16/07/14

Sulit Mendapat Air Minum yang Bisa Konsumsi?


Air merupakan salah satu faktor utama kehidupan. Dengan kata lain air adalah kebutuhan vital manusia. Siapa yang tak butuh air. Semuanya membutuhkan air. Baik manusia, hewan, maupun tumbuhan tak terkecuali. Semua makhluk hidup membutuhkannya. Manusia membutuhkan air untuk kehidupannya. Bahkan salah satu komponen utama penyusun tubuh manusia ialah cairan/air. Tubuh manusia 55%-78% terdiri dari air. Setiap harinya manusia membutuhkan satu hingga tujuh liter air untuk kebutuhan cairan tubuh. Sehingga bisa dipastikan seperti apa pentingnya ketersediaan air minum layak konsumsi bagi manusia.

03405d07e84af213ae75e7c2b9322d73_berinovasi-air-untuk-manusia 

Mengapa harus air minum yang layak konsumsi?
Apakah tidak setiap air dapat dikonsumsi oleh manusia?

Nah, jadi air yang layak untuk dikonsumsi manusia memiliki beberapa kriteria. Mengapa harus ada kriteria khusus untuk memilih air minum yang layak dikonsumsi? Hal tersebut karena air akan masuk ke dalam tubuh. Sesuatu yang masuk ke dalam tubuh haruslah ebnar- benar terjaga kualitasnya. Begitupun dengan air yang akan kita minum. Air harus bebas polutan dan memenuhi prasyarat air yang layak dikonsumsi.

Kriteria air secara umum, yang digunakan untuk kegiatan sehari- hari seperti mencuci,dll, ditentukan oleh warna, bau, kekeruhan (turbiditas), pH, DO, BOD, COD, zat padat terlarut, dan logam berat.

DO = Dissolved Oxygen, banyaknya oksigen yang terlarut dalam air
BOD = Biological Oxygen Demand, banyaknya oksigen yang diperlukan untuk degradasi kotoran secara biokimia
COD - Chemical Oxygen Demand, banyaknya oksigen yang diperlukan untuk degradasi kotoran secara kimia

Air bersih ialah air yang tidak hanya layak dikonsumsi, tapi juga sebagai penunjang kegiatan manusia yang lain seperti MCK, dan lain sebagainya.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik IndonesiaNomor 1405/menkes/sk/xi/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan industri terdapat pengertian mengenai air bersih. Air bersih yaitu air yang dipergunakan untuk keperluan sehari-hari dan kualitasnya memenuhi persyaratan kesehatan air bersih sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dapat diminum apabila dimasak. Parameter kualitas air bersih yang ditetapkan dalam PERMENKES 416/1990 terdiri atas persyaratan fisik, persyaratan kimiawi, persyaratan mikrobiologis.

Persyaratan fisik, kimiawi, dan mikrobiologis air bersih ialah:
  • Jernih tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak memiliki rasa
  • Mempunyai pH sekitar 7 atau netral
  • Tidak mengandung zat- zat yang mengganggu kehidupan makhlus
  • Mengandung oksigen terlarut lebih dari 5 bpj
  • Mempunyai BOD kurang dari 1 bpj
  • COD rendahTidak mengandung kuman penyakit
Dalam penyediaan air bersih yang layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat mengutip dari Permenkes Republik Indonesia No. 173/Men.Kes/Per/VII/1977, penyediaan air harus memenuhi kuantitas dan kualitas, yaitu:
  • Aman dan higienis
  • Baik dan layak minum
  • Tersedia dalam jumlah yang cukup
  • Harga relatif murah atau terjangkau oleh sebagian besar masyarakat
Bagaimana jika ketersediaan air yang layak konsumsi ini sulit ditemui/langka di sekitar kita?
Ada beberapa faktor kelangkaan ketersediaan air bersih yang dapat digunakan sebagai air minum. Diantaranya ialah adanya pencemaran air. Pencemaran pada air yang terjadi biasanya karena dalam air terdapat zat yang mengganggu kehidupan, yang mungkin berasal dari limbah rumah tangga (detergen yang dibuang sembarangan, sampah) atau limbah industri (misal raksa, tumpahan minyak bumi, zat pewarna, dsb).

Salah satu solusi untuk mengatasinya ialah membeli AMDK (Air Minum Dalam Kemasan). Namun sebetulnya, pabrikan AMDK juga punya tantangan tersendiri yakni bagaimana jika sumber mata air di pegunungan juga tercemar polutan. Jika produksi AMDK dari produsen terganggu, maka konsumen juga harus menerima akibatnya.

Ada faktor lainnya yang menjadikan AMDK tidak lagi sebagai solusi utama mengatasi kelangkaan air bersih. Bagaimana jika tidak semuanya mampu untuk membeli air minum yang siap konsumsi yang beredar di pasaran? Faktor ekonomi juga menjadi salah satu dibutuhkannya solusi yang lebih solutif lagi dalam menghadapi kelangkaan air bersih.

Solusi yang tepat ialah menggunakan water purifier, yang dapat mengubah air mentah menjadi air yang siap untuk diminum. Sehingga air minum yang dihasilkan jernih, tidak berbau, tidak berasa, dan bebas dari virus, bakteri, parasit maupun partikel organik berbahaya. Nah, apa saja contoh water purifier ini? No no, saya nggak mau promosi salah satu produk nih. Tapi saya promosinya di blogdetik. Muehehehe. 

Tenang saja, saat ini sudah banyak tersedia di pasaran, tinggal pilih mau yang mana.So, nggak ada masalah lagi kan dengan kelangkaan air minum layak konsumsi. Dan jangan lupa tetap jaga lingkungan kita, supaya jarang kita dengar/alami kelangkaan serupa. Keep green and keep healthy. :)

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg

0 komentar:

 

Delicious Cupcakes Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
and web hosting