aku ada di pohon- pohon.. Jika S diganti K maka aku ada di lautan. Jika K diganti B maka aku ada do toko- toko atau kios- kios. Apakah aku?

11. Berapa kali angka 7 muncul di antara bilangan 1 sampai 100

12. Coba tuliskan angka 1000 dengan penjumlahan angka 8 (urutkan dari yang terbesar dulu)

13. Suatu hari di cuaca yang mendung ada 3 sahabat (Tiwi, Tono, Tara), kemudian ada seorang yang memberikan payung. Tono yang memegang payung, Tiwi di kiri dan Tara di kanan. Siapa yang terkena hujan?

14. Mana yang lebih besar? Pernyataan A atau B
  A = 18 persen dari 81
  B = 81 persen dari 18

15. Jika pita yang panjangnya 28 cm dipotong menjadi 2, dimana bagian yang pertama 2/5 dari yang satunya. Berapa panjang bagian pita yang pendek?

16. Umurku sekarang 10 tahun, umur adikku setengah dari umurku. Jika aku berumur 30 tahun, berapakah umur adikku?

17. Bila seorang bankir memiliki 3 anak, jhony, sita, karina dan memiliki istri bernama kirana. Jadi siapakah nama bankir itu?

18. Saat itu kamu mulai tidur pukul 8 malam dan menyetel jam weker untuk berdering pukul 9 pagi. Berapa lama kamu tertidur sebelum terbangun oleh deringan jam weker?

*)Sumber dari salah satu game di android

Continue reading...

25/02/14

Berhijab itu Kewajiban


Tutupi apa yang seharusnya ditutup. Jaga dari pandangan- pandangan yang tak semestinya. Jika diibaratkan sebagai roti, misal s**iroti, bukantah semakin rapat bungkus, maka semakin terjaga rotinya. Jika dimakan, roti masih terasa empuk dan lezat. Berbeda halnya jika roti itu tak sempurna bungkusnya, bahkan tak berbungkus. Ia akan dikerubungi lalat atau binatang yg lain. Jika dimakan sudah tidak empuk, bahkan mungkin sudah timbul jamur.

Sahabat putri sekalian, yuuk berhijab. Bukan asal hijab yang digaya- gayain, melainkan hijab yang sesuai tuntunan agama kita. Sederhana, melindungi, dan menjauhkan pandangan- pandangab lelaki lain yang tiada berhak untuk memandangi tubuh kita. Bukankah memang demikian esensi hijab itu? Memuliakan kita sebagai wanita dengan cara tidak sembarang dilihat oleh yang tidak berhak.

Jadi untuk apa berbangga diri jika tubuh kita dilihat oleh orang banyak. Kurang jelaskah jika berhijab sebagai kewajiban muslimah sudah jelas tertuang dalam Al-Qur’an? Kurang jelaskah ketika sudah dianalogikan dengan bungkus suatu makanan?

Jika ada yang mengatakan bahwa “yang dibaikkin tuh akhlaknya dong. Percuma berjilbab tapi akhlaknya buruk, perilakunya buruk.Lebih baik gue dong kalau gitu, nggak berjilbab tapi perilaku gue sejauh ini baik2 aja. Nggak aneh2. Nggak boncengan motor sampai (maaf) nungging2 kayak gitu. Terus pakaian gue nggak ketat kayak dia. Mending membaikkan perilaku dulu lah, baru berhijab”

Sahabat sekalian, berhijab dan perilaku tidak bisa dicampuradukkan seperti itu. Bukan lantas membaikkan perilaku atau akhlak baru kemudian mengenakan hijab. Bukan! Hijab merupakan KEWAJIBAN kita as muslimah setelah akil baliq. Jelas itu. Merupakan sebuah keWAJIBan. Tentu sahabat sekalian mengerti akan makna kewajiban. Ia adalah sesuatu yang HARUS/WAJIB hukumnya untuk ditunaikan. Saya percaya, muslimah yang mengenakan hijab, ia pun secara tidak langsung mendapatkan kontrol atas perilakunya. Wanita berhijab, apalagi ia sadar betul akan kewajiban berhijab, ia pasti akan otomatis membaikkan perilaku atau akhlaknya. Jika ada yg berhijab tapi masih buruk akhlaknya, itu kasuistik saja. Dan tanyakan kembali niat masing-masing dalam mengenakan hijab. Apakah semata-mata untuk menjalankan kewajiban untuk memperoleh ridho Alloh atau hanya untuk gaya- gayaan belaka untuk mendapat simpati atau pujian manusia?

So, sahabat putri sekalian, yuuk tunaikan kewajiban dengan mengenakan hijab (tentu yg syar’i sesuai tuntunan Al-Qur’an) dan baikkan akhlak kita.

Berhijab bukan sebuah keterpaksaan atau sebuah pilihan, ia merupakan sebuah keWAJIBan. :)

Kalau ada yang masih kekeuh tidak mengenakan hijab, apa mau tawar menawar sama hukumnya Alloh? Ingat sahabat sekalian, Alloh SWT menciptakan kita untuk bertaqwa, menjalankan perintahnya, dan menjauhi larangannya. Dan berhijab merupakan salah satu perintah dari Alloh SWT.

Semoga kita senantiasa dalam lindunganNya serta mendapat hidayah dariNya.

“Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak darinya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra- putra suami mereka, atau saudara- saudara laki- laki mereka, atau putra- putra saudara laki- laki mereka, atau putra- putra saudara perempuan mereka, atau wanita- wanita Islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan- pelayan laki- laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak- anak yang belum mengerti tentang aurat mereka. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu sekalian kepada Alloh, hai orang- orang yang beriman supaya kamu beruntung. ” (QS. An-Nuur: 31)


Continue reading...

18/02/14

#Akurapopo


Aku Rapopo… Mungkin rekan2 belakangan ini sering mendengar atau membaca status di sosial media dengan hashtag #akurapopo. Bagi yang suku Jawa, pasti paham artinya.

Apa sih sebenarnya arti Aku Rapopo itu? Secera sederhana, Aku Rapopo itu bisa diartikan dengan “Aku tidak apa-apa.” Dan kebanyakan dari status social media yang ada terkait hashtag #akurapopo, biasanya dituliskan dengan sebuah peristiwa yang memilukan, pedih, cemburu, penderitaan, dll. Dan saat itulah, sang pembuat status menyatakan dirinya, bahwa walau sedang dilanda kesedihan, penderitaan, cemburu, tapi ia tidak apa-apa. :)

Berikut ini saya ambilkan artikel tentang hashtag #akurapopo dari merdekadotcom:

Tagar-tagar ini cukup fenomenal di Yogyakarta. Apalagi menjadi semakin populer lantaran kota Yogyakarta parah diselimuti abu vulkanik kiriman dari Gunung Kelud.

Anang Batas misalnya. Pria yang tinggal di Yogya ini mengaku bingung karena pada saat hujan abu dirinya sedang flu, dan debu-debu itu semakin banyak dan susah untuk dibersihkan. Dia khawatir debu abu itu akan mengganggu kesehatannya.

"kamar isih akeh awu, irung isih gebras gebres...sesuk esuk kudu lungo makaryo..bingung turu nengndi, ning tetep #akurapopo :)," kata akun @anang_batas, Minggu 16 Februari 2014.

Tagar #JogjaRapopo dan #RockersGembeng juga tak kalah inspiratif. Kedua tagar itu menggambarkan rasa optimis warga Yogya untuk bisa bangun dan semangat walau diterjang musibah hujan abu vulkanik dahsyat dari Gunung Kelud.

Selain itu, tagar #RockersGembeng ini juga ramai mengudara di Twitter. Rockers Gembeng merupakan acara pentas musisi-musisi lintas usia di Yogya. Uniknya mereka yang tampil itu adalah rocker-rocker yang harus menyanyikan lagu-lagu cengeng (gembeng) dan lagu cinta.

Dalam konser singkat itu, para musisi-musisi spontan meminta kepada penonton yang datang untuk mau menyumbangkan sedikit uangnya untuk bisa disumbangkan ke Kediri dan sekitarnya.

"#RockersGembeng (konser amal) akhirnya mengumpulkan dana Rp 3.620.200 yg akan kami sampaikan pd yg berhak #PrayForKelud," kata kicauan akun @ABPrass, Jumat 14 Februari 2014 lalu.

"Nyobain ke atap, bersihin debu.. Kepleset, celana jas ujan malah robek. #JogjaRapopo," ujar akun @argamoja, Sabtu 15 Februari 2014.

"Ketika warga jogja merindukan hujan, ketika itu pula hujan tidak datang2 :) #jogjarapopo," ujar kicauan akun Twitter @rizalase, Sabtu 15 Februari 2014.
Continue reading...

Hashtag Instagram Terpopuler




The Best Of The Best hashtag yang paling populer di instagram. Nih...!!

Hashtag Terpopuler
#love #TagsForLikes #instagood #tweegram #photooftheday #iphonesia #instamood #me #cute #igers #picoftheday #iphoneonly #instagramhub #summer #tbt #girl #instadaily #jj #beautiful #bestoftheday #sky #food #webstagram #picstitch #nofilter #fashion #food #happy #sun #instagramers

Hashtag Populer 2
#fun #instagramers #TagsForLikes #food #smile #followme #pretty #beach #nature #onedirection #friends #dog #hair #sunset #throwbackthursday #instagood #swag #blue #statigram #hot #funny #life #art #instahub #photo #lol #cool #pink #bestoftheday #clouds

Hastag Populer 3
#amazing #TagsForLikes #like #all_shots #textgram #family #instago #igaddict #awesome #girls #instagood #my #bored #baby #music #red #green #water #harrystyles #bestoftheday #black #party #white #yum #flower #2012 #night #instalove #niallhoran #jj_forum

General (Nature Tags)
#nature #TagsForLikes #sky #sun #summer #beach #beautiful #pretty #sunset #sunrise #blue #flowers #night #tree #twilight #clouds #beauty #light #cloudporn #photooftheday #love #green #skylovers #dusk #weather #day #skypainters #red #iphonesia #mothernature

Beach (Nature Tags)
#beach #sun #nature #water #TagsForLikes #TFLers #ocean #lake #instagood #photooftheday #beautiful #sky #clouds #cloudporn #fun #pretty #sand #reflection #amazing #beauty #beautiful #shore #waterfoam #seashore #waves #wave

Sunset/Sunrise (Nature Tags)
#sunset #sunrise #sun #TagsForLikes #TFLers #pretty #beautiful #red #orange #pink #sky #skyporn #cloudporn #nature #clouds #horizon #photooftheday #instagood #gorgeous #warm #view #night #morning #silhouette #instasky #all_sunsets

Flowers (Nature Tags)
#flowers #flower #TagsForLikes #petal #petals #nature #beautiful #love #pretty #plants #blossom #sopretty #spring #summer #flowerstagram #flowersofinstagram #flowerstyles_gf #flowerslovers #flowerporn #botanical #floral #florals #insta_pick_blossom #flowermagic #instablooms #bloom #blooms #botanical #floweroftheday

Sun (Nature Tags)
#sun #sunny #sunnyday #TagsForLikes #sunnydays #sunlight #light #sunshine #shine #nature #sky #skywatcher #thesun #sunrays #photooftheday #beautiful #beautifulday #weather #summer #goodday #goodweater #instasunny #instasun #instagood #clearskies #clearsky #blueskies #lookup #bright #brightsun

Nih yang pamungkas banget (Bocoran) dari Statigram

#love #instagood #me #cute #tbt #photooftheday #instamood #iphonesia #picoftheday #igersgirl #beautiful #tweegram #instadaily #summer #instagramhub #follow #iphoneonly #bestoftheday #igdaily #happy #picstitch #webstagram #skyfashion #jjnofilter #followme #fun #smile #sun #pretty #instagramers #food #like #friends #lol #hair #nature #swag #onedirection #bored #funny #life #cool #beach #blue #dog #pink #art #hot #my #sunset #family #versagram #photoinstahub #statigram #amazing #cat #girls #throw #backthurs #day #awesome #clouds #repost #baby #red #music #party #black #instalove #textgram #night #followback #all_shots #jj_forum #igaddict #yummy #white #yum #green #bestfriend #school #eyes #instago #sweet #likeforlike #style #harrystyles #2012 #tagsforlikes #foodporn #ignation #beauty #niallhoran #halloween #i #boy #nice #nails

NB: Jangan lupa!

- Batasan dari penggunaan Hashtag ini adalah 30 HashTag/Foto, jadi jangan sampai lebih menggunakan Tags ini yah.
- Terus, kalo bisa kamu juga harus upload di jam-jam tertentu. Misal jam 07-10 malam, atau jam 06-08 pagi. (Emang kenapa? kok harus upload jam segitu?? Udaaaaah percaya aja).
Continue reading...

UMR 2014 di Indonesia


info bocoran UMR 2014 dari Anggota Pengupahan Nasional

Rencana Pemerintah per tanggal 05 Februari 2014 pkl 0.00 WIB menyikapi tuntutan buruh maka pemerintah merespon positif dimana diputuskan akan menghapus tenaga kerja kontrak, diangkat menjadi pegawai tetap dan menaikkan gaji UMR th 2014 di Indonesia sesuai lulusan sekolah , yaitu :

SD : Rp. 2.750.000
SMP : Rp. 3.500.000
SMA : Rp. 4.260.000
D3 : Rp. 5.625.000
S1 : Rp. 7.450.000

Gaji tersebut akan dikurs ke dalam bentuk "YEN" dgn ketentuan sbb :

- YEN ono duite...
- YEN Presidene Mbahmu
- YEN Waklie Pakdemu
- YEN Mentri keuangane bapakmu
- YEN ing tawang ono lintang....
Continue reading...

Durian


Siapa tak kenal dengan Durian a.k.a Duren a.k.a Rajanya Buah. :)
Manis, kadang ada rasa agak pahit, legit, hmmm.. yummy dah pokoknya.
Dari anak2, tua muda banyak yang suka sama yang namanya Durian.
Mau Durian asli/utuh ataupun olahannya.
Dari pancake durian, es durian, dan yang lainnya.
Semua suka sama yang namanya Durian..
(malah kayak lomba pantun aja nih ^^)

Intinya, banyak yang suka sama yang namanya Durian. Tapi banyak pula yang kurang suka sama baunya. Apalagi kalau pas mau nginep di hotel tempat wisata, beberapa hotel ada yang melarang Durian untuk dibawa masuk loh. Mungkin karena baunya yang menyengat, jadi beberapa hotel menerapkan kebijakan yang melarang Durian untuk nginep di hotel mereka.

Berikut ini info dari wikipedia tentang Durian ^^

Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, namun sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.

Sesungguhnya, tumbuhan dengan nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio. Namun demikian, yang dimaksud dengan durian (tanpa imbuhan apa-apa) biasanya adalah Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan dan kadangkala ditemukan di pasar tempatan di Asia Tenggara di antaranya adalah lai (D. kutejensis), kerantungan (D. oxleyanus), durian kura-kura atau kekura (D. graveolens), serta lahung (D. dulcis). Untuk selanjutnya, uraian di bawah ini mengacu kepada D. zibethinus.

Terdapat banyak nama lokal. Nama terbanyak ditemukan di Kalimantan, yang mengacu pada berbagai varietas dan spesies yang berbeda. Durian di Jawa dikenal sebagai duren (bahasa Jawa, bahasa Betawi) dan kadu (bahasa Sunda). Di Sumatera dikenal sebagai durian dan duren (bahasa Gayo). Di Sulawesi, orang Manado menyebutnya duriang, sementara orang Toraja duliang. Di Kota Ambon dan kepulauan Lease biasa disebut sebagai Doriang. Di Pulau Seram bagian timur disebut rulen.

Durian sangat beraneka ragam. Sebagaimana disebut di muka, beberapa spesies selain durian benar (D. zibethinus) juga dianggap sebagai durian. Di Indonesia tercatat ada 20 spesies anggota Durio (dari hampir 30-an jenis), sembilan di antaranya dapat dimakan. Durian yang benar pun memiliki banyak variasi. Lembaga penelitian di Indonesia, Malaysia, dan Thailand telah merilis berbagai kultivar durian unggul. Selain itu terdapat pula ras-ras lokal yang dikenal baik namun belum mengalami tahap seleksi untuk meningkatkan kualitasnya.

Setiap 100 g salut biji mengandung 67 g air, 28,3 g karbohidrat, 2,5 g lemak, 2,5 g protein, 1,4 g serat; serta memiliki nilai energi sebesar 520 kJ. Durian juga banyak mengandung vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C; serta kalium, kalsium dan fosfor.

Karena baunya yang keras menyengat dan cenderung busuk (bagi beberapa orang), sejumlah perusahaan dan maskapai penerbangan melarang orang membawa durian, misalnya di kabin pesawat udara, di kendaraan angkutan umum ataupun dibawa ke hotel.

Bagi penggemar durian, agar tidak menimbulkan hal-hal tak menyenangkan dengan orang yang tak menyukai bau durian, dipercaya ada sebuah cara yang mudah untuk menghilangkan bau durian di jari-jari tangan dan mulut. Jari tangan dibersihkan dengan mengaduk-aduk air di dalam pangsa durian (yakni ceruk kulit buah bagian dalam, bekas tempat daging dan biji durian menempel) dan air adukan tersebut tidak dibuang, tetapi digunakan untuk berkumur, hal itu dinilai efektif.

Setiap orang mempunyai caranya sendiri dalam memilih buah durian terbaik. Masing-masing orang percaya bahwa cara pemilihannya dapat menghasilkan buah terbaik.

Durian adalah buah musiman yang dulunya dipanen sekali setahun. Sekarang panen durian dapat dilakukan hingga dua kali setahun. Hal ini meningkatkan persaingan di antara para penjual eceran.

Memilih buah yang tepat amat penting apabila penjual menjual buah sebagaimana adanya, tanpa boleh dibuka. Sekarang penjual umumnya mau membuka buah untuk membuktikan isinya. Dengan cara ini, keahlian dalam memilih pun menjadi kurang penting.
Mencium bau durian sebelum membeli

Orang dapat memilih durian dengan mudah di kebun. Buah dari pohon yang sama umumnya mempunyai ciri-ciri yang serupa. Lazimnya buah di kebun dibiarkan masak dan jatuh dari pohonnya ("duren jatuhan"). Pemilihan buah di luar kebun lebih rumit. Berikut ini adalah sebagian dari pedoman seleksi yang dapat digunakan:

- Kesegaran buah dapat ditentukan dari tangkainya. Apabila buah telah jatuh dari pohon, tangkainya akan mulai mengering. Penjual yang tidak jujur akan mencoba untuk membalut atau mengecat tangkai untuk menghalangi pembeli mengenali kesegarannya. Penjual yang kurang pintar mungkin malah akan membuang tangkai durian.

- Kebanyakan peminat menggemari buah durian yang kering dan matang. Sebuah cara mudah untuk mengetahui apakah isi durian itu kering tanpa membuka buah adalah dengan menggoncangkan buah dan merasakan getaran kecil. Isi durian yang lembap melekat pada kulit buah. Isi durian yang kering cenderung untuk berpisah dari dinding buah. Orang mestilah berhati-hati agar tidak tergores oleh duri buah durian ketika melakukan ini.

- Durian mungkin diserang oleh ulat perusak yang bertelur di dalam buah yang berkembang menjadi larva. Ketika membeli buah durian pembeli harus menghindari buah yang berlubang pada kulitnyanya karena sering kali ini merupakan tanda adanya "ulat" di dalam buah.

Orang yang baru belajar membeli durian dianjurkan membeli durian yang telah siap dibuka karena membelah durian agak sukar. Biasanya kita dapat dengan mudah menemukan penjual yang memberi pelayanan membelah durian. Bila pembeli sudah setuju untuk membelinya, penjual biasanya akan membelah durian sebagai pelayanannya. Mereka bersedia melakukannya, meskipun mereka tidak memindahkan isinya ke dalam bungkusan lain. Namun buah durian yang sudah dibelah perlu segera dimakan karena buah itu cenderung untuk "berkeringat". Bila isi durian mulai menghasilkan air, buah durian akan kehilangan rasanya dan tidak banyak gunanya.

Orang dapat belajar membelah durian dengan hati-hati dengan peralatan yang biasa terdapat. Periksalah kulit luar buah untuk menemukan "garis" (kampuh) sepanjang permukaan di mana duri durian tersusun membentuk garis lurus. Umumnya terdapat hingga 5 garis sepanjang permukaan buah durian.

Bagian tangkai durian harus dibalikkan dan garis urat durian akan bertemu pada satu titik di ujung buah. Pelan-pelan tusukkan benda tajam (pisau) pada titik ini, lalu goreskan sepanjang "garis" yang sudah terlihat sebelumnya. Sarung tangan atau sehelai kain yang tebal dapat digunakan untuk memegang buah durian dengan sebelah tangan, sementara tangan yang satunya untuk melakukan tugas ini. Waspadai risiko tertusuk duri durian.

Bila kulit buah durian telah terbuka menjadi dua bagian, isi di dalam telah siap untuk dimakan. Ruas selebihnya dapat dibelah dengan menggunakan telapak tangan dengan cara merobek ujung kulit durian sedikit pada sepanjang pusat titik tengah sebelumnya.


Manfaat Durian
Kata orang, durian berbahaya karena dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah. Namun, beruntunglah mereka yang menggemari dan tidak berpantang makan King of Fruits itu. Sebab durian sangatlah bergizi. Buah itu mengandung vitamin B, C, E dan zat besi.

Tidak hanya pada daging buahnya saja, tetapi juga pada kulit dan daunnya. Namun tidak banyak orang mengetahuinya, bahkan kadangkala mereka menganggap durian adalah buah yang dapat menyebabkan penyakit. Pendapat mereka itu tidak sepenuhnya salah, karena makan buah durian dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu kadar kolesterol dalam durian juga cukup tinggi.

Tetapi durian merupakan makanan sehat yang baik untuk tubuh jika dimakan tanpa berlebihan. Di dalam daging buah durian mengandung banyak sekali zat gizi, di antaranya adalah karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium (Ca), fosfor (P), asam folat, magnesium (Mg), potasium/kalium (K), zat besi (Fe), zinc, mangaan (Mn), tembaga (Cu), karoten, vitamin C, thiamin, niacin, dan riboflavin. Durian juga mengandung gula yang cukup banyak serta sifatnya panas sehingga penderita diabetes dan ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi durian.

Fosfor dan zat besi yang terdapat dalam durian ternyata 10 kali lebih banyak daripada buah pisang. Kandungan gizi tiap 100 gram buah durian adalah 67 gram air, 2,5 gram lemak, 28,3 gram karbohidrat, 1,4 gram serat, 2,5 gram protein, dan menghasilkan energi sebesar kurang lebih 520 kJ.
Banyak kegunaan durian untuk kesehatan. Selain mengandung vitamin-vitamin di atas, kegunaan lain durian seperti:
- Ekstrak kulit dan buah dapat digunakan untuk mengobati bengkak dan penyakit kulit.
- Bertentangan dengan kepercayaan populer, durian justru membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
- Durian juga berfungsi sebagai pembersih darah.
- Durian mengandung banyak asam amino triptofan, yang gunanya untuk mengurangi rasa gelisah, depresi dan mengobati insomnia.
- Makan durian juga menimbulkan rasa bahagia karena buah ini meningkatkan kadar serotonin dalam otak.
- Durian mengandung banyak protein lembut, yang memungkinkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang ingin membentuk otot.
- Durian juga adalah afrodisiak kelas wahid.
- Juga direkomendasikan sebagai sumber lemak mentah.
- Dapat mengatasi anemia karena durian kaya akan asam folat dan zat besi.
- Dapat mengatasi sembelit karena durian banyak mengandung serat. Selain itu kulit durian yang dilumatkan dan dioleskan ke perut dapat memudahkan buang air besar.
- Menghambat penuaan dini karena mengandung vitamin C sebagai antioksidan.
- Meningkatkan tekanan darah yang rendah karena mengandung zat besi dan sifatnya yang panas.
- Mengatasi bengkak.
- Mengobati penyakit ruam pada kulit (kurap).
- Baik untuk kesehatan tulang dan persendian karena mengandung kalsium, potasium, dan berbagai vitamin B.
- Kandungan mangaan dapat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.
- Buahnya dapat sebagai obat penyakit kuning.
- Meningkatkan nafsu makan karena mengandung niasin dan thiamin.
- Riboflavin (vitamin B2) dapat membantu mengatasi migrain.
- Memelihara kesehatan tiroid karena kandungan tembaganya.
- Dapat mengurangi stres dan depresi karena kandungan piridoksin (B6).
- Baik untuk kesehatan gigi karena mengandung fosfor (P).
- Kulit buah durian dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk.
- Akar dan air seduhan daun durian dapat sebagai antipiretik.
- Akarnya dapat untuk mengobati infeksi pada kuku.

Walau punya banyak fungsi, bukan berarti kita harus mengonsumsi buah ini dalam jumlah yang berlebih. Semua ada takarannya. Wanita hamil dan orang yang menderita hipertensi tidak dianjurkan untuk makan durian.
Sebenarnya mengonsumsi 100 gram durian pun sudah cukup. Sebab, dalam 100 gram itu saja sudah relatif banyak gizi yang kita peroleh.

Demikianlah sekian banyak manfaat durian yang akan didapatkan, selama tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Continue reading...

13/02/14

Tanda- Tanda dari Hewan Jika Akan Terjadi Bencana Alam


Sesungguhnya Allah Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui terhadap semua yang dilaksanakan dan ditetapkan. Sebagaimana juga Allah Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui terhadap semua syari’at dan semua yang diperintahkan. Allah menciptakan tanda-tanda apa saja yang dikehendakiNya, dan menetapkannya untuk menakut-nakuti hambaNya. Mengingatkan terhadap kewajiban mereka, yang merupakan hak Allah Azza wa Jalla. Mengingatkan mereka dari perbuatan syirik dan melanggar perintah serta melakukan yang dilarang.

Sebagaimana firman Allah.

“Artinya : Dan tidaklah Kami memberi tanda-tanda itu melainkan untuk menakut­nakuti” [Al-Israa : 59]

FirmanNya

“Artinya : Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al­Qur’an itu benar. Dan apakah Rabb-mu tidak cukup (bagi kamu), bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu” [Fushilat : 53]

Allah Aza wa Jalla berfirman.

“Artinya : Katakanlah (Wahai Muhammad) : “Dia (Allah) Maha Berkuasa untuk mengirimkan adzab kepada kalian, dari atas kalian atau dari bawah kaki kalian, atau Dia mencampurkan kamu dalam golongan-golongan (yang saling bertentangan), dan merasakan kepada sebagian kalian keganasan sebahagian yang lain” [Al-An’am : 65]

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari di dalam Shahih-nya dari Jabir bin Abdullah Radhiallahu ‘anhu , dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam,dia (Jabir) berkata : “sifat firman Allah Azza wa Jalla “ Qul huwal al-qaadiru ‘alaa an yab’atsa ‘alaikum ‘adzaaban min fawuqikum” turun, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berdo’a : “Aku berlindung dengan wajahMu”, lalu beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam melanjutkan (membaca) “ Awu min tajti arjulikum”, Rasulullah berdo’a lagi, “Aku berlindung dengan wajahMu” [1]

Diriwayatkan oleh Abu Syaikh Al-Ashbahani dari Mujtahid tentang tafsir ayat ini : “Qul huwal al-qaadiru ‘alaa an yab’atsa ‘alaikum ‘adzaaban min fawuqikum”. Beliau mengatakan, yaitu halilintar, hujan batu dan angin topan. ““ Awu min tajti arjulikum”, gempa dan tanah longsor.

Jelaslah, bahwa musibah-musibah yang terjadi pada masa-masa ini di beberapa tempat termasuk ayat-ayat (tanda-tanda) kekuasaan yang digunakan untuk menakut­nakuti para hambaNya. Semua yang terjadi di alam ini, (yakni) berupa gempa, longsor, banjir dan peritiwa lain yang menimbulkan bahaya bagi para hamba serta menimbulkan berbagai macam penderitaan, disebabkan oleh perbuatan syirik dan maksiat. Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :

“Artinya : Dan musibah apa saja yang menimpa kalian, maka disebabkan oleh perbuatan tangan kalian sendiri, dan Allah mema’afkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)” [Asy-Syuura : 30]

Berikut saya sajikan beberapa tanda- tanda dari hewan jika akan terjadi sebuah bencana alam. Saya juga belum tahu pastinya dan memang belum mengalami atau pernah mendapatkan salah satu dari tandanya. Tapi semoga bisa menjadi bahan bacaan dan renungan kita semua:

Tanda-Tanda Dari Hewan Jika Akan Terjadi Bencana Alam
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Hewan-hewan lebih dekat dengan alam daripada kebanyakan manusia. Alam merupakan tempat tinggal para hewan sejak awal mereka ada di bumi. Bahkan bila hewan dijadikan binatang peliharaan dan tinggal di rumah bersama-sama manusia, insting hewan tak berkurang. Mereka masih memiliki koneksi erat dengan alam.
Seperti yang sudah sering kita saksikan dan hadapi, banyak sekali bencana alam terjadi belakangan ini. Bahkan bisa lebih banyak lagi akibat kerusakan-kerusakan yang dibuat sendiri oleh manusia. Banjir, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, badai, topan semuanya memakan banyak korban jiwa dan materi. Pengalaman membuktikan bahwa hewan-hewan dapat mendeteksi dini bencana alam dan membuat mereka selamat dari bencana. Kita sebagai manusia dapat memperhatikan hubungan erat antara hewan dengan alam yang nantinyapun akan dapat membantu kita mengurangi resiko dari bencana alam, termasuk kemungkinan menyelamatkan nyawa kita.

Disini saya akan membagikan berbagai pengalaman manusia (termasuk pengalaman pribadi) di berbagai wilayah yang selamat dari bencana alam dengan memperhatikan tanda atau petunjuk dari hewan-hewan pada kita manusia.

IKAN LELE & GEMPA

Di Jakarta dan berbagai kota metropolitan di dunia, rumah di atas tanah harganya jauh lebih mahal daripada tinggal di apartemen. Sehingga banyak sekali penduduk yang memilih tinggal di apartemen untuk efektivitas biaya. Apartemen yang dibangun bila kita amati perkembangannya semakin tinggi struktur bangunannya. Untuk keamanan dan kenyamanan para penghuni, manajemen apartemen biasanya mengadakan latihan evakuasi, baik dari kebakaran atau gempa. Ini hal yang cukup baik mengurangi resiko kecelakaan dan banyaknya korban. Bagi penghuni apartemen di lantai atas, evakuasi memakan waktu cukup lama.

Bagi para penghuni apartemen, hal lain yang dapat dimanfaatkan adalah dengan memelihara ikan lele. Sekelompok lele dipelihara dalam akuarium kaca atau kolam dalam apartemen. Lele memikiki sensitifitas tinggi terhadap pergerakan tanah termasuk gempa, bahkan walaupun lele diletakkan di lantai tinggi apartemen. Di Jepang, sangat disarankan bagi para penghuni partemen untuk memelihara ikan ini. Bila suatu getaran dalam tanah terjadi dan membentuk gempa, maka lele-lele peliharaan ini akan berkecipuk aktif dan mengibas-ibaskan air akuarium/kolam. Sebelum berita gempa muncul di TV atau radio, penghuni apartemen dapat bergegas melakukan evakuasi penyelamatan.

GAJAH & KRAKATAU

27 Agustus 1883 pulau gunung berapi Krakatau meletus. Gunung laut di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatera ini meletus dasyat memberikan catatat terhebatnya di zaman modern. Lebih dari 36 ribu jiwa tewas baik langsung atau tidak langsung akibat letusannya.

Sebuah cerita kecil menarik perhatian para peneliti. Kota Lampung di Sumatra Bagian Selatan, yang bersebrangan dengan Krakatau. Seminggu sebelum meletus, terdapat sebuah sirkus di Lampung. Sirkus itu memiliki gajah kecil. Tiba-tiba saja gajah kecil itu meraung-raung berlarian kesana kemari dan susah dihentikan. Pawangnya dan orang-orang sirkus sangat kesulitan menghentikan kenakalan si gajah. Tak ada yang mengerti mengapa si gajah berlaku seperti itu. Lalu seminggu setelah itu Krakatau meletus. Sepertinya si gajah kecil sudah tahu terlebih dahulu akan letupan-letupan gunung dan sudah merasakan getaran-getarannya sebelum letusan hebatnya terjadi.

GAJAH & TSUNAMI

26th Desember 2004, gempa berskala besar terjadi di laut Aceh. Beberpa menit kemudian, gelombang tsunaminya melahap pantai-pantai Negara Asia Tenggara. Tak ada yang pernah menyangka akan kejadiaan ini sebelumnya. Layaknya kisah dalam kitab suci, banjir di zaman Nuh, tsunami ini menewaskan ratusan ribu orang dan kerugian material yang tak terhitung.

Satu pulau kecil di Thailand. Seorang gadis cilik berlibur bersama keluarganya. Sudah beberapa kali ia mengunjungi pulau itu. Setiap kunjungannya ia selalu menyempatkan berjalan-jalan dengan mengendarai gajah. Gajah yang ia kendarai juga selalu gajah yang sama. Pagi itu, bersama pawang gajah, gadis cilik menegendarai gajah di pinggir pantai. Sedang asiknya mereka menikmati pemandangan alam dan semilir angin pantai di atas punggung gajah, tiba-tiba saja si gajah berlari cepat, seperti ketakutan. Kontan si gadis menjerit. Si gajah tak mempedulikan dan terus berlari. Pawannyapun ikut mengejar gajahnya. Gajah berlari dan membawa si gadis cilik sampai sebuah bukit. Di atas bukit, si gadis cilik, pawang dan gajah menatap kaku. Ombak sangat besar melahap pantai tempat mereka jalan-jalan. Mereka sangat bersyukur dan tambah menyayangi si gajah. Bila gajah tak berlari, maka mereka bertiga pasti tewas menjadi korban tsunami.

ANJING & BADAI

Ini merupakan riset oleh seorang pengamat hewan peliharaan di Amerika. Perhatikan berita atau pengumuman kehilangan hewan di Koran. Rata-rata tiap hari hanya 5% pemilik kehilangan anjing peliharaan mereka. Bila tiba-tiba berita atau pengumuman kehilangan ini melonjak hingga 20-30%, dipastikan akan datang sebuah bencana alam dalam waktu satu hingga tiga hari ke depan. Sepertinya anjing-anjing itu sudah tahu sebelumnya, kemudian kabur dari pemiliknya untuk menyelamatkan diri.

LUMBA-LUMBA & TSUNAMI

Sekelompok turis tiba di sebuah pulau kecil di Thailand. Mereka menyewa satu perahu dan pelatih professional scuba
diving tuk berenang di perairan laut pulau tersebut. Mereka berangkat dini hari. Di atas kapal mereka baru saja bersiap-siap dengan peralatan renang mereka dan akan menyeburkan diri menyelam di laut. Namun, tiba-tiba sekelompok lumba-lumba datang ke perahu. Awalnya mereka senang melihat kehadiran lumba-lumba ini. Namun, para penyelam ini menyadari keanehan pada lumba-lumba. Sepertinya lumba-lumba teriak-teriak mengeluarkan suaranya dan loncat-loncat ingin diperhatikan. Salah satu penyelam menangkap tanda ini dan sepertinya lumba-lumba ingin diikuti ke arah mana mereka berenang. Mereka tak jadi menyelam tapi langsung mengarahkan kapal mengikuti lumba-lumba tersebut. Ternyata mereka menjauhi pantai menuju laut yang lebih jauh. Baru mereka sadari beberapa jam setelah itu mereka kembali ke pulau mereka menginap dan melihat pantai dan hotel-hotel telah habis oleh tsunami yang terjadi tahun 2006 itu.

CAPUNG & BANJIR

Perhatikan hewan ini di sekitar tempat tinggal kita, terutama jumlahnya. Biasanya capung terbang disekitar kita sedikit dan jarang. Agak berbeda bila tempat tinggal kita dekat dengan sungai atau danau, mereka sering terbang ke sekeliling rumah dan berkelompok. Bila tiba-tiba mereka terbang sekeliling area tempat tinggal kita dalam jumlah banyak atau sangat banyak, maka mereka menandakan air akan naik.
Bisa air laut naik atau air sungai meluap naik dan efeknya adalah : banjir.

BURUNG & PETUNJUK-PETUNJUK MEREKA

Burung-burung memberikan banyak tanda pada manusia. Mereka menjadi sahabat dan penyelamat manusia tak hanya dalam hal bencana alam skala besar, tapi juga mengenai hal-hal kecil dalam kehidupan. Saya memperhatikan kehadiran burung dan siulan mereka dalam keseharian. Menyadari bahwa burung-burung adalah penyelamat jiwa manusia dan pemberi petunjuk banyak hal, maka sebaiknya kita tak berburu dan membunuh burung. Kehadiran mereka di alam, termasuk di lingkungan tempat kita di perkotaan, menjadi alarm terbaik bagi kita manusia.

Tanda-tanda dari para burung :19 Oktober 1987 tragedi Bintaro. Kecelakaan tragis antara dua kereta berlokasi di Bintaro. Tabrakan dua kereta ini menewaskan 130an orang. Sepupu saya berada di salah satu kereta tersebut. Ia selamat tanpa terluka sedikitpun. Dan sebuah kenangan yang tak akan ia lupakan, dituturkan pada siapapun yang bertanya padanya tentang kecelakaan kereta tersebut. Sebelum kecelakaan, sepupu saya berada di gerbong ketiga sebelum gerbong terakhir kereta. Keretannya meluncur dari Tanah Abang menuju Bintaro. Saat itu ia agak mengantuk. Tiba2 ia mendengar orang-orang berteriak, “Hai-hai, lihat! Burung bagus…cantik sekali”. Semua penumpang di gerbong menatap seekor burung cantik berwarna-warni yang entah dari mana ia datang. Burung cantik itu berkeliaran di dalam gerbong. Dan terbang ke gerbong berikutnya. Entah bagaimana banyak sekali penumpang karena terpana melihat cantiknya burung itu, mereka mengikuti burung itu. Dan tak sadar mereka semua sudah sampai gerbong paling belakang. Barulah para penumpang dikagetkan oleh bunyi tabrakan kereta dan goncangan besar. Gerbong terakhir tak terguling. Sepupu saya dan para penumpang lainnya di gerbong tersebut berusaha keluar dari kereta kemudian melihat kereta yang mereka naiki tabrakan dengan kereta yang berlawanan arah. Sepupu saya bersyukur, bila ia dan penumpang lainnya tidak mengikuti burung cantik itu, maka mereka bisa saja jadi korban. Tiga belas tahun kemudian, dalam sebuah kegiatan, saya berkenalan dengan seseorang baik. Usianya jauh di atas saya. Karena kami akrab maka saya menganggapnya sebagai paman saya sendiri. Entah bagaimana, tiba-tiba dalam sebuah percakapan antara saya dan paman baru saya ini, ia bercerita pernah diselamatkan oleh seekor burung. Saya bertanya, di mana dan kapan terjadinya. Ternyata, paman saya ini merupakan salah satu penumpang yang selamat dari tragedi Bintaro, karena mengikuti seekor burung cantik. Paman baru saya dan sepupu saya berada di gerbong yang sama, gerbong terakhir kereta dan mereka selamat.
27 Maret 2009 bencana runtuhnya waduk Situ Gintung di Tangerang, Banten. Situ Gintung merupakan waduk buatan sebagai penampungan air hujan dan pengairan sawah. Dibangun tahun 1932-1933, dengan luas 31 ha. Sejak 1970an, fungsi waduk berkembang menjadi tempat wisata alam dengan dibangunnya restoran, kolam renang dan tempat outbond. Lokasi tempat tinggal saya sangat jauh dari Situ Gintung, beda provinsi. Saya tinggal di Jakarta Timur. Seminggu sebelum bencana, seekor burung selalu muncul di malam hari dan bersiul-siul di area perumahan kami. Ia muncul terus di malam atau tengah malam selama satu minggu. Saya dan keluarga sangat heran. Berita apa lagi yang di bawa si burung pada kami. Salah satu tetangga kami juga menyadari kehadiran si burung, namun kami semua hanya menunggu akan terjadinya sesuatu. Kami mulai mengawasi berita di TV dan radio. Hingga seminggu kemudian pagi harinya sebelum kerja, berita mengejutkan muncul. Waduk Situ Gintung pukul 4 pagi runtuh dan melahap wilayah sekitarnya. Korban tewas sedikitnya 99 orang. Air waduk sebanyak 2,1 juta meter kubik jebol dari dinding waduk dan melibas apapun di bawahnya termasuk perumahan, pabrik makanan, sekolah dan bangunan-bangunan lain. Tak ada yang mengira waduk yang dikira kokoh, ternyata bisa jebol dan memakan banyak korban. Sejak itu, sepertinya pemerintah berusaha mengecek dan membenahi waduk-waduk lainnya agar bencana seperti ini tak terulang lagi.Gempa Tasikmalaya 2 September 2009. Seperti yang saya terangkan sebelumnya bahwa tempat tinggal saya di Jakarta Timur, berarti jauh sekali dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Sebulan sebelum bencana tanda-tanda alam sudah muncul. Salah satunya seekor burung yang datang di area perumahan kami. Ia datang tiap beberapa hari sekali, tidak tiap hari sekali. Bisa sore hari, malam dan tengah malam. Kami memperhatikan kehadiran si burung. Pasti ia sedang memberi tanda. Sampai dua minggu tak ada berita apapun di TV. Hal penting lain yang menjadi perhatian kami adalah awan gempa! Saya berkeliling Jawa Barat. Awan garis garis lurus vertikal maupun horizontal sudah ada beberapa bulan sebelumnya. Mendekati hari gempa, awan-awan ini semakin banyak muncul. Setiap muncul awan ini di hadapan saya, saya selalu mengambil gambarnya dengan kamera handphone.Ada hal lain yang juga mendapat perhatian saya. Hampir tiap keluarga di lingkungan tempat tinggal saya, anak kecil atau bayi mereka sakit. Entah demam atau flu. Saya menyelidiki lebih jauh pada teman-teman saya yang tinggal berbeda lokasi dan sangat jauh lokasinya dari saya. Ternyata hampir semua teman saya di Jawa dan Bali yang memiliki anak kecil atau bayi, anak-anak ini terkena demam (demam berdarah, tifus), flu atau batuk. Sangat heran akan hal ini, maka kami sekeluarga agak waspada. Mulai kami membicarakan dengan tetangga yang bisa paham dengan hal ini. Mereka juga yakin akan terjadi sesuatu dari beberapa tanda alam ini. Total 1 bulan sejak kehadiran awal si burung, barulah gempa bumi hebat terjadi di laut dekat Tasikmalaya (kota di atas gunung) dan getaran gempa dirasakan di seluruh pulau Jawa dan Bali. Gempa bersekala besar 7.2 SR ini memakan korban 60an tewas di Jawa Barat. Tercatat puluhan orang masih terkubur di bawah longsoran perbukitan di daerah Cianjur akibat getaran gempa yang cukup besar itu.

Hal lain terjadi pada saudara saya. Kantornya berada di Bekasi, Jawa Barat. Sekitar 90 menit perjalanan dari Jakarta Timur. Sepuluh menit sebelum gempa Tasikmalaya, sepasang burung gereja masuk kantornya. Sepertinya burung-burung kecil itu kehilangan daya navigasi karena mereka menabrak-nabrak dinding dan kaca kantor. Bersama rekannya, saudara saya mengeluarkan kedua burung itu. Tak lama dari itu mereka merasakan guncangan gempa. Ternyata, gempa dapat mengakibatkan magnetic bumi bumi berubah dan membuat para burung kehilangan daya navigasi sehingga burung-burung itu terbang kehilangan arah.

Kebanyakan dari kita berpikir bagaimana mengetahui petunjuk hewan-hewan ini, sedangkan kita tak kenal bahasa mereka. Para burung, gajah, lumba-lumba dan hewan-hewan lain, memberi petunjuk pada kita dengan caranya masing-masing. Bahasa pasti tak sama, namun maksudnya dapat kita pahami. Hukum alam mengatakan : bila kita memperhatikan sesuatu hal, pasti hal tersebut akan balik memperhatikan kita. Maka bila kita mulai memperhatikan keberadaan hewan-hewan di sekitar kita, energi kita, perhatian kita, cinta kita, pada mereka akan mereka terima. Secara alamiah, mereka terkoneksi dengan kita. Maka siap-siaplah kita tuk mendapatkan sesuatu dari mereka, kapanpun mereka bisa datang bersama petunjuk-petunjuknya.

Belajar dari pengalaman-pengalaman di atas, kita patut menyadari bahwa sebagai manusia kita tak dapat memutuskan hubungan dengan alam. Tak cukup hanya berhubungan dengan sesama manusia. Manusia hanya bagian kecil dari alam. Hewan-hewan, tumbuhan, tanah, air, sungai, laut, awan, gunung-gunung semua bagian alam, bagian dari diri kita, rantai ekosistem yang penting, rantai keseimbangan kehidupan di bumi. Rasa saling peduli dan cinta dapat kita berikan pada semua bagian-bagian alam ini.
Continue reading...

Stop Valentine's Day


Tidak ada kejelasan, siapakah sesungguhnya yang bernama Valentine. Beragam kisah dan semuanya hanyalah dongeng tentang sosok Valentine ini. Tetapi setidaknya ada tiga dongeng yang umum tentang siapa Valentine.

PERTAMA, St Valentine adalah seorang pemuda bernama Valentino yang kematiannya pada 14 Pebruari 269M karena eksekusi oleh Raja Romawi, Claudius II(265-270).Eksekusi yang didapatnya ini karena perbuatannya yang menentang ketetapan raja, memimpin gerakan yang menolak wajib militer dan menikahkan pasangan muda-mudi, yang hal tersebut justru dilarang. Karena pada saat itu aturan yang ditetapkan adalah boleh menikah jika sudah mengikuti wajib militer.

KEDUA, Valentine seorang pastor di Roma yang berani menentang Raja Claudius IIdengan menyatakan bahwa Yesus adalah Tuhan dan menolak menyembah dewa-dewa Romawi. Ia kemudian meninggal karena dibunuh dan oleh gereja dianggap sebagai orang suci.

KETIGA, seorang yang meninggal dan dianggap sebagai martir, terjadi di Afrika di sebuah provinsi Romawi. Meninggal pada pertengahan abad ke-3 Masehi. Dia juga bernama Valentine.

(dari Islamapos)

MENYIKAPI HARI VALENTINE

Sejarah Valentine di atas menjelaskan kepada kita apa dan bagaimana Valentine’s Day itu, yang tidak lain bersumber dari paganisme orang musyrik, penyembahan berhala dan penghormatan pada pastor. Bahkan tak ada kaitannya dengan kasih sayang. Lalu kenapa kita masih juga menyambut hari valentine? Adakah ia merupakan hari yang istimewa? Adat kebiasaan? Atau hanya ikut-ikutan semata tanpa tahu asal muasalnya? Bila demikian, sangat disayangkan banyak teman-teman kita -remaja putra-putri muslim – yang terkena penyakit ikut-ikutan mengekor budaya Barat dan acara ritual agama lain.

Allah SWT berfirman :
“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya akan diminta pertangggungjawabnya? (QS. Al-Isra’ [17]: 36).

Ikut Valentine’s Day berarti menghancurkan kepribadian dan karakter kita sendiri, kepribadian muslim. Maka dari itu jauhilah kebiasaan yang jahiliyah, yang dapat merusak kepribadian kita, merusak keIslaman kita. Jika generasi muda muslim telah rusak, maka Islam ini akan mudah dihancurkan. Kita sebagai muslim memiliki karakter dan kepribadian yang khas dan istimewa berdasarkan teladan Rasulullah SAW. Tanggung jawab kita adalah menyerap, mengamalkan dan memeliharanya. Jadi, mengapa harus mengambil kepribadian orang lain yang belum tentu baik, atau bahkan nyata keburukannya? Wallahu A’lam.
Continue reading...

10/02/14

Sistem Pendidikan di Amerika


Sistem pendidikan Amerika menawarkan banyak pilihan untuk mahasiswa internasional. Ketika Anda memulai pencarian, mahasiswa dapat kewalahan dalam memilih universitas yang akan dituju, program apa yang dipilih, serta lokasi. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengenal sistem pendidikan di Amerika. Pemahaman sistem ini akan membantu Anda untuk mempersempit pilihan studi serta membangun rencana studi Anda.
Struktur Pendidikan
Sekolah Primer dan Sekunder

Untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, pelajar Amerika memasuki sekolah primer dan sekunder dalam waktu 12 tahun. Tahun-tahun ini disebut sebagai grade (kelas) 1 sampai 12. Sekitar umur 6 tahun, anak-anak A.S. memulai sekolah primer, yang disebut sebagai "elementary school (sekolah dasar)." Mereka memasuki sekolah dasar selama lima atau enam tahun dan kemudian dilanjutkan dengan sekolah sekunder.

Sekolah sekunder terdiri dari dua program: program pertama adalah "middle school (sekolah menengah)" atau "junior high school (sekolah menengah pertama)" dan program kedua adalah "high school (sekolah menengah atas)." Pelajar mendapatkan diploma atau sertifikat setelah lulus dari high school. Setelah lulus high school (grade 12), pelajar A.S. dapat melanjutkan ke college (perguruan tinggi 2-tahun) atau universitas. College atau universitas dikenal sebagai "higher education (pendidikan tinggi)."
Sistem Penilaian

"Sistem Amerika sangat bersifat terbuka, di Hongkong, Anda hanya belajar apa yang guru tulis di papan tulis. Di Amerika, Anda mendiskusikan isu-isu dan berfokus dalam banyak ide."

Paolo Kwan, Hong Kong
Administrasi Bisnis dan Inggris, Sierra College, California

Seperti layaknya pelajar Amerika, Anda harus mengirimkan transkrip akademik sebagai bagian dari pendaftaran untuk penerimaan masuk ke universitas atau college. Transkrip akademik yang memenuhi syarat adalah pernyataan resmi dari nilai akademik Anda. Di A.S., transkrip akademik termasuk "grade (nilai)" dan "Grade Point Average (GPA)/Index Prestasi Kumulatif (IPK), yang merupakan ukuran dari pencapaian akademik Anda. Mata pelajaran biasanya dinilai dengan menggunakan persentase, yang nantinya akan diubah ke dalam penilaian huruf.

Sistem penilaian dan GPA di A.S. bisa membingungkan, khususnya untuk mahasiswa internasional. Interpretasi penilaian mempunyai banyak variasi. Sebagai contoh, dua pelajar yang memasuki sekolah yang berbeda mengirimkan transkrip mereka ke universitas yang sama. Mereka sama-sama mempunyai GPA 3,5, tetapi pelajar pertama memasuki high school yang biasa-biasa saja, sedangkan pelajar kedua memasuki sekolah yang berprestasi. Universitas dapat menginterpretasi nilai GPA mereka secara berbeda karena kedua sekolah mempunyai perbedaan standar yang dramatis.

Oleh karena itu, ada beberapa hal penting yang perlu diingat:

Anda harus mencari informasi tentang penilaian A.S. yang sepadan dengan tingkat terakhir pendidikan yang telah Anda selesaikan di negara asal Anda.
Beri perhatian lebih untuk persyaratan-persyaratan penerimaan masuk dari setiap universitas dan college, serta program sarjana individu, yang bisa saja mempunyai persyaratan yang berbeda dari universitas.
Bertatap muka secara teratur dengan penasihat pendidikan atau konselor untuk meyakinkan apakah Anda memenuhi semua persyaratan.

Penasihat pendidikan atau konselor dapat memberikan bimbingan untuk memutuskan apakah Anda harus menghabiskan tambahan waktu sebanyak satu atau dua tahun untuk persiapan penerimaan masuk universitas atau college A.S. dalam memenuhi persyaratan untuk memasuki universitas di negara asal mereka, beberapa instansi pemerintah dan perusahaan tidak mengenal pendidikan A.S.
Tahun Akademik

Kalender perkuliahan biasanya dimulai pada bulan Agustus atau September dan dilanjutkan sampai bulan Mei atau Juni. Sebagian besar mahasiswa baru memulai pada musim gugur, jadi sebaiknya mahasiswa internasional juga memulai pada saat yang bersamaan. Awal-awal masa perkuliahan, merupakan saat-saat yang menyenangkan bagi mahasiswa. Merupakan saat-saat dimana Anda akan menemukan teman-teman baru, dimana semua masih dalam penyesuaian diri dengan fase baru dalam kehidupan akademik mereka. Sebagian besar mata perkuliahan dirancang untuk mahasiswa untuk diambil secara berurutan, dimulai dari musim gugur dan kemudian dilanjutkan sepanjang tahun.

Tahun akademik terdiri dari dua term yang disebut sebagai "semester." (beberapa perguruan tinggi menggunakan tiga term kalender yang disebut sebagai sistem "trimester"). Sebagian lagi menggunakan sistem kuarter dari empat term, termasuk sesi pilihan musim panas. Pada dasarnya, Anda tidak menghitung sesi musim panas, tahun akademik terdiri dari dua semester atau tiga term kuarter.
Sistem Pendidikan Tinggi A.S.: Tingkat Pendidikan

Tingkat Pertama: Undergraduate (S1)

Mahasiswa yang memasuki college atau universitas dan tidak memperoleh gelar bachelor (S1), menempuh pendidikan di tingkat undergraduate. Diperlukan waktu rata-rata empat tahun untuk memperoleh gelar bachelor. Anda dapat memulai pendidikan untuk mengejar gelar bachelor di community college (perguruan tinggi 2-tahun) atau di universitas atau college bermasa studi 4-tahun.

Dalam dua tahun pertama, Anda akan diwajibkan untuk mengambil kelas-kelas dalam mata kuliah yang berbeda, yang dikenal sebagai mata kuliah prasyarat: literatur, sains, ilmu sosial, seni, sejarah, dan lain sebagainya. Ini akan membantu Anda dalam mendapatkan pengetahuan secara umum, sebagai dasar untuk mengkhususkan diri dalam bidang studi yang lebih spesifik.

Banyak mahasiswa yang memilih community college untuk melengkapi dua tahun pertama mata kuliah prasyarat. Mereka akan memperoleh gelar transfer Associate of Arts (AA) dan kemudian dapat mentransfer ke universitas atau college bermasa studi 4-tahun.

"Major (jurusan)" adalah bidang studi spesifik dimana pendidikan Anda akan lebih diarahkan. Sebagai contoh, jika major seseorang adalah jurnalisme, mereka akan memperoleh gelar Bachelor of Arts in Journalism (Sarjana Seni di Jurnalisme). Anda akan diwajibkan untuk mengambil beberapa mata kuliah dalam bidang ini dalam memenuhi persyaratan memperoleh gelar di major tersebut. Anda harus memilih major Anda pada permulaan tahun ke-3.

Sistem pendidikan Amerika mempunyai karakter yang sangat unik yaitu Anda dapat merubah major Anda lebih dari satu kali. Sangatlah wajar untuk mahasiswa Amerika untuk mengganti major karena mereka lebih unggul atau lebih berminat dalam bidang tertentu pada suatu waktu dalam studi undergraduate mereka. Meskipun sistem pendidikan Amerika sangat fleksibel, perlu diperhatikan bahwa dalam penggantian major mereka bisa saja harus mengambil mata kuliah lagi, yang berarti akan memakan waktu dan biaya yang lebih banyak.

Tingkat Kedua: Graduate (Pascasarjana) untuk mengejar Gelar Master (S2)

Saat ini, college atau lulusan universitas dengan gelar bachelor harus berpikir secara serius tentang pendidikan graduate untuk memasuki profesi khusus atau untuk meningkatkan karir mereka. Gelar ini biasanya merupakan mandatori untuk posisi yang lebih tinggi dalam ilmu perpustakaan, teknik mesin, behavioral health (kesehatan perilaku) dan pendidikan.

Selanjutnya, mahasiswa internasional dari beberapa negara hanya diijinkan untuk menempuh pendidikan di luar negeri dalam tingkat graduate. Anda harus menyelidiki kebutuhan-kebutuhan kredensial untuk mendapatkan pekerjaan di negara Anda sebelum mendaftar ke universitas postgraduate (S3) di A.S.

Program graduate biasanya divisi dari universitas atau college. Untuk menambah kesempatan dalam penerimaan masuk, Anda perlu mengambil GRE (Pengujian Nilai Pascasarjana). Beberapa program master mewajibkan nilai tertetntu, seperti LSAT untuk hukum, GRE atau GMAT untuk bisnis, dan MCAT untuk kedokteran.

Program graduate untuk mengejar gelar master pada umumnya memakan waktu satu atau dua tahun. Sebagai contoh, MBA (Master Bisnis) adalah program yang sangat populer yang dapat memakan waktu dua tahun. Program-program master lainnya seperti jurnalisme, hanya memakan waktu satu tahun.

Sebagian besar program-program master diajarkan di ruang kelas dan mahasiswa graduate harus mempersiapkan karangan yang cukup panjang yang dinamakan "master's thesis (tesis master)" atau melengkapi "master's project (proyek master)."

Tingkat Ketiga: Graduate (Pascasarjana) untuk mengejar Gelar Doctorate (Doktoral/S3)

Pencapaian gelar master merupakan langkah pertama untuk memperoleh gelar PhD (doctoral). Di beberapa perguruan tinggi, mahasiswa bisa memasuki jenjang doktoral tanpa memperoleh gelar master. Gelar PhD bisa diperoleh dalam waktu tiga tahun atau lebih. Untuk mahasiswa internasional, bisa memakan waktu lima atau enam tahun.

Dalam dua tahun pertama, sebagian besar kandidat doktoral mendaftar untuk kelas-kelas dan seminar. Setidaknya untuk satu tahun dihabiskan untuk penelitian dan menulis tesis atau disertasi yang terdiri dari pandangan, rencana, atau penelitian yang belum pernah dipublikasikan.

Disertasi doktoral adalah diskusi dan kesimpulan dari topik yang diberikan. Sebagian besar universitas yang mempunyai program doktoral juga mewajibkan kandidat mereka untuk mempunyai kemampuan membaca dalam dua bahasa asing, untuk menghabiskan waktu yang diwajibkan "in residence (dalam kediaman)," untuk lulus dalam tes yang diberikan kepada kandidat ke program PhD, dan untuk melewati tes oral dalam topik yang sama dengan disertasi.
Karaktetistik Sistem Pendidikan Tinggi A.S.
Ruangan Kelas

"Salah satu tantangan adalah cara Anda untuk mendaftar ke kelas-kelas dan membangun rencana akademik. Saya tadinya tidak tahu apa yang akan dipelajari karena saya dapat memilih banyak program. Saya bertemu dengan Angela Khoo (Penasihat Akademik) tentang kelas-kelas yang dapat saya ambil, dan semuanya menjadi lebih mudah untuk saya."

Meiyun Han, China
Studi Keperawatan, Merit College (bagian dari Peralta Community College District).

Kelas-kelas berkisar dari kelas yang besar yang diikuti oleh beberapa ratus mahasiswa sampai dengan kelas-kelas yang lebih kecil dan seminar (diskusi) yang diikuti oleh beberapa mahasiswa saja. Ruangan kelas di universitas Amerika mempunyai atmosfir yang dinamis. Anda diharapkan untuk berbagi dan mempertahankan pendapat Anda, berpartisipasi dalam diskusi kelas dan memberikan presentasi. Mahasiswa internasional menganggap ini sebagai salah satu aspek yang mengejutkan dalam sistem pendidikan Amerika.

Setiap minggu, profesor memberikan buku teks dan bahan untuk dibaca. Anda diharapkan untuk selalu up-to-date sehingga Anda dapat berpartisipasi dalam diskusi-diskusi di dalam kelas dan mengerti tentang pelajaran yang diberikan. Beberapa program tertentu juga mewajibkan mahasiswa untuk menghabiskan waktu di laboratorium.

Para profesor memberikan nilai-nilai untuk setiap mahasiswa yang mengikuti mata kuliah. Nilai-nilai ini biasanya berdasarkan pada:

Setiap profesor mempunyai persyaratan partisipasi kelas yang berbeda, tetapi mahasiswa diharapkan untuk berpartisipasi dalam diskusi, khususnya di dalam kelas seminar. Seringkali ini merupakan faktor yang sangat penting dalam penentuan nilai.
Ujian pertengahan semester biasanya diberikan dalam jam kuliah.
Salah satu dari beberapa penelitian atau laporan laboratorium harus dikirim untuk evaluasi.
Ujian singkat atau kuis. Sekali waktu profesor akan memberikan "ujian mendadak." Ujian mendadak ini tidak berpengaruh besar dalam perhitungan nilai, tetapi bertujuan untuk menginspirasi mahasiswa untuk tidak ketinggalan dalam tugas-tugas yang diberikan dan kehadiran mereka.
Ujian final akan diadakan setelah pertemuan kelas terakhir.

Kredit

Setiap mata kuliah mempunyai nilai-nilai kredit tertentu. Angka ini mempunyai kesamaan dengan jumlah waktu yang dihabiskan di dalam kelas untuk mata kuliah tersebut setiap minggunya. Mata kuliah biasanya mempunyai tiga sampai lima nilai kredit.

Program penuh-waktu di kebanyakan perguruan tinggi berjumlah 12 atau 15 kredit (empat atau lima mata kuliah per term) dan beberapa mata kuliah tertentu harus diambil sebagai persyaratan untuk lulus. Mahasiswa internasional diharapkan untuk mendaftar dalam program penuh-waktu setiap term.
Transfer

Jika mahasiswa mendaftar ke universitas baru sebelum mendapatkan gelar, setiap kredit yang didapat bisa digunakan untuk memperoleh gelar di universitas baru. Ini berarti mahasiswa dapat mentransfer ke universitas lainnya dan lulus dalam waktu yang sama.
Jenis Pendidikan Tinggi Amerika

"Saya suka jadwal yang fleksibel, kelas-kelas yang menyenangkan, dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan."

Xujie Zhao, China
Computer Networking (Jaringan Komputer), Wentworth Institute of Technology, Boston.

1. Universitas atau Perguruan Tinggi Negeri
Perguruan tinggi negeri didukung dan dijalankan oleh negara bagian atau pemerintah lokal. Setiap 50 negara bagian A.S. mempunyai paling sedikit satu universitas negeri dan beberapa college negeri. Banyak dari perguruan tinggi negeri ini mempunyai nama dari negara bagian, atau kata "state (negara bagian)" di dalam nama perguruan tinggi mereka: sebagai contoh, Washington State University dan University of Michigan.

2. Universitas atau Perguruan Tinggi Swasta
Perguruan tinggi ini dijalankan secara swasta. Biaya kuliah biasanya lebih tinggi dari perguruan tinggi negeri. Seringkali, universitas dan perguruan tinggi swasta A.S. lebih kecil daripada perguruan tinggi negeri.

Universitas dan college yang berhubungan dengan agama adalah college swasta. Perguruan tinggi ini menerima mahasiswa yang berbeda agama dan kepercayaan. Tetapi ada sebagian kecil perguruan tinggi yang lebih mengharapkan untuk menerima mahasiswa yang berkeyakinan sama.

3. Community College (Perguruan Tinggi Dua Tahun)
Community college adalah perguruan tinggi dua-tahun yang memberikan gelar associate (diploma) yang dapat ditransfer, dan juga sertifikasi. Ada banyak jenis gelar associate, tetapi faktor yang membedakan adalah apakah gelar tersebut dapat ditransfer atau tidak. Biasanya, ada dua jalur gelar primer: satu untuk transfer akademik dan yang lainnya untuk mempersiapkan mahasiswa mendapatkan pekerjaan secara langsung. Gelar universitas yang dapat ditransfer umumnya associate of arts (diploma seni) atau associate of science (diploma sains). Yang tidak dapat ditransfer adalah gelar associate of applied science (diploma sains aplikasi) dan certificates of completion (sertifikat kelulusan).

Lulusan community college pada umumnya mentransfer ke college bermasa studi 4-tahun atau universitas untuk memperoleh gelar. Karena mereka dapat mentransfer kredit-kredit yang telah diselesaikan di community college, mereka dapat melengkapi program bachelor dalam waktu dua tahun atau lebih. Banyak juga yang menawarkan ESL atau program Bahasa Inggris intensif, dimana akan mempersiapkan mahasiswa untuk mata kuliah tingkat universitas.

Jika Anda tidak berencana untuk memperoleh gelar yang lebih tinggi dari associate, Anda harus menemukan apakah gelar associate akan berguna untuk menemukan pekerjaan di negara asal Anda.

4. Institute of Technology (Lembaga Teknologi)
Institute of Technology adalah perguruan tinggi yang menyediakan pendidikan sains dan teknologi selama paling sedikit empat tahun. Beberapa mempunyai program graduate, yang lainnya menawarkan mata kuliah jangka pendek.


artikel disadur dari Study in the USA
Continue reading...

Kumpulan Gelar Akademis


Gelar Vokasi
A.P : Ahli Pratama
A.Ma : Ahli Muda
A.Md : Ahli Madya
A : Profesional Ahli
A.Ma.Pd : Ahli Muda Kependidikan
A.Md.Per: Ahli Madya Keperawatan
A.Md.Kes: Ahli Madya Kesehatan
A.Md.Bid : Ahli Madya Kebidanan
A.Md.Par : Ahli Madya Pariwisata

Gelar Sarjana
Drs : Doktorandus
Dra : Doktoranda
Ir : Insinyur
S.Ag : Sarjana Agama
S.Pd : Sarjana Pendidikan
S.Si : Sarjana Sains
S.Psi : Sarjana Psikologi
S.Hum : Sarjana Humaniora (Sastra)
S.Kom : Sarjana Komputer
S.Sn : Sarjana Seni
S.Pt : Sarjana Peternakan
S.Ked : Sarjana Kedokteran
S.Th.I : Sarjana Theologi Islam
S.Kes : Sarjana Kesehatan
S.Sos : Sarjana Sosial
S.Kar : Sarjana Karawitan
S.Fhil : Sarjana Fhilsafat
S.T : Sarjana Teknik
S.P : Sarjana Pertanian
S.S : Sarjana Sastra
S.H : Sarjana Hukum
S.E : Sarjana Ekonomi
S.Th.K : Sarjana Theologi Kristen
S.I.P : Sarjana Ilmu Politik
S.K.M : Sarjana Kesehatan Masyarakat
S.H.I : Sarjana Hukum Islam (Sarjana Hukum Internasional)
S.Sos.I : Sarjana Sosial Islam
S.Fil.I : Sarjana Filsafat Islam
S.Pd.I : Sarjana Pendidikan Islam
S.KG : Sarjana Kedokteran Gigi
S.TP : Sarjana Teknologi Pertanian
S.Pi : Sarjana Perikanan
S.Hut : Sarjana Kehutanan
S.KH : Sarjana Kedokteran Hewan
S.Ars : Sarjana Arsitek
S.Ds : Sarjana Desain
SEi : Sarjana Ekonomi Islam
S.Farm : Sarjana Farmasi
S.Apt : Sarjana Apoteker
S.Gz : Sarjana Gizi
S.In : Sarjana Intelijen
S.Kel : Sarjana Kelautan
S.IKom : Sarjana Komunikasi
S.Ners : Sarjana Keperawatan (profesi Ners.)
S.Kep : Sarjana Keperawatan
S.Mn : Sarjana Management
S.Pd.SD : Sarjana Pendidikan SD
S.S.T : Sarjana Sains Terapan
S.si : Sarjana Sosiologi

Gelar Sarjana Muda Luar Negeri
B.A : Bechelor of Arts
B.Sc : Bechelor of Science
B.Ag : Bechelor of Agriculture
B.E : Bechelor of Education (Bachelor of Engineering)
B.D : Bechleor of Divinity
B.Litt : Bechelor of Literature
B.M : Bechelor of Medicine
B.Arch : Bechelor of Architrcture
L.L.B : Bachelor of Law
BIE : Bachelor of Irgation Engineering
Bc,Kn : Bachelor Keuangan Negara
BBA : Bachelor of Busines Administration
B.Com : Bachelor of Commerce
B.Bus : Bachelor of Business
B.Eng : Bachelor of Engineering
Dipl. Ing: Diploma Ingenieur

Gelar Master Dalam Negeri
M.Hum : Magister Humaniora
M.M : Magister Manajemen
M.Si : Magister Sains
M.Kes : Magister Kesehatan
M.P : Magister Pertanian
M.Kom : Magister Komputer
M.Sn : Magister Seni
M.Pd : Magister Pendidikan
M.Ag : Magister Agama
M.T : Magister Teknik
MMSI : Magister Manajemen Sistem Informasi
M. Kn : Magister Kenotariatan
MKKK : Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja
MSA : Magister Sains Akuntansi
M.Kes : Magister Kesehatan
M.Ked : Magister Kedokteran
M.Kesja : Magister Kesehatan Kerja
MMR : Magister Manajemen Rumahsakit
MARS : Magister Administrasi Rumah Sakit
MKK : Magister Kedokteran Kerja
MKK : Magister Kedokteran Klinik

Gelar Master Luar Negeri
M.A : Master of Arts
M.Sc : Master of Science
M.Eng : Master of Engineering
M.B.A : Master of Busines Administration
M.Th : Master of Theology
Th.M : Theologiae Magister
L.L.M : Master of Laws
M.Mgt : Master of Management
M.Comp.Sc : Master of Computer Science
M.App.Sc : Master of Applied Science
M.Arch : Master of Architecture
MSIE : Master of System Industrial Engineering
M.Econ : Master of Economic
M.Eng.Sc : Master of Engineering Science
M.S : Master of Science
Mbus : Master of Business
M.Ed : Master of Education
M.Litt : Master of Literature
M.Lib : Master of Library
M.Mus : Master of Music
M.Nurs : Master of Nursing
M.F : Master of Forestry
M.F.A : Master of Fine Arts
M.R.E : Master of Religious Ediucation
M.S : Master of Science
M.P.H : Master of Public Health
MComm or Mcom : Master of Commerce

Gelar Doktor Luar Negeri
Dr : Doktor – Untuk Indonesia.
Dr.H.C : Doctor Honoris Causa
M.Phil : Master of Philosophy
Ph.D : Doctor of Philosophy
Th.D : Doctor of Theology
Ed.D : Doctor of Education
D.Comm : Doctor of Commerce
D.Eng : Doctor of Engineering
D.Sc : Doctor of Science
D.Econ : Doctor of Economic
DBA : Doctor of Business Administration
Pharm.D : Doctor of Pharmacy
D.P.H : Doctor of Public Health
D.L.S : Doctor of Library Science
D.M.D : Doctor of Dental Medicince
J.S.D : Doctor of Science of Jurisprudence

Gelar profesi
Ak : Akuntan
Apt : Apoteker
dr : Dokter
drg : Dokter gigi
Sp : Dokter spesialis
Sp.A : Spesialis Anak
Sp.An : Spesialis Anastesi
Sp.And : Spesialis Andrologi
Sp.B : Spesialis Bedah
Sp.BA : Spesialis Bedah Anak
Sp.BTKV: Spesialis Bedah Toraks Kardiovaskuler
Sp.BP : Spesialis Bedah Plastik
Sp.BS : Spesialis Bedah Syaraf
Sp.EM : Spesialis Kedaruratan Medik
Sp.F : Spesialis Kedokteran Forensik
Sp.FK : Spesialis Farmakologi Klinik
Sp.JP : Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah
Sp.KJ : Spesialis Kedokteran Jiwa atau Psikiater
Sp.KK : Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin
Sp.KN : Spesialis Kedokteran Nuklir
Sp.KO : Spesialis Kedokteran Olahraga
Sp.M : Spesialis Mata
Sp.MK : Spesialis Mikrobiologi Klinik
Sp.OG : Spesialis Obstetri & Ginekologi (kebidanan dan kandungan)
Sp.Ok : Spesialis Kedokteran Okupasi (kerja)
Sp.Onk.Rad: Spesialis Onkologi Radiasi
Sp.OT : Spesialis Bedah Orthopaedi dan Traumatologi
Sp.P : Spesialis Paru (Pulmonologi)
Sp.Perio : Spesialis Periodonsia (jaringan gusi dan penyangga gigi)
Sp.PA : Spesialis Patologi Anatomi
Sp.PD : Spesialis Penyakit Dalam
Sp.PK : Spesialis Patologi Klinik
Sp.PM : Spesialis Penyakit Mulut
Sp.Rad : Spesialis Radiologi
Sp.RM : Spesialis Rehabilitasi Medik
Sp.S : Spesialis Saraf atau Neurolog
Sp.THT-KL : Spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala Leher
Sp.U : Spesialis Urologi
Sp.Ger : Spesialis Geriatri
Sp.A (K) : artinya Spesialis Anak Konsultan
KFER : “Konsultan Fertilitilty Endokrinologi Reproduksi”
KFM : “Konsultan Feto Maternal”
FACC : “Fellow of the American College of Cardiologists”
FACP : “Fellow of the American College of Physicians”
FACS : “Fellow of the American College of Surgeons”
FESC : “Fellow of the European Society of Cardiology”
FICS : “Fellow Of the International College Of Surgeon”
FIHA : “Fellows Indonesian Heart Association”
DPM : “Doctor of Pediatric Medicine”
FAAEM : “Fellow of the American Academy of Emergency Medicine”
FAAFP : “Fellow of the American Academy of Family Physicians”
FACE : “Fellow of the American College of Endocrinology”
FACEP : “Fellow of the American College of Emergency Physicians”
FACFAS : “Fellow of the American College of Foot and Ankle Surgeons”
FACOG : “Fellow of the American College of Obstetrics and Gynecologists”
FCCP : “Fellow of the American College of Chest Physicians”
Sp.PD-KAI : Alergi-Immunologi Klinik
Sp.PD-KGEH : Gastroenterologi-Hepatologi
Sp.PD-KGer : Geriatri
Sp.PD-KGH : Ginjal-Hipertensi
Sp.PD-KHOM : Hematologi – Onkologi Medik
Sp.PD-KH : Hepatologi
Sp.PD-KKV : Kardiovaskular
Sp.PD-KEMD : Endokrin-Metabolik-Diabetes
Sp.PD-KPsi : Psikosomatik
Sp.PD-KP : Pulmonologi
Sp.PD-KR : Reumatologi
Sp.PD-KPTI : Penyakit Tropik-Infeksi
Sp.An-KIC : Perawatan Intensif/ICU
SpB.KBD : Bedah Digestif
SpB(K)Onk : Bedah Onkologi
Continue reading...

Pendekar Harum


Era kejayaan film silat mandarin di indonesia memasng sudah lewat. Akan tetapi, tetap ia tidak hilang dari hati penggemar2nya. Termasuk salah satunya.. saya. :)

Film silat semacam Pendekar Harum, Pendekar Rajawali (Yoko) memang lantas tak hilang begitu saja dari ingatan, apalagi ingatan kanak2.

Berikut ini lirik lagu ending Pendekar Harum versi Indonesia. Banyak yang masih ingat2 lupa akan liriknya. Di bawah ini saya sajikan lirik utuhnya. Dan tak banyak pula yang punya mp3nya. Saya ada, tapi suaranya nggak bersih. ^^

Duka fajar dan senja
cinta datang ku kehilangan arah
lupakan semua kenangan
dan cumbuan yang pernah terjadi

saat cinta membawa aku pun acuh
kau larang ku bertanya juga jatuh cinta
ku tak harapkan slalu engkau mengerti
dan tak dambakan keabadian.

kau tidak ingin aku terikat
dan tak ingin aku pun kecewa
aku tidak mengharapkan banyak
tak ingin mengikat mu selamanya

asmara cinta kita tlah usai
pertanda cinta tlah berakhir
percintaan berlalu biarkan ku sendiri
kehilangan gairah bahkan menambah duka.
kau tak mendengar juga tak bertanya
tinggal air mata dan sesal
hanya percintaan yang ku tunggu
hati yang luka untukmu tercinta...


NB: Banyak versi juga mengenai lirik lagunya.

Continue reading...

09/02/14

Pelangi


Ketika search judul lagu Pelangi via mbah google, tentu banyak sekali hasilnya. Banyak lagu yang menggunakan kata pelangi di judulnya. Coba tambahkan key word anda menjadi Pelangi Yuni Shara dan semacamnya. Maka akan anda dapatkan lagu lawas "Pelangi" yang dulu dipopulerkan oleh Yuni Shara. Bagus lagunya. Saya termasuk salah satu penggemar lagu2 lama salah satunya Pelangi ini. Selain itu ada Selendang Merah, Mutiara yang Hilang, Sepanjang Jalan Kenangan, dll. Menurut saya lagu2 lama lebih easy listening dan liriknya nggak aneh2 seperti sekarang. Mudah diingat dan dihafal.

Bagaikan langit berpelangi
terlukis wajah dalam mimpi
tertegun ku dibuai
dibuai dalam kenangan
dan senyuman yang takkan terlupakan


Mungkinkah tercipta kembali
malam nan penuh keindahan
sinar rembulan terasa
oh hangat menyentuh tubuh
di antara pelukan

Kau dengar laguku
dalam simfoni
tiada lagi melodi
dapatku cipta
tanpa senyummu
tiada lagi melodi
untukku.....




Continue reading...

Untukku


-Kemana langkahku pergi
Slalu ada bayangmu
Ku yakin makna nurani
Kau takkan pernah terganti

Saat lautan kau sebrangi
Janganlah ragu bersauh
Ku percaya hati kecilku
Kau takkan berpaling

Reff:
Walau keujung dunia, pasti akan kunanti
Meski ke tujuh samudra, pastu ku kan menunggu
Karena ku yakin, Kau hanya untukku

kembali ke -

Pandanglah bintang berpijar
Kau tak pernah tersembunyi
Dimana engkau berada
Disana cintaku

kembali ke Reff

(Duet):Walau ke ujung dunia
Pasti akan kunanti
Meski ketujuh samudra
Pasti ku kan menunggu (3x)

Karena ku yakin, kau hanya untukku
Karena ku yakin, kau hanya untukku
Hanya untukku

*Lagu yang dipopulerkan oleh (Alm) Chrisye
Continue reading...

"Terimakasih Guruku" AFI Junior


Pagiku cerahku
matahari bersinar…
ku gendong tas merahku
di pundak…

Slamat pagi semua
ku nantikan dirimu
di depan kelasku
menantikan kami..

Guruku tersayang
guru tercinta
tanpamu apa jadinya aku…

Tak bisa baca tulis
mengerti banyak hal..
guruku terima kasihku…

Nakalnya diriku kadang buatmu marah…
namun segala maaf kau berikan..

reff::
Guruku tersayang …
guru tercinta tanpamu apa jadinya aku…
tak bisa baca tulis mengerti banyak hal…
guruku terima kasihku…
Continue reading...

Kumpulan Kata Mutiara II


Orang yang kuat hatinya, Bukan mereka yang tidak pernah menangis, Melainkan Orang yang tetap tegar ketika banyak Orang menyakitinya.

Seberat apapun beban masalah yang kamu hadapi saat ini, percayalah bahwa semua itu tak pernah melebihi batas kemampuan kamu.

Hargai dia yg membencimu, karena dia adalah penggemar yg telah menghabiskan waktunya hanya tuk melihat setiap kesalahanmu.

Jangan menyerah atas impianmu, impian memberimu tujuan hidup. Ingatlah, sukses bukan kunci kebahagiaan, kebahagiaanlah kunci sukses. Semangat !

Jangan iri atas keberhasilan oranglain, karena kamu tidak mengetahui apa yang telah ia korbankan untuk mencapai keberhasilannya itu.

Jangan bandingkan orang yg mencintaimu dengan masa lalumu. Hargai dia yg kini berusaha membuatmu bahagia.

Wanita itu unik, mereka ingin kamu tahu bagaimana perasaannya tapi mereka tak ingin mengatakannya padamu.

Jika kamu mencintai seseorang, cintailah dia apa adanya, bukan karena kamu ingin dia menjadi seperti yang kamu inginkan, karena sesungguhnya kamu hanya mencintai cerminan diri kamu pada dirinya.

Jika kamu gagal mendapatkan sesuatu, hanya satu hal yang harus kamu lakukan, coba lagi!!!!

Janganlah kamu mencintai seseorang karena paras/wajahnya, hartanya dan jabatannya, tapi cintai karena kebaikan dan ketulusan hatinya karena diantara itu semua, hanya kebaikan dan ketulusan hatinya yang tetap abadi.

Datangilah sahabatmu di saat dia susah dan lenyaplah di saat dia bahagia, karena sesungguhnya kamulah yang akan diingat di saat dia sedang susah di saat kamu membantunya

Ketika diri kita merasa telah dikhianati dan dikecewakan, berdoalah agar suatu saat kau tak akan mengkhianati dan mengecewakan, karena kamu juga telah merasakan betapa sakitnya dikhianati dan dikecewakan.

Waktu adalah pedang, jika kamu bisa menggunakan dengan baik, maka pasti akan membawa keberuntungan, tapi jika kau menggunakan dengan buruk, pasti dia akan membunuhmu.

Berfikir positif dan optimis terlihat seperti kalimat puisi yang sepele, tapi sdarilah ini sangat penting dalam peran anda mengambil keputusan yang akan menentukan kesuksesan atau kehancuran

Berpikirlah sebelum berbicara, karena dengan begitu, kamu akan mengurangi kesalahan pun masalah yang mungkin akan terjadi.

Jika kamu memiliki keinginan tuk memulai, kamu juga harus mempunyai keberanian dan keinginan untuk menyelesaikannya, bukan hanya mengakhiri.

Seberat apapun harimu, jangan pernah biarkan seseorang membuatmu merasa bahwa kamu tak pantas mendapat apa yang kamu inginkan.

Terkadang, kamu berusaha menghindari sesuatu, bukan berarti kamu membencinya. Kamu menginginkannya tapi kamu tahu bahwa itu salah.

Jangan takut akan perubahan. Kita mungkin kehilangan sesuatu yang baik, namun kita akan peroleh sesuatu yang lebih baik lagi.

Tuhan takkan berikan cobaan melebihi kemampuanmu. Ketika putus asa, ingatlah, jika Tuhan memberinya padamu, Dia akan membantumu melewatinya.

Ketika seseorang yang sangat kamu percaya mendustaimu, ketahuilah bahwa kamu tengah belajar untuk lebih percaya pada dirimu sendiri.

Jangan terpuruk ketika kamu tengah berada dalam situasi terburuk. Tuhan memberikannya padamu, karena Dia ingin kamu lebih kuat dr sebelumnya.

Jika kamu berubah hanya karena ingin seseorang menyukaimu, maka kamu dicintai seseorang yang memang bukan dirimu.

Cinta tidak akan menuntut kesempurnaan, cinta akan memahami, menerima dan rela untuk berkorban. Karena cinta seharusnya membuatmu bahagia bukan terluka.

Ketika seseorang berusaha menjauhi hidupmu, biarkanlah. Kepergian dia hanya membuka pintu bagi seseorang yang lebih baik tuk masuk.

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Jika kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan teruslah melangkah.

Perasaan yang paling berbahaya adalah iri, karena iri hati melahirkan kebencian dan kebencian akan membunuhmu perlahan.

Orang yg pantas ditangisi tidak akan membuatmu menangis, dan orang yg membuatmu menangis tidak pernah pantas buat kau tangisi.

Dalam kehidupan tiada yang abadi, karena untuk setiap ‘Selamat Datang’ akan selalu diakhiri dengan ‘Selamnat Tinggal’

Kamu bisa memiliki apa pun yang diinginkan jika kamu mampu menghilangkan keyakinan bahwa tdk mungkin mendapatkannya.

Wahai Yang Maha Lembut,manjakanlah hatiku yang sendiri ini, bahagiakanlah aku dalam pernikahan yang penuh cinta, yang mesra, yang setia

Berhentilah mengkhawatirkan masa depan, syukurilah hari ini, dan hiduplah dengan sebaik-baiknya. Mario Teguh

Ketika kehadiranmu tak dianggap, ketahuilah bahwa kamu sedang belajar tentang cara PEDULI.

Meratapi dan menyesali masa lalu tak akan mengubah apa pun. Bangkit dan perbaiki setiap kesalahan yang ada.

Jangan berubah hanya karena ingin dicintai seseorang. Jadilah dirimu sendiri dan seseorang akan mencintai kamu apa adanya.

Mengemis cinta seseorang hanya membuatmu tidak berkualitas. Jika dia mencintaimu, kamu tak perlu mengemis cintanya.

Kejahatan terencana adalah memberikan harapan palsu tanpa ada rasa cinta.

Percayalah, cinta sejati akan menjadi milikmu ketika kamu dan dia mampu SETIA

Jika kekasih yang pas-pasan saja tidak kau dapatkan, berarti ada yang kau lakukan yang menurunkan daya tarikmu. Mario Teguh

Mengeluh hanya melahirkan rasa kasihan buka cinta.

Tersenyumlah jika kamu dihina karena itu tanda sebentar lagi kamu akan ditinggikan. Tuhan Maha Adil.

Ada yang layak diberikan kesempatan kedua. Ada yang layak dimaafkan tapi tak perlu diberi kesempatan kedua.
Continue reading...

Kumpulan Kata Mutiara


"yang paling mulia diantara manusia adalah orang yang paling banyak mengingat mati dan paling siap menghadapinya dengan bekal amal shalih." (KH. Abdullah Gymnastiar)

“Boleh jadi Allah mengabulkan harapan kita dengan tak memberi apa yang kita inginkan karena Dia Maha Tahu bahaya yang akan menimpa dibalik keinginan kita” (Aa Gym)

“Semakin ingin menunjukan diri kita agar diakui, dihormati, maka semakin tertekan, tegang dan melelahkan bathin, dan biasanya makin tak disukai.” (Aa Gym)

“Menata Hati dengan Kelembutan Cinta. “ (Aa Gym)

“Tak jujur adalah penjara, yang membuat diri dicekam takut terbongkar, mudah untuk berdusta, nikmat apapun tak akan ternikmati, maka jujur adalah hidup merdeka.” (Aa Gym)

“Hati yang bersih akan peka terhadap ilmu, apapun yang dilihat, didengar, dirasakan jadi samudera ilmu yang membuatnya kian bijak, arif dan tepat dalam menyikapi hidup ini” (Aa Gym)

“Yang penting bagi pimpinan bukan memaksa anggotanya menaati kepada perintahnya, tapi membuat paham apa yang terbaik yang harus dilakukannya dengan penuh kesadaran.” (Aa Gym)

“Sikap emosional merupakan ciri belum terampil mengendalikan diri. Bagaimana mungkin dapat mengendalikan orang lain dengan baik, bila diri sendiri kurang terkendali.” (Aa Gym)

“Komentar spontan kita mungkin hanya satu patah kata, tapi bisa melukai hati dan menimbulkan kebencian mendalam, oleh karena itu waspadalah walau hanya sepatah kata” (Aa Gym)

“Mustahil semua orang akan menyukai kita — walau kita berbuat baik semaksimal mungkin. Tak usah aneh dan kecewa, terus saja berbuat yang terbaik, karena itulah yang kembali kepada kita. (Aa Gym)

“Keberanian untuk mengatakan tak tahu untuk yang tak diketahuinya jauh akan lebih menenangkan dan dihormati daripada selalu ingin kelihatan serba tahu atau sok tahu” (Aa Gym)

“Melawan kemarahan dengan kemarahan lebih banyak menimbulkan masalah baru. Ketenangan, kejernihan dan sikap yang terkendali, insya Allah akan lebih menjadi solusi” (Aa Gym)

“Hati manusia berubah-ubah, sekarang marah mungkin besok lusa sudah reda bahkan mungkin lebih sayang kepada kita, oleh karena itu jangan mendendam atau benci ber-kepanjangan.” (Aa Gym)

“Akan ada saat hati menjadi sedih dan gelisah. Jangan biarkan larut akan mencuri hidup kita, bangkitlah, sibuklah, bergaulah dengan orang yang manfaat dan banyaklah berzikir.”(Aa Gym)

“Berani hidup harus berani menghadapi masalah, jangan takut dan jangan gentar, hadapi dengan benar dan tawakal, karena setiap masalah sudah diukur Allah sesuai kemampuan kita.” (Aa Gym)

“Konflik biasanya terjadi karena saya benar dan kamu salah, berilah kesempatan hati mengatakan kita benar dan diapun boleh jadi benar, Insya Allah akan mudah cari solusi.”(Aa Gym)

“Adakalanya Allah memberi dengan tak mengabulkan keinginan kita, karena hanya Dia yang tahu mudharatnya bila keinginan kita terpenuhi.” (Aa Gym)

“Bila kita dongkol dan tak menyukai pemarah, maka berjuanglah sekuat tenaga untuk tak jadi pemarah, karena bila sama-sama pemarah maka kita sama-sama tak disukai.” (Aa Gym)

“Dimana ada keinginan disana ada jalan, dimana tekad kian membaja rintangan tak akan jadi penghalang, kesuksesan kian menjelang.” (Aa Gym)

“Kita tak memiliki apapun dan tak dimiliki siapapun selain milik Allah. Hidup di dunia hanyalah mampir sejenak, mencari bekal untuk pulang dan menanti saat maut menjemput.” (Aa Gym)

“Kunci sukses adalah kegigihan untuk memperbaiki diri, dan kesungguhan untuk mempersembahkan yang terbaik dari hidup ini.” (Aa Gym)

“Kebiasaan melemparkan kesalahan dan tanggungjawab kepada orang lain, selain akan menambah masalah, juga akan menjatuhkan kredibilitas, dan menghilangkan kepercayaan.” (Aa Gym)

“Orang yang sedikit pengetahuan, wawasan dan pengalaman, seperti yang terbelenggu dan dipenjara oleh keterbatasannya, hidup tak akan leluasa dan sulit untuk berbahagia.” (Aa Gym)

“Hidup jauh lebih indah, aman dan menyenangkan bila saling menyayangi, namun kasih sayang tak akan datang dengan diminta, kasih sayang akan datang bila kita yang memberi.”(Aa Gym)

“Alangkah nikmatnya jadi pemaaf, batin tenang dan lapang, urusan menjadi mudah dan tuntas, hidup bahagia dan mulia serta dicintai dan dihormati orang.”(Aa Gym)

“Siapapun yang merindukan sukses, maka harus bertanya pada dirinya seberapa jauh dan sungguh-sungguh untuk berjuang, karena tiada kesuksesan tanpa perjuangan.”(Aa Gym)

“Barangsiapa yang selalu siap dan melatih diri untuk menghadapi situasi sulit, maka dia akan menghadapi kesulitan dengan tenang dan mudah.” (Aa Gym)

“Kritik yang didasari kedengkian akan cenderung menyakiti, menghina, mencaci, dan hasilnya bukan perubahan melainkan kebencian dan permusuhan.”(Aa Gym)

“Jadikanlah kebahagiaan teman kita menjadi kebahagiaan kita. Ikutlah merasa bersyukur atas nikmat yang Allah berikan kepadanya, niscaya hidup ini lebih indah dan mulia.” (Aa Gym)

“Air yang lembut bisa mempersatukan bahan besi, semen, kerikil, pasir sehingga menjadi beton yang kokoh. Memang kelembutan hatilah yang akan bisa mempersatukan.” (Aa Gym)

“Hanya orang yang tahu batas, dan disiplin dengan bataslah yang menikmati hidup, karena orang yang tak tahu batas dan berlebihan akan menimbulkan masalah.” (Aa Gym)

“Pemimpin yang bijak, tak perlu kelihatan serba ahli menyelesaikan masalah, tapi justru memberi peluang anggotanya untuk kian terampil dan percaya diri dalam mengatasai masalah.” (Aa Gym)

“Jangan takut menjadi tua, karena pasti menua. Tapi takutlah tak menjadi dewasa, karena kedewasaan sikaplah yang menjadi jalan kebahagiaan dan kemuliaan.” (Aa Gym)

“Kekuatan seorang pemimpin sejati adalah kemampuan mengendalikan diri. Bagaimana mungkin memimpin orang lain dengan baik, bila memimpin diri tak sanggup.” (Aa Gym)

“Ingatlah seseorang akan bersegera, memprioritaskan dan bersungguh-sungguh terhadap hal yang dianggapnya penting dan menguntungkan bagi dirinya, tapi tak melakukan untuk yang sebaliknya.” (Aa Gym)

“Tak perlu menjawab penghinaan dengan penghinaan lagi, cukup jawablah dengan evaluasi diri, gigih memperbaiki diri, dan beri bukti yang tak terpungkiri.” (Aa Gym)

“Jangan remehkan kesalahan sekecil apapun, karena boleh jadi yang kecil itulah yang menjadi awal malapetaka. Ketahuilah, kesalahan besar diawali terbiasa meremehkan kesalahan kecil.” (Aa Gym)

“Hentikanlah kebiasaan memotong pembicaraan orang, apalagi dengan memberi komentar yang tak enak, selain membuat suasana menjadi tegang, jadi menyakitkan dan menimbulkan permusuhan.” (Aa Gym)

”Hati-hati bila bergurau, bila berlebihan pasti akan menjadi masalah. Selain turunnya wibawa juga akan cenderung mudah berbohong dan menyakiti orang lain.” (Aa Gym)
Kata mutiara islami dari uje , “Jgn berlebihan dlm memuja seseorang.. Karna yg dipujanya saja tdk mampu menolong dirinya.. Apalagi orang lain.. Kasihan kpd yg dipujanya..”

“Duduk diam berfikir bersama Alloh sama artinya menyusun kekuatan dlm gerak dan ucap”

“aku bukan “guru” juga bukan “ustadz”.. aku hanya seseorang yg mencoba menjadi “sahabat” dlm perjalanan menuju “akhirat”.. akhir yg berat..”

“Jika bangunmu di pagi ini di awali dgn menyembah Alloh.. maka segala apa yg diciptakan_Nya akan menyembahmu..”

“Diri ini selalu ingin kelihatan baik dimata manusia yg lain.. Padahal begitu jelas keburukannya dimata_MU.. Ampuni aku.. Ampuni aku..”

“janganlah takut jadi tua, sebab tentu menua. namun takutlah tidak jadi dewasa, sebab kedewasaan sikaplah yang jadi jalur kebahagiaan dan kemuliaan.”

“Kebaikan akan mengantarkan seseorang kepada kebenaran dan kebenaran akan mengantarkan seseorang kepada puncak pengetahuan lalu menjadi rendah hati”

“Jika kita hanya boleh memilih 5 didunia ini maka pilihlah agama, harta, akhlaq mulia, rasa malu & pemurah.. Pesan luqmanul hakim kpd anaknya.”

” Hidup bukan hanya untuk hari ini,besok, atau lusa. Hidup juga untuk menuju kehidupan kekal. Tanamkan
kebaikan dalam hidup ini ”

“Maafkan” dan “Lupakan”.. itulah maaf yg sesungguhnya..

“Jika semua ibadah hanya karena ramadhan sungguh ia telah pergi berlalu, tapi jika semua karena Allah, maka takkan ada yang berubah meski ramdhan telah pergi”

Kata mutiara Abu bakar Ash siddiq ,

Orang yang cerdas ialah orang yang takwa
Orang yang dungu ialah orang yang durhaka
Orang yang dusta ialah orang yang khianat
Orang yang benar ialah orang yang dapat dipercaya.

Barang siapa yang memasuki kubur tanpa membawa bekal yaitu berupa amal shalih maka keadaannya seperti orang yang menyeberangi lautan tanpa menggunakan perahu.
Patuhilah Aku selama Aku patuh kepada Allah swt dan Rasulullah saw, bila Aku tidak mematuhi Allah swt dan Rasulullah saw, maka jangan patuhi Aku lagi.

Kami diuji dengan kesusahan, maka kami sabar, tetapi ketika diuji dengan kesenangan (kemewahan), hampir-hampir kami tidak sabar.

Tidak ada pembicaraan yang baik, jika tidak diarahkan untuk memperoleh ridha Allah swt.

Semenjak aku masuk Islam, belum pernah kukenyangkan perutku, demi dapat merasakan segarnya beribadah; dan belum pernah pula aku puas minum, karena sangat rindunya aku kepada Ilahi.

Tidak ada manfaat dari uang jika tidak dibelanjakan di jalan Allah. Tidak ada kebaikan dalam diri seseorang jika kebodohannya mengalahkan kesabarannya. Dan jika seseorang tertarik dengan pesona dunianya yang rendah, Allah swt tidak akan ridha kepadanya selama dia masih menyimpan hal itu dalam hatinya.

Ah, ingin aku jadi rumput saja, supaya dimakan oleh kuda (karena sangat ngerinya akan siksaan Allah).

Kita menemukan kedermawanan dalam Taqwa (kesadaran akan Allah), kekayaan dalam Yaqin (kepastian), dan kemuliaan dalam kerendahan hati.

Bila telah masuk waktu salat, berdirilah kalian menuju ketempat apimu yang sedang menyala dan padamkanlah ia.

Waspadalah terhadap kebanggaan, sebab kalian akan kembali ke tanah dan tubuhmu akan dimakan oleh cacing.

Tidak boleh seorang muslim menghina muslim yang lain.Yang kecil pada kaum muslimin, adalah besar pada sisi Allah.

Ketika beliau dipuji oleh orang-orang, beliau akan berdo’a kepada Allah dan berkata, “Ya Allah, Engkau mengenalku lebih baik dari diriku sendiri, dan Aku lebih mengenal diriku daripada orang-orang yang memujiku. Jadikanlah Aku lebih baik daripada yang dipikirkan oleh orang-orang ini mengenai diriku, maafkanlah dosa-dosaku yang tidak mereka ketahui, dan janganlah jadikan Aku bertanggung jawab atas apa yang mereka katakan.

Aku adalah manusia biasa dan aku bukanlah manusia yang terbaik diantara kamu. Apabila kalian lihat perbuatanku benar, maka ikutilah aku. Tapi bila kalian lihat perbuatanku salah, maka betulkanlah.

Suatu hari beliau memanggil ‘Umar ra dan menasihati nya sampai ‘Umar ra menangis. Abu Bakar ra berkata kepadanya,“Jika engkau memegang nasihatku, engkau akan selamat, dan nasihatku adalah “Harapkan kematian selalu dan hidup sesuai dengannya.

Jika kalian mengharapkan berkah Allah, berbuatlah baik terhadap hamba-hamba-Nya.

Mahasuci Allah yang tidak memberi hamba-hamba-Nya jalan untuk mendapat pengetahuan mengenai-Nya kecuali dengan jalan ketidak-berdayaan mereka dan tidak ada harapan untuk meraih pencapaian itu
Continue reading...
 

Delicious Cupcakes Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
and web hosting