25/03/14

Jangan Jadi Orang yang Nyebelin #2


Hai hai.. Moshi moshi.. :)

Aku lanjutin ya postingan beberapa hari yang lalu. Masih membahas tentang orang yang nyebelin bin ngegemesin bin bikin gondok. Yang belum sempet baca- baca postingan part 1 nya bisa dibuka disini. Yang udah nyempetin baca, bisa diingat2 lagi bagian terakhir postingannya. Di bagian akhir postingan kemarin kusempilkan apa yang mau dibahas di postingan kedua ini.

Jangan Jadi Orang yang Nyebelin part 2 ini akan ngomongin perihal suka rempong sendiri. Rempong yang saya kamsud, eh maksud, bukan rempong yang suka panikan sendiri, sering lupa sama barang sendiri, atau suka ribet bawa banyak barang loh. Rempong yang akan dibahas yaitu kalau ada masalah suka pusing sendiri, ribet sendiri, dan malah nyalahin orang lain.

Semisal nih di kantor, kita lagi ada kerjaan dobel dan mepet deadline semua. Karena merasa sedikit kesulitan, atau kalau dikerjakan dua- duanya sendirian waktunya nggak cukup, maka kita minta bantuan temen. Tentu saja meminta tolong dengan cara baik- baik.

Beruntunglah jika teman bisa membantu. Kalau nggak bisa, tentu kita nggak bisa memaksakan itu. Karena bisa jadi ia justru lebih sibuk dari kita. Jika ia menolak, maka kita mau nggak mau harus berusaha sendiri mengerjakan pekerjaan tersebut. Apalagi kalau ia menolak sambil marah- marah. Dan malah bilang kalau kita nggak becus menyelesaikan pekerjaan. Yang bisa kita lakukan hanya tutup mulut mak klakep, minta maaf udah ganggu sambil mlipir meninggalkannya plus ngelus dada. :D

Nah, gimana nih kalau Orang Yang Kita Mintai Tolong Tapi Nggak Bisa (sebut saja ia OYKMTTNB) itu akhirnya diam- diam menyelesaikan pekerjaan kita? Esoknya kita tahu hal itu dari bos/teman kantor yang lainnya. Tentu senang dong, akhirnya ada yang bantuin. Kita juga harus berterimakasih pastinya. Tapi... agak sedikit ngganjel ya. Tadi ia menolak membantu kita. Terus akhirnya membantu menyelesaikan diam2. Sampai selesai pula. Kok nggak ngomong apa2 ya.

Setelah kita tahu bahwa OYKMTTNB itu nuntasin pekerjaan kita sampai tuntas tas tas, tentu saja kita harus sampaikan ucapan terimakasih yang sebesar- besarnya.

Tapi nih ya, gimana kalau pas kita samperin buat ucapin terimakasih, ia malah... marah. Lalu malah ngomelin kita, bilang kalau gitu aja nggak sanggup nyelesaiin. OYKMTTNB bilang, "Kalau nggak bisa, ngomong kek dari awal. Aku kan jadi nggak bisa nyelesaiin pekerjaan- pekerjaan yang lain. Tadi nasiku sampai gosong. Anakku sampai nggak makan. Pekerjaan kantor lain jadi terbengkalai..Bla.. Bla.. Bla.."

Dan... kita cuma bisa melongo. :-O So what??

Oh My God! Kena semprot dua kali deh. Tau gitu, kenapa OYKMTTNB ngebantuin sih. Mau nyemprot gantiaan (kenapa akhirnya ia yang nyelesaiin), tapi jadi nggak enak. Gitu- gitu ia udah ngerampungin pekerjaan kita. Bisanya cuma gondok abis.

Poin yang ingin aku sampaiin disini berkaca dari kasus di atas ialah:
  1. Kalau ada orang yang minta tolong, kalau kita ngerasa nggak bisa membantu, ya menolaklah dengan baik dan halus. Jangan malah marah- marah nyalahin orang yang sedang kesusahan.
  2. Dan kalau mau membantu, kita kudu IKHLAS. Kalau emang nggak sanggup membantu, lebih baik nggak usah coba- coba bantu. Toh malah kebaikannya jadi sia- sia karena kita nggak ikhlas (ingin diberi sanjungan/imbalan ketika sudah membantu). Kebaikan jadi tak bernilai pahala. Apalagi kalau ada yang minta bantuan- lalu kita tolak sambil kita omelin- tapi akhirnya kita bantu diam2- setelah itu ia berterimakasih, eh, tapi malah kita omelin lagi. Bisa- bisa kita disebelin sama banyak orang.
Jadi, jangan jadi orang yang seperti OYKMYTNB ya. Apa- apa dibikin ribet. Kalau emang nggak sanggup bantu ya jangan dipaksain bantu. Kalau jadi susah sendiri, ya jangan malah ikut nyusahin orang lain dengan memarahinya.

*Tepok jidat dah.

Pssst, jikalau ada kesamaan nama (OYKMYTNB), lokasi, serta kejadian, mohon maap ya. Cerita ini semi fiktif belaka. Hehehe.


Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

0 komentar:

 

Delicious Cupcakes Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
and web hosting