29/08/14

Jalan- Jalan ke Gunungkidul: Surganya Pantai di Indonesia


Indonesia tercinta memang negeri yang teramat kaya. Alam yang indah terbentang dari ujung timur sampai ke ujung barat. Mulai dari wilayah daratan hingga lautan. Masing- masing memiliki keistimewaannya sendiri. Di daratan, ada banyak tempat menarik yang sering dikunjungi. Salah satunya gunung. Kalau di lautan juga jangan ditanya. Banyak tempat indah di Indonesia yang ada hubungannya dengan lautan. Secara nih, Indonesia kan merupakan Negara Maritim. Negeri ini punya garis pantai terpanjang di dunia. Jadi, wisata pantai juga tak 'kan ada habisnya.

Banyak sekali pantai yang cantik di Indonesia. Jika saya tanyakan ke teman semua, manakah pantai yang paling indah menurut kalian di Indonesia? Pasti mayoritas akan menjawab Bali dan Lombok. Iya kan? :)

Yups benar, Lombok dan Bali memang memiliki pantai- pantai yang mahsyur dan indah.

Tapi menurut saya, ada lagi nih pantai yang oks banget yang recommended untuk dikunjungi. Baik itu dalam rangka backpaker-an, liburan bersama keluarga, maupun liburan bareng orang terkasih.

Dimanakah itu?
Walaaa... Jogja alias Yogyakarta...

Yang pernah ke Jogja, pasti tahu dong wisata pantai mana yang cukup populer?

Parangtritis?

Yups, nggak salah.
Namun, Jogja nggak hanya punya Parangtritis. Banyaaakk pantai yang indah yang terletak di sini nih. di bawah sini:
Sumber: dokumentasi pribadi
Gunungkidul merupakan suatu kabupaten di provinsi DI Yogyakarta. Gunungkidul terletak di bagian timur dan selatan Jogja. Jadi memang langsung berbatasan dengan Pantai Selatan yang menjadikan di Gunungkidul ini terletak banyak pantai yang dibuka untuk wisatawan. Dan tentu saja indah.

Berikut ini catatan perjalanan saya mengunjungi pantai- pantai indah di Gunungkidul. Belum semua saya sambangi memang. Tapi cukup banyak gambar yang saya abadikan untuk saya bagikan kepada teman- teman. Saya kabarkan tentang indahnya pantai di Gunungkidul lewat jepretan saya dan no editing tentunya.

Mulai dari bagian pantai Gunungkidul bagian timur ada Pantai Wediombo. Akses menuju ke pantainya memang butuh tenaga ekstra. Hehe. Jalan menurun yang lumayan bikin keringetan. Itung2 olahraga, ya kan. :)
Pantai Wediombo. Sumber: dokumentasi pribadi
Pantai Wediombo. Sumber: dokumentasi pribadi

Akses ke Pantai Wediombo dengan tangga menurun. Sumber: dokumentasi pribadi
Lalu bergeser ke barat ada Pantai Siung yang nggak kalah cantiknya. Mengapa dinamakan Siung? Karena ada batu- batu besar mirip siung/taring manusia. Batu tersebut ialah karang raksasa. Dan di pantai ini biasanya digunakan sebagai tempat latihan panjat tebing.

Pantai Siung. Sumber: dokumentasi pribadi

Pantai Siung. Sumber: dokumentasi pribadi
Ada lagi nih yang nggak kalah cantiknya. Pantai Drini ini unik. Ia memiliki pulau karang di tengah pantai yang seolah membagi pantai ini menjadi dua bagian.

Tempat Pelelangan Ikan Drini. Sumber: dokumentasi pribadi

Pulau karang di Pantai Drini. Sumber: dokumentasi pribadi
Pantai Drini. Sumber: dokumentasi pribadi
Kapal nelayan di Pantai Drini. Sumber: dokumentasi pribadi
Kalau Pantai Indrayanti dikenal banyak warung makan di pinggir pantai. Dan juga payung- payung pantai nan cantik yang menghiasi pantai ini. Pasirnya putih, enak untuk bersantai.

Pantai Pulang Sawal/ Indrayanti. Sumber: dokumentasi pribadi

 Liburan saat Lebaran. Sumber: dokumentasi pribadi

Pantai Indrayanti. Sumber: dokumentasi pribadi


















Ada juga Pantai Baron. Di pantai ini banyak perahu nelayan. Banyak pula ikan yang dijual dan hasil olahan ikan yang dapat dinikmati di lokasi. Serta tak lupa cenderamata dari kerang yang dijajakan di pantai ini.

Pantai Baron. Sumber: dokumentasi pribadi
Pantai Baron. Sumber: dokumentasi pribadi
 
Lalu di paling timur ada Pantai Ngobaran, Nguyahan. Dua pantai ini terletak berdekatan. Ngobaran bagus sekali pemandangannya. Ada patung- patung bernuansa hindu. Lalu jika kita berjalan sebentar dari parkiran Pantai Ngobaran, maka akan kita jumpai Pantai Ngrenehan.
Pantai Ngobaran. Sumber: dokumentasi pribadi
Gerbang depan wisata Pantai Ngobaran. Sumber: dokumentasi pribadi

Salah satu patung di Pantai Ngobaran. Sumber: dokumentasi pribadi

 Eloknya Pantai Ngobaran. Sumber: dokumentasi pribadi

 Indahnya Pantai Nguyahan. Sumber: dokumentasi pribadi

Dan ini peta pantai di Gunungkidul. Semoga bisa jadi panduan dalam mengunjungi pantai yang indah- indah ini:


Dan jangan lupa juga gais, untuk selalu membawa Liang Teh Cap Panda dalam agenda jalan- jalan kita ke pantai. Mengapa? Karena yang namanya sedang berwisata, apalagi jika itu sampai berhari- hari, makanan yang kita makan terkadang sering tidak dapat kita kontrol. Makan jadi tak tepat waktu/ tak teratur karena keasyikan bermain. Dan lagi dengan kondisi pantai yang cuacanya selalu panas, sering kita mendinginkannya dengan meminum minuman yang dingin. Dan masih banyak lagi kemungkinan yang lain. Sehingga bisa jadi kita akan merasakan panas dalam.

Tapi jangan khawatir, untuk mengatasi hal tersebut, jangan lupa selalu ada Liang Teh Cap Panda dalam list barang bawaan anda dan selalu sedia dalam Liang Teh Cap Panda tas anda. Tenang saja Liang Teh Cap Panda ini praktis untuk dibawa dan tentu saja higienis. Kemasannya sudah modern. Namun bahan Liang Teh Cap Panda ini tetap mengandalkan ramuan alami lho. Sehingga aman dikonsumsi tanpa efek samping. Eitss, dan bisa lho Liang Teh Cap Panda ini kita konsumsi sehari- hari. 

Jadi asyik kan, main ke pantai atau ke tempat wisata manapun itu tanpa khawatir terganggu panas dalam.  

Nah, pantai- pantai di Indonesia nggak kalah cantiknya kan dengan negara lain. Banggalah dengan apa yang dimiliki Ibu Pertiwi ini (terlepas dari masalah korupsinya tentu saja). Ada banyak potensi alam dan keanekaragaman budaya yang menjadikan Indonesia ini berwarna. Sampaikan kepada kawan- kawan kita yang lain tentang indahnya negri kita tercinta. Pun jangan lupa untuk selalu menjaga alam kita dari hal yang mencemarinya. Stay young and Have a nice trip :)



Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

0 komentar:

 

Delicious Cupcakes Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
and web hosting