18/02/14

#Akurapopo


Aku Rapopo… Mungkin rekan2 belakangan ini sering mendengar atau membaca status di sosial media dengan hashtag #akurapopo. Bagi yang suku Jawa, pasti paham artinya.

Apa sih sebenarnya arti Aku Rapopo itu? Secera sederhana, Aku Rapopo itu bisa diartikan dengan “Aku tidak apa-apa.” Dan kebanyakan dari status social media yang ada terkait hashtag #akurapopo, biasanya dituliskan dengan sebuah peristiwa yang memilukan, pedih, cemburu, penderitaan, dll. Dan saat itulah, sang pembuat status menyatakan dirinya, bahwa walau sedang dilanda kesedihan, penderitaan, cemburu, tapi ia tidak apa-apa. :)

Berikut ini saya ambilkan artikel tentang hashtag #akurapopo dari merdekadotcom:

Tagar-tagar ini cukup fenomenal di Yogyakarta. Apalagi menjadi semakin populer lantaran kota Yogyakarta parah diselimuti abu vulkanik kiriman dari Gunung Kelud.

Anang Batas misalnya. Pria yang tinggal di Yogya ini mengaku bingung karena pada saat hujan abu dirinya sedang flu, dan debu-debu itu semakin banyak dan susah untuk dibersihkan. Dia khawatir debu abu itu akan mengganggu kesehatannya.

"kamar isih akeh awu, irung isih gebras gebres...sesuk esuk kudu lungo makaryo..bingung turu nengndi, ning tetep #akurapopo :)," kata akun @anang_batas, Minggu 16 Februari 2014.

Tagar #JogjaRapopo dan #RockersGembeng juga tak kalah inspiratif. Kedua tagar itu menggambarkan rasa optimis warga Yogya untuk bisa bangun dan semangat walau diterjang musibah hujan abu vulkanik dahsyat dari Gunung Kelud.

Selain itu, tagar #RockersGembeng ini juga ramai mengudara di Twitter. Rockers Gembeng merupakan acara pentas musisi-musisi lintas usia di Yogya. Uniknya mereka yang tampil itu adalah rocker-rocker yang harus menyanyikan lagu-lagu cengeng (gembeng) dan lagu cinta.

Dalam konser singkat itu, para musisi-musisi spontan meminta kepada penonton yang datang untuk mau menyumbangkan sedikit uangnya untuk bisa disumbangkan ke Kediri dan sekitarnya.

"#RockersGembeng (konser amal) akhirnya mengumpulkan dana Rp 3.620.200 yg akan kami sampaikan pd yg berhak #PrayForKelud," kata kicauan akun @ABPrass, Jumat 14 Februari 2014 lalu.

"Nyobain ke atap, bersihin debu.. Kepleset, celana jas ujan malah robek. #JogjaRapopo," ujar akun @argamoja, Sabtu 15 Februari 2014.

"Ketika warga jogja merindukan hujan, ketika itu pula hujan tidak datang2 :) #jogjarapopo," ujar kicauan akun Twitter @rizalase, Sabtu 15 Februari 2014.

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

0 komentar:

 

Delicious Cupcakes Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
and web hosting