07/07/14

"Semua Karena Cinta" pada Tanah Air Indonesia


Sumber: disini


Aku cinta Indonesia...
Aku cinta produk Indonesia...

Slogan di atas pasti sering kita lihat dan kita dengar di mana- mana. Begitu pula dengan gambar di atas. Pasti sudah tak asing lagi. Namun, sudahkah slogan tersebut bukan hanya sebatas slogan dan branding semata? Pasti ada makna dibalik slogan yang ada. Aku cinta Indonesia memberikan kita pemahaman akan rasa cinta tanah air. Bukan hanya sebatas pemahaman, tapi juga semangat untuk mencintai Indonesia.

Namun, sudahkah semangat dan kecintaan kita akan Indonesia, kita aplikasikan dalam kehidupan nyata? Bukan sekedar slogan yang kita ucapkan atau gambar yang ter-share-kan saja?

Sudah menjadi tugas kita semua untuk senantiasa mengaplikasikan kecintaan kita akan Indonesia pada kehidupan nyata. Dan kita harus bangga dengan kekayaan dan keragaman yang dimiliki oleh bangsa kita. Keanekaragaman budaya, alam, bahasa, dan lainnya yang menjadikan Indonesia begitu kaya.

Saya pun begitu bangga dengan apa yang negeri kita punyai. Dan cara saya mengekspresikan kecintaan akan negeri ini mungkin sama dengan semua kawan yang lainnya. Mulai dari (mencoba) selalu menggunakan produk dalam negeri, sampai melakukan perjalanan ke beberapa daerah dan mempublikasikan ke media sosial agar banyak yang tahu tentang Indonesia. Menyebarkan informasi mengenai tempat wisata di Indonesia melalui media- media sosial juga menjadi salah satu cara dalam mengekspresikan kecintaan akan Indonesia.

Saya suka mendokumentasikan tempat- tempat wisata di Indonesia lalu saya upload dan tulis di media sosial yang saya punya. Mungkin tak sebagus dan tak selengkap media profesional yang meliput dengan detail dan mengambil foto dengan kualitas yang baik. Tapi, itulah salah satu hal yang dapat saya lakukan. Saya cinta Indonesia, dan bangga menjadi bagian dari negeri ini. Saya lebih bangga lagi jika dapat berkontribusi dengan cara turut serta mengenalkan Indonesia pada yang lainnya. Sekecil apapun yang dapat kita lakukan, satu hal yang pasti, itu semua karena cinta. Cinta Indonesia.

Lihatlah teman, begitu indahnya negeri kita tercinta Indonesia. Disini saya ambil dua foto yang saya ambil ketika berada di Pulau Lombok.

1. Pantai Senggigi
Pantai Senggigi. Sumber: Dokumentasi Pribadi
Pantai Senggigi merupakan pantai yang paling terkenal di Lombok. Pantai ini terletak di sebelah barat laut kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Selain panoramanya yang mengundang decak kagum, pantai Senggigi menyediakan perlengkapan dan penginapan yang lengkap dan nyaman. Jika pemandangan cerah, maka siluet cantik dari Gunung Agung, Bali dapat dilihat dari tepian Pantai Senggigi.

Gunung Agung, Bali dilihat dari Pantai Senggigi. Sumber: Dokumentasi Pribadi

2. Air Terjun Benang Kelambu
Air Terjun Benang Kelambu. Sumber: Dokumentasi Pribadi
Pulau Lombok memiliki beberapa wisata alam air terjun yang sangat eksotik dan memiliki panorama alam yang masih alami. Air Terjun Benang Kelambu merupakan salah satu dari beberapa wisata alam air terjun yang sangat menarik untuk  dikunjungi. Air Terjun Benang Kelambu terletak di kabupaten Lombok Tengah bagian utara. Di lokasi wisata ini terdapat beberapa lokasi air terjun, diantaranya ada Benang Stokel dan Benang Kelambu.

Selain itu, ketika saya upload foto yang saya miliki tentang beberapa obyek wisata, maka tak hanya komentar dari sesama teman Indonesia. Teman saya dari negara lain pun turut memberi komentar. Ini adalah salah satu komentar teman- teman dari Malaysia di media sosial saya (facebook), ketika saya meng-upload salah satu peninggalan budaya negeri ini.

Sumber: dokumentasi pribadi

Saat saya berkesempatan mengikuti program sit-in di negeri jiran, Malaysia, tak saya sia- siakan untuk mengenalkan budaya serta segala hal tentang negeri Indonesia. Pun begitu pula saat kawan- kawan saya dari Malaysia datang ke Indonesia. Saya bersama teman- teman mengenalkan mereka pada beberapa tempat yang indah di negeri ini.

Ketika kawan- kawan saya dari Malaysia datang berkunjung ke Indonesia, saya bersama teman- teman mengenalkan mereka tentang budaya, makanan, dan alam Indonesia. Meski bukan agenda keliling Indonesia (hanya di Jogja saja), tetapi ini merupakan salah satu wujud untuk mengenalkan Indonesia pada negara lain.

Sumber: dokumentasi pribadi

Dan yang membuat saya bangga lagi menjadi warga negara Indonesia adalah kebebasan dalam berpendapat dan berpolitik yang bebas di negeri ini. Mahasiswa di Indonesia pun mendapat kebebasan dalam menyuarakan pendapat- pendapatnya. Saya mendapat cerita dari teman saya di Malaysia, bahwa banyak dari mereka yang tidak mudah dalam mengkritik/menyoroti pemerintah disana. Dengan kata lain, kebebasan mahasiswa untuk membahas politik cukup dibatasi. Hal ini membuat saya cukup bersyukur hidup di negeri ini. Disini kami (mahasiswa) tidak perlu takut ketika akan memberi masukan atau berdiskusi tentang politik.

Nah, segala hal positif yang kita lakukan untuk negeri ini, hal tersebut sebagai wujud kecintaan serta rasa bangga kita akan tanah air kita. Sekecil apapun itu. Banggalah menjadi warga negara Indonesia. Negeri kita amat kaya, amat beragam. Ragam budaya, topografi, bahasa, dan lainnya, membuat negeri ini berwarna. Banggalah menjadi bagian dari bangsa ini. Katakan Saya Bangga dan Cinta akan Indonesia. Dan jangan lupa, aplikasikan kecintaan kita dalam perbuatan yang nyata.

Sebuah quote John F. Kennedy "Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada negaramu."

Tanah Air
Cipt: Ibu Sud
Tanah airku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidak kan hilang dari kalbu
Tanah ku yang kucintai
Engkau kuhargai
 
Walaupun banyak negri kujalani
Yang masyhur permai dikata orang
Tetapi kampung dan rumahku
Di sanalah kurasa senang
Tanahku tak kulupakan
Engkau kubanggakan
Artikel  ini diikutsertakan pada  Kontes Unggulan: Aku dan Indonesia 


Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

0 komentar:

 

Delicious Cupcakes Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
and web hosting